• logo nu online
Home Warta Syiar Bahtsul Masail Keislaman Khutbah Teras Kiai Pernik Kiai Menjawab Pendidikan Opini Literasi Mitra Pemerintahan Ekonomi Tokoh Seni Budaya Lainnya
Senin, 30 Januari 2023

Warta

NU Peduli Kemanusiaan Dukung Vaksinasi Pringsewu Capai 70 Persen di Akhir Desember

NU Peduli Kemanusiaan Dukung Vaksinasi Pringsewu Capai 70 Persen di Akhir Desember
Gedung NU Pringsewu. (Foto: NU Online/Faizin)
Gedung NU Pringsewu. (Foto: NU Online/Faizin)

Pringsewu, NU Online Lampung
Untuk memastikan kondisi kekebalan kelompok (herd immunity) di Kabupaten Pringsewu tercapai, NU Peduli Kemanusiaan Pringsewu terus melakukan dorongan kepada masyarakat untuk melakukan vaksinasi Covid-19. Koordinator NU Peduli Kemanusiaan Pringsewu H Aqil Marsudi mengatakan bahwa pihaknya terus melakukan komunikasi dengan segenap stake holder untuk terus menggenjot vaksinasi.


“Kita terus melakukan sosialisasi dan mendorong sekaligus melakukan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya vaksinasi agar tercapai kekebalan kelompok (herd immunity),” katanya kepada NU Online Lampung, Kamis (16/12/2021)


Masyarakat saat ini perlu terus didampingi untuk memanfaatkan ketersediaan vaksin di Puskesmas terdekat atau bisa menghubungi NU Peduli Kemanusiaan Pringsewu untuk pendampingan vaksinasi. Masyarakat bisa menghubungi nomor 08121998900 (Kabul Muliarto).

 

“Kita dampingi semisal di desa A ada beberapa orang yang siap vaksin. Kita jemput bola,” katanya.


Masyarakat juga harus diberi penjelasan bahwa pandemi saat ini belum usai dan harus tetap menerapkan protokol kesehatan dalam setiap aktivitas sehari-hari. Selain itu saat ini sudah muncul varian baru yakni Omicron yang sudah masuk Indonesia. Varian baru ini sudah masuk Indonesia dan  diumumkan oleh pemerintah bahwa kasus pertama positif Covid-19 varian Omicron di Indonesia terkonfirmasi pada 15 Desember 2021.


“Hal ini yang perlu menjadi perhatian kita semua sehingga vaksinasi menjadi penting untuk disosialisasikan terus,” katanya.


Sementara untuk di Pringsewu sendiri sampai saat ini vakisinasi sudah mencapai 61,33 persen. Vaksinasi di Pringsewu saat ini sudah mencapai 183.587 jiwa dari jumlah sasaran sebanyak 299.399 jiwa. Kabid Penanganan dan Penanggulangan Penyakit Dinas Kesehatan Pringsewu dr. Hadi Mochtarom mengatakan bahwa Pemda Pringsewu menargetkan capaian 70 persen di akhir Desember 2021.


Sementara Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan RI juga akan melakukan Vaksin Booster atau vaksin dosis ketiga pada 1 Januari 2022. Vaksin booster ini juga diprioritaskan untuk para lansia dan kelompok rentan. Ini menjadi langkah pemerintah mengantisipasi merebaknya varian Omicron.


Program ini ada yang gratis dan ada juga yang berbayar. Vaksin booster gratis akan diberikan kepada masyarakat yang masuk dalam kategori Penerima Bantuan Iuran (PBI) yakni peserta Jaminan Kesehatan bagi fakir miskin dan orang tidak mampu sebagaimana diamanatkan UU SJSN yang iurannya dibayari pemerintah sebagai peserta program Jaminan Kesehatan. Sementara yang non PBI akan mendapat vaksin booster dengan berbayar dengan kisaran harga Rp300 ribu. (Muhammad Faizin)


Editor:

Warta Terbaru