Warta

Pelatihan Pelayanan Prima, Kepala Kemenag: Keramahtamahan dalam Pelayanan adalah Kunci Utama

Kamis, 15 Agustus 2024 | 19:41 WIB

Pelatihan Pelayanan Prima, Kepala Kemenag: Keramahtamahan dalam Pelayanan adalah Kunci Utama

Kepala Kemenag Lampung (tengah kiri) saat membuka pelatihan pelayanan prima di MAN 1 Bandar Lampung (Foto: Humas Kemenag)

Bandar Lampung, NU Online Lampung

Sebagai garda terdepan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, petugas Front Office baik dari Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) maupun Security (satpam) diharapkan tidak hanya memberikan layanan biasa. 


Petugas Front Office harus mampu memberikan pelayanan yang melampaui ekspektasi, dengan menggunakan bahasa yang jelas, sederhana, dan mudah dipahami. Keramahtamahan dalam pelayanan adalah kunci utama.


Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Lampung, Puji Raharjo pada Pelatihan Pelayanan Prima yang bekerja sama dengan BSI Area Bandar Lampung di Aula Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Bandar Lampung, Kamis (15/8/2024).


“Namun, juga menunjukkan keramahtamahan yang mencakup penggunaan bahasa yang jelas dan sederhana, serta kesiapan untuk membantu siapa saja yang membutuhkan,” ujarnya.


Ia menekankan pentingnya peningkatan kualitas pelayanan yang diberikan oleh para petugas di front office. Menurutnya, pelayanan yang prima bukan hanya soal kecepatan dalam memberikan layanan, tetapi juga bagaimana petugas mampu menciptakan suasana yang ramah dan nyaman bagi masyarakat yang datang.


“Dengan pelayanan yang penuh keramahan, masyarakat akan merasa lebih dihargai dan ini akan meningkatkan kepercayaan mereka terhadap layanan yang diberikan oleh Kementerian Agama,” tuturnya.


Front Office PTSP merupakan wajah dari Kementerian Agama, termasuk Kanwil Kemenag Lampung. Kesuksesan pelayanan publik sangat bergantung pada bagaimana ASN kita berinteraksi dengan masyarakat. 


“Oleh karena itu, kita harus memiliki keterampilan yang memadai dalam memberikan pelayanan yang cepat, ramah, dan efektif,” katanya.


Selain itu, ia juga menekankan pentingnya penampilan yang menarik dan profesional dari petugas front office


“Penampilan yang rapi dan profesional mencerminkan kualitas layanan yang diberikan. Selain itu, kemampuan untuk mengatasi situasi dengan tenang dan percaya diri juga merupakan keterampilan penting yang harus dimiliki,” katanya.


“Harapan kami, setelah pelatihan ini, setiap petugas mampu mengaplikasikan prinsip-prinsip hospitality dalam tugas sehari-hari, sehingga citra pelayanan Kementerian Agama semakin baik di mata masyarakat dan dapat membangun kepercayaan masyarakat terhadap pelayanan yang kita berikan,” ungkapnya.


Kepala BSI Area Bandar Lampung, Chairul menyampaikan, pelatihan ini merupakan langkah penting dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan publik di lingkungan Kementerian Agama Provinsi Lampung. 


“Sebagai Ketua BSI Area Bandar Lampung, saya sangat menghargai inisiatif ini dan melihatnya sebagai kesempatan berharga untuk bersama-sama membangun budaya pelayanan yang lebih baik,” ujarnya.


Ia melanjutkan, dari BSI Area Bandar Lampung sangat mendukung upaya ini dan berkomitmen untuk bekerja sama dalam meningkatkan standar pelayanan di berbagai sektor. 


“Kami percaya bahwa dengan kolaborasi yang solid, kita dapat menciptakan lingkungan pelayanan yang lebih efektif, efisien, dan tentunya lebih memuaskan bagi masyarakat,” ungkapnya.


Sementara itu, Ketua Tim Ortala Kemenag Lampung, Alifah dalam pengantarnya menyampaikan, kegiatan ini diikuti oleh 40 orang peserta terdiri dari front office PTSP dan Security Kanwil Kemenag Lampung, front office PTSP Kemenag Kabupaten Kota  se-Provinsi Lampung dan juga unsur dari madrasah.