• logo nu online
Home Warta Syiar Bahtsul Masail Keislaman Khutbah Teras Kiai Pernik Kiai Menjawab Pendidikan Opini Literasi Mitra Pemerintahan Ekonomi Tokoh Seni Budaya Lainnya
Senin, 4 Juli 2022

Warta

PMII Metro Akan Gelar Sekolah Kader Riset dan Jurnalistik

PMII Metro Akan Gelar Sekolah Kader Riset dan Jurnalistik
Logo sekolah kader riset dan jurnalistik PMII Metro
Logo sekolah kader riset dan jurnalistik PMII Metro

Metro, NU Online Lampung
Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Cabang Metro akan menyelenggarakan sekolah kader riset dan jurnalistik di Sekretariat PC PMII Metro pada Selasa-Kamis (15-17/2/2022) mendatang. Sekolah Kader riset dan jurnalistik ini merupakan langkah mengembangkan kaderisasi dengan melihat perkembangan zaman. 

 

Mengingat bahwa di era digitalisasi ini perlunya kader PMII juga turut andil dalam bergerak di media. Maka sudah sepantutnya sebagai kader PMII juga mampu melihat situasi dan kondisi zaman yang semakin cepat dalam menerima informasi, adanya kegiatan ini dengan mengusung tema “Menggali Potensi Kader Melalui Budaya Gerakan Media Berbasis Riset”.

 

Peserta pelatihan ini adalah delegasi dari pengurus komisariat dan pengurus rayon di bawah naungan PC PMII Metro dengan ketentuan antara lain delegasi dari Pengurus Komisariat dan Rayon PC PMII Metro. Pendaftaran kegiatan telah dibuka sejak 6 Februari sampai tanggal 12 Febuari. 

 

Adapun kegiatan Sekolah Kader Riset dan Jurnalistik terdiri dari beberapa materi yaitu pertama, sejarah pers Indonesia. Kedua, Pengantar riset & penulisan riset.

 

Selanjutnya yaitu materi ketiga, dasar-dasar kepenulisan (Deduktif-induktif farming dan bahasa kepenulisan). Keempat, metodologi kuantitatif dan kualitatif. Kelima, kode etik jurnalistik. Keenam, teknik wawancara, reportase dan, penggalian informasi 

 

Kemudian Ketujuh, teknik menulis opini, feature dan rilis berita. Kedelapan, pengembangan media sosial website, Instagram, Facebook, Youtube, Twitter atau jurnalistik online.

 

Selain itu, dalam kegiatan sekolah kader riset dan jurnalistik juga akan menyajikan bedah buku Sejarah dan Pertumbuhan NU di Lampung karya Ila Fadilasari Ketua Lembaga Ta'lif wan Nasyr Nahdlatul Ulama (LTN NU) Lampung dan juga Pimpinan Redaksi NU Online Lampung sebagai pemantik sebelum berjalanya acara sekolah. 

 

Ketua PMII Cabang Metro, Amanda Wijaya mengatakan, tujuan dari kegiatan ini untuk membekali kader PMII dalam bidang jurnalistik dan riset.

 

"Kemudian akan dilanjutkan dengan rencana tindak lanjut (RTL), sekolah kader riset dan jurnalistik bertujuan membekali kader PMII supaya tetap bergerak mengikuti arus perkembangan zaman," ujarnya kepada NU Online Lampung, Selasa (8/2/2022).

 

Pengurus Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Cabang Metro, Mukhlis Ardiyanto selaku instruktur pada kegiatan ini berharap, Sekolah Kader Riset dan Jurnalistik, menjadi wadah yang mampu mengembangkan potensi kader PMII di era digitalisasi.

 

"Semoga kegiatan ini tidak hanya sekadar formalitas saja tapi kegiatan ini harus menjadi ruang untuk mengembangkan dakwah PMII di era digitalisasi," ungkapnya.
(Dian Ramadhan)


Warta Terbaru