• logo nu online
Home Warta Syiar Bahtsul Masail Keislaman Khutbah Teras Kiai Pernik Kiai Menjawab Pendidikan Opini Literasi Mitra Pemerintahan Ekonomi Tokoh Seni Budaya Lainnya
Jumat, 9 Desember 2022

Warta

LAZISNU Pringsewu Galang Bantuan untuk Gempa Cianjur, Yuk Berdonasi...

LAZISNU Pringsewu Galang Bantuan untuk Gempa Cianjur, Yuk Berdonasi...
Penggalangan dana untuk membantu para korban musibah gempa bumi di Cianjur Jawa Barat
Penggalangan dana untuk membantu para korban musibah gempa bumi di Cianjur Jawa Barat

Pringsewu, NU Online Lampung
Kemanusiaan di atas segalanya. Tak kenal batas waktu dan tempat, suku dan agama, panggilan kemanusiaan menjadi yang utama. Seperti yang dilakukan Lembaga Amil Zakat Infak dan Sedekah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) PCNU Kabupaten Pringsewu Lampung yang menggalang dana bagi para korban terdampak musibah gempa bumi di Cianjur Jawa Barat.


Jarak yang jauh melintas dari pulau Sumatra dan Jawa tidak menghalangi lembaga filantropi NU ini menggalang dana untuk meringankan derita korban gempa bumi yang terjadi pada Senin (21/11/2022).


Ketua PCNU Pringsewu H Taufik Qurohim mengatakan bahwa bukan besar dan kecilnya bantuan yang diberikan. Kepedulian, simpati, dan keikhlasan membantu dengan kemampuan yang dimiliki menjadi lebih penting. Oleh karena itu pihaknya melalui LAZISNU langsung bergerak melakukan penggalangan.


"Sekecil apapun yang kita berikan, sangat berarti bagi mereka. Terima kasih para Munfiq, semoga dapat membantu keringanan saudara saudara kita di Cianjur. Jazaakumullahu ahsanal jazaa'. Aamiin," katanya, Selasa (22/11/2022).


Bukan hanya kali ini saja LAZISNU Pringsewu melakukan penggalangan untuk membantu bencana di penjuru Indonesia. Beberapa musibah menjadi perhatian bantuan oleh LAZISNU Pringsewu.


Beberapa waktu lalu bantuan bernilai puluhan juta berupa kebutuhan pokok seperti beras, makanan siap saji, susu, dan pakaian baru disalurkan untuk warga terdampak musibah banjir di Provinsi Bengkulu.


"Alhamdulillah baru satu hari dibuka, sudah terkumpul dana puluhan juta yang nantinya akan disalurkan untuk para korban," kata Manajer Eksekutif LAZISNU Pringsewu, Kabul Muliarto.


Selain LAZISNU, badan otonom dan lembaga lain PCNU Pringsewu juga melakukan penggalangan. Di antaranya yang akan dilakukan oleh Pemuda Ansor dan Banser dan nantinya akan dikoordinasikan dengan LAZISNU.


Kabul menjelaskan, penggalangan dana ini dilakukan melalui konvensional dan juga melalui transfer dana melalui rekening LAZISNU. Bagi masyarakat yang terpanggil untuk menyisihkan hartanya membantu para korban gempa Cianjur untuk dapat melakukan transfer ke nomor rekening berikut ini atas nama LAZISNU Kabupaten Pringsewu: 035801016989532 (BRI), 7917203800 (BSI), 9010400001 (BMT NU PRINGSEWU), 7459559010400001 (VA MUAMALAT)


Konfirmasi transfer di nomor 085269607010 (Kabul Muliarto)


Ratusan korban meninggal dunia

Dilansir NU Online, sebanyak 162 orang dinyatakan meninggal dunia akibat bencana gempa bumi Cianjur Jawa Barat. Demikian rilis yang dikeluarkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur yang diterima NU Online, Senin (21/11/2022). Angka tersebut berdasarkan pendataan yang dilakukan hingga pukul 20.00 WIB.


Selain itu, bencana gempa bumi juga menyebabkan 326 orang luka-luka. Sementara 13.784 orang harus mengungsi. Di bidang insfrastruktur, gempa bumi mengakibatkan 2.345 unit bangunan mengalami kerusakan. Gempa juga menyebabkan titik longsor Jalan Nasional Tapal Kuda Cugenang, Jalan Kabupaten Desa Cijedil, serta dua jembatan rusak. (Muhammad Faizin)


Editor:

Warta Terbaru