• logo nu online
Home Warta Syiar Bahtsul Masail Keislaman Khutbah Teras Kiai Pernik Kiai Menjawab Pendidikan Opini Literasi Mitra Pemerintahan Ekonomi Tokoh Seni Budaya Lainnya
Minggu, 27 November 2022

Kiai Menjawab

Akademis Menjawab Problem Pendidikan Secara Online

Akademis Menjawab Problem Pendidikan Secara Online

LAMPUNG TENGAH – Menyongsong tahun ajaran baru 2020/2021 dalam suasana Covid-19, jajaran keluarga besar SMK Ma’arif 5 Kotagajah Kabupaten Lampung Tengah (Lamteng) baru-baru ini menggelar Workshop Merdeka Belajar.

Kepala Sekolah SMK Ma’arif 5 Kotagajah, M. Zaimul Umam, M.Pd menyampaikan, workshop ini digagas sebagai salah satu ikhtiar akademis untuk menjawab problem proses pendidikan belajar secara daring/online.

“Musibah global Corona ini tidak hanya berimbas pada aspek ekonomi, kesehatan, dan lingkungan melainkan juga pada aspek dunia pendidikan, baik formal maupun non formal,” kata Sekretaris PC Lakpesdam NU Lampung Tengah ini.

Tema besar yang diusung dalam Workshop Merdeka Belajar ini adalah Penyusunan Rencana Pembelajaran dalam Konsep Merdeka Belajar,” dengan menghadirkan Dosen Pascasarjana Universitas Lampung (Unila) Dr. Herpratiwi, M.Pd.

Dr Herpratiwi, M.Pd menyampaikan, di era masa pandemi Covid-19 ini, masyarakat dipaksa secara positif untuk berkreasi, kooperatif, kolaborasi tidak parsial, sekolah, keluarga dan masyarakat.

“Guru dan murid memiliki kebebasan untuk berinovasi, kebebasan untuk belajar dengan secara mandiri dan kreatif,” tambahnya.

“Ada empat komponen penting yang harus diperhatikan oleh pendidik dan peserta didik dalam proses pembelajaran daring, yaitu; pengorganisasian konten, metode pembelajaran media, manajemen kelas, dan evaluasi belajar,” tutupnya.

Workshop Merdeka Belajar diikuti 30 guru-guru dilingkungan LP Ma’arif NU Kotagajah dan sekitarnya dilaksanakan dengan aturan protokol kesehatan.

Sebagaimana kita ketahui, SMK Ma’arif 5 Kotagajah Kabupaten Lampung Tengah adalah salah satu sekolah unggulan kejuruan di bawah binaan Pengurus Cabang (PC) Lembaga Pendidikan Ma'arif Nahdlatul Ulama Kabupaten Lampung Tengah.

SMK Ma’arif 5 Kotagajah memakai kurikulum pendidikan nasional dan memiliki program tiga (3) keahlian ; Teknik Sepeda Motor (TSM), Farmasi, dan Perbankan.

Dengan fasilitas ; gedung milik sendiri, ruang kegiatan belajar, ruang guru dan staff, laboratorium komputer, RPL teknik sepeda motor, tempat ibadah, pembelajaran dilengkapi LCD Proyektor, tempat parkir, internet dan hotspot area, RPL Perbankan, RPL Farmasi dan Lapangan Olahraga, dan lain – lain.

Adapun kegiatan ekstrakurikuler; pagar nusa, pramuka, marching band, keputrian, aneka olahraga: basket, volley, futsal, jurnalistik, simthudduhror, bengkel, PMR dan Paskibra serta lain-lain.

SMK Ma’arif 5 Kotagajah berlamatkan di Kampung Purworejo, Kecamatan Kotagajah, Kabupaten Lampung Tengah, Propinsi Lampung 34153. Untuk informasi lebih lanjut bisa membuka link website;   http://smkmaliga.sch.id/ (Akhmad Syarief Kurniawan)


Editor:

Kiai Menjawab Terbaru