• logo nu online
Home Warta Syiar Bahtsul Masail Keislaman Khutbah Teras Kiai Pernik Kiai Menjawab Pendidikan Opini Literasi Mitra Pemerintahan Ekonomi Tokoh Seni Budaya Lainnya
Sabtu, 4 Februari 2023

Warta

LP Ma’arif Lampung Tengah Tingkatkan Manajemen dan Kualitas Pendidikan Nahdliyin

LP Ma’arif Lampung Tengah Tingkatkan Manajemen dan Kualitas Pendidikan Nahdliyin
Rakor dan Pembinaan LP Maarif NU Lampung Tengah (Foto: Istimewa)
Rakor dan Pembinaan LP Maarif NU Lampung Tengah (Foto: Istimewa)

Lampung Tengah, NU Online Lampung

Potensi sumber daya manusia warga Nahdlatul Ulama dalam sektor pendidikan harus dimaksimalkan sebaiknya-baiknya, dalam hal ini di bawah Pengurus Cabang (PC) Lembaga Pendidikan Ma’arif Nahdlatul Ulama (LP Ma’arif NU) Kabupaten Lampung Tengah, agar meningkatkan manajemen dan kualitas pendidikan nahdliyin dengan saling berkomunikasi, jaga kekompakan, dan bekerja sama. 


Hal tersebut disampaikan Ketua PC LP Ma’arif NU Kabupaten Lampung Tengah, Widiyanto, dalam Rapat Koordinasi dan Pembinaan dengan Kepala Satuan Pendidikan Ma’arif NU se-Kabupaten Lampung Tengah di gedung Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Lampung Tengah, Jalan Proklamator Raya No 134, Kecamatan Gunung Sugih, Kabupaten Lampung Tengah. 


“Beberapa agenda dalam rapat koordinasi LP Ma’arif NU Kabupaten Lampung Tengah dan PCNU Kabupaten Lampung Tengah bersama dengan satuan pendidikan di lingkungan LP Ma’arif NU se-kabupaten Lampung Tengah, antara lain perkenalan dengan kepala satuan pendidikan, pendataan satuan pendidikan dari jumlah guru, murid, pustakawan, dan TU,” ujarnya.  


Lebih lanjut ia mengatakan pengaktifan kantor atau sekretariat LP Ma’arif NU Lampung Tengah untuk mempermudah koordinasi antara pengurus Majelis Wakil Cabang (MWC) LP Ma’arif NU dan satuan pendidikan. 


“Serta perencanaan untuk program afirmasi dari LP Ma’arif NU Lampung Tengah kepada pemerintah daerah dan pusat, pengaktifan koordinasi dan manajemen antar satuan pendidikan NU, program penggunaan seragam baru, sebagai wujud eksistensi, dan lain-lain,” ungkapnya.


Ketua PCNU Kabupaten Lampung Tengah, KH Ngasifudin menyampaikan, jam’iyyah perkumpulan NU di Kabupaten Lampung Tengah dan di Provinsi Lampung ini adalah masuk kategori kluster A.


“Sejajar dengan jam’iyyah perkumpulan NU yang ada di pulau Jawa. Artinya kita mempunyai tanggung jawab besar untuk merawat, berkhidmat, berjuang memajukan jam’iyyah perkumpulan NU lewat jalur pendidikan di bawah naungan dan binaan PC LP Ma'arif NU Lampung Tengah,” ujarnya.


Ia berharap eksistensi satuan pendidikan di bawah LP Ma'arif NU untuk lebih mengedepankan kualitas pendidikan, harus menciptakan pendidikan yang terbaik bagi Nahdliyyin.


“Selanjutnya, mampu menciptakan kader-kader penerus bangsa yang berakhlakul karimah, istiqamah berhaluan Ahlussunnah wal Jama’ah an-Nahdliyyah, dan juga LP Ma'arif NU. Diharapkan pula membuat kegiatan untuk ajang lomba para pelajar semua jenjang satuan pendidikan di tingkat Kabupaten, tujuannya untuk menunjukkan kompetensi atau kualitas para pelajar NU di tingkat Kabupaten, Provinsi hingga Nasional,” katanya. 


Sekretaris PC LP Ma’arif NU Kabupaten Lampung Tengah, M Zaimul Umam mengatakan, satuan Lembaga Pendidikan Ma’arif NU se-Kabupaten Lampung per November tahun 2022 ini berjumlah 154 unit. 


“Satuan pendidkan NU tersebut terdiri sebagai berikut PAUD/TK/RA Ma’arif NU sebanyak 57 unit. SD/MI Ma’arif NU sebanyak 34 unit. SMP / MTs Ma’arif NU sebanyak 39 unit. SMA/MA Ma’arif NU sebanyak 19 unit, dan SMK Ma’arif NU sebanyak 5 unit,” ujarnya. 


Agenda rakor selama satu hari penuh ini dihadiri pengurus PC LP Ma’arif NU Kabupaten Lampung Tengah dan pengurus PCNU Lampung Tengah.

(Akhmad Syarief Kurniawan)
 


Warta Terbaru