• logo nu online
Home Warta Syiar Bahtsul Masail Keislaman Khutbah Teras Kiai Pernik Kiai Menjawab Pendidikan Opini Literasi Mitra Pemerintahan Ekonomi Tokoh Seni Budaya Lainnya
Minggu, 25 September 2022

Warta

PWNU Lampung Apresiasi Program Koin NU PCNU Way Kanan

PWNU Lampung Apresiasi Program Koin NU PCNU Way Kanan
Kunjungan kerja PWNU Lampung ke PCNU Waykanan
Kunjungan kerja PWNU Lampung ke PCNU Waykanan

Way Kanan, NU Online Lampung 
Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Lampung menggelar kunjungan kerja ke Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Way Kanan, Kamis (28/07/2022) malam. Jajaran PWNU Lampung itu diterima oleh  PCNU Way Kanan di Gedung Sekretariat PCNU Way Kanan, Jalan lintas Tengah Sumatera Tiuh Balak, Kecamatan Baradatu.

 

Dalam kunjungan kerja tersebut Pelaksana Harian (Plh) Ketua PWNU Lampung Prof H Alamsyah, mengapresiasi sejumlah program kerja dan pencapaian PCNU Way Kanan, terutama Kotak Infak Nahdlatul Ulama (Koin NU). “PCNU Waykanan mengalami perkembangan yang sangat menggembirakan.  Lima tahun yang lalu belum ada mobil layanan umat. Saat ini setiap MWCNU sudah memiliki kantor. PCNU Way Kanan bahkan telah memiliki kantor yang sangat representatif,” katanya. 

 

Kemudian dari segi pendidikan, lanjut Prof Alamsyah, PCNU Way Kanan sudah makin berkembang dengan semakin banyaknya pondok pesantren.  Kami optimis PCNU Way Kanan akan terus maju.  Sistem informasi pun sudah semakin berkembang.

 

"Ekonomi warga juga terus membaik. Sehingga warga NU tidak hanya merasa sebagai pengurus tapi juga merasa memiliki NU, serta bertanggungjawab untuk mengamankan NU dengan memberikan apa yang bisa dilakukan. Seperti halnya ikut mengumpulkan Koin NU yang sangat penting untuk kemandirian,” ujarnya. 

 

Dalam kunjungan kerja tersebut, dari PWNU Lampung hadir Rais Syuriah KH Muhsin Abdillah, Sekretaris PWNU Aryanto Munawar, Wakil Ketua Khaidir Bujung dan sejumlah pengurus lainnya. “Kunjungan kerja ini untuk mengetahui perkembangan serta apa saja capaian yang telah dihasilkan  oleh kepengurusan PCNU Way Kanan untuk kemaslahatan warga Nahdliyin, " kata Kiai Muhsin Abdillah. 

 

Rais Syuriah PWNU Lampung itu mengungkapkan, kunjungan kerja itu akan dilakukan ke seluruh PCNU yang ada 15 kabupaten/kota di Provinsi Lampung.  "Sebelumnya kami telah berkunjung ke PCNU Lampung Selatan, Pringsewu, dan Tanggamus dan malam ini di Way Kanan," ujar Kiai Muhsin, dalam pertemuan yang diisi dengan dialog dan ramah tamah yang dipimpin Sekretaris PWNU Lampung, Aryanto Munawar itu.

 

Dalam pemaparannya, Rais Syuriah PCNU Way Kanan, KH Rofi’ul Bashori mengatakan, di kepengurusan PCNU Waykanan saat ini telah banyak perubahan yang dicapai. Banyak program yang bermanfaat untuk masyarakat terutama Koin NU. ‘’Program Koin NU telah membantu berbagai kegiatan diantaranya pendidikan, kesehatan dan sosial,’’ katanya.

 

Sementara Ketua PCNU Way Kanan, KH Nurhuda mengungkapkan, di PCNU Way Kanan,  pengelolaan Koin NU tidak melalui LAZIZNU ataupun PCNU,  tetapi diserahkan kepada Ranting NU (struktur kepengurusan NU di tingkat desa). Dana yang terkumpul, 30 persen diserahkan kepada MWCNU dan 70 persen dikelola oleh Ranting. 

 

Dari sistem tersebut, MWCNU Kecamatan Blambangan Umpu misalnya, telah memilki mobil layanan umat dan  sudah membeli tanah untuk kantor. MWCNU Kecamatan Rebangtangkas juga telah memilki kantor sendiri. Kemudian MWCNU Kecamatan Negeri Besar telah memiliki tanah untuk pembangunan kantor, dan MWCNU Kecamatan Buay Bahuga sudah memiliki satu unit mobil layanan umat.  

 

“Kemudian MWCNU Kecamatan Pakuanratu juga telah memiliki kantor. Selain itu juga telah mendapatkan hibah tanah seluas dua hektar untuk pembangunan pondok pesantren NU di Kecamatan Negeri Besar,” katanya dalam pertemuan yang juga dihadiri para pengurus PCNU Way Kanan, termasuk lembaga-lembaga, badan otonom seperti Muslimat, Fatayat, Pagar Nusa, Ansor, serta IPNU-IPPNU.

 

Kiai Nurhuda menambahkan, sementara di tingkat Ranting, Ranting NU Kampung Umpu Kencana, misalnya, saat ini sedang membangun kantor. Kemudian Ranting NU Kampung Tegal Mukti sudah memiliki mobil layanan umat.  (Teddy Heriyanto)


Warta Terbaru