• logo nu online
Home Warta Syiar Bahtsul Masail Keislaman Khutbah Teras Kiai Pernik Kiai Menjawab Pendidikan Opini Literasi Mitra Pemerintahan Ekonomi Tokoh Seni Budaya Lainnya
Senin, 4 Juli 2022

Warta

Inilah Rangkaian Acara Haul ke-5 KH Ahmad Zuhri Pendiri Pesantren Ash Shidiqi Lampung Tengah

Inilah Rangkaian Acara Haul ke-5 KH Ahmad Zuhri Pendiri Pesantren Ash Shidiqi Lampung Tengah
Acara Haul ke-5 KH Ahmad Zuhari Pendiri Pesantren Ash Shidiqi Lampung Tengah
Acara Haul ke-5 KH Ahmad Zuhari Pendiri Pesantren Ash Shidiqi Lampung Tengah

Lampung Tengah, NU Online Lampung

Pesantren Ash Shidiqi Dusun Sragen, Kampung Mataram Ilir, Kecamatan Seputih Surabaya, Kabupaten Lampung Tengah akan mengadakan puncak acara Haul ke-5 almarhum almaghfurlah KH Ahmad Zuhri, Ahad (22/5/2022) malam. 


Ketua Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Kecamatan Seputih Surabaya, H Zainudin mengatakan, masih dalam momentum bulan Syawal 1443 H yang istimewa ini seluruh unsur keluarga besar Pondok Pesantren Ash Shidiqi Dusun Sragen akan menggelar Haul ke-5 almaghfurlah KH Ahmad Zuhri yang akan dihadiri ribuan santri dan alumni.


“Haul ke-5 almaghfurlah KH Ahmad Zuhri, akan dirangkai dengan agenda lainnya, seperti khotmil quran ke-34, muhafadzah khotmil kutub ke-9, Haul KH Muslih bin Abdurrahman, Mranggen, Demak, dan ulang tahun ke-32 Lailatul Ijtima MWCNU Kecamatan Seputih Surabaya,” ujarnya Sabtu (21/5/2022) pagi. 


Lebih lanjut ia mengatakan Haul ke-5 almaghfurlah KH Ahmad Zuhri akan dihadiri para kiai-kiai dari pulau Jawa antara lain KH Asrori Lathief dari Jragung Demak, KH Idham Kholid dari Kudus, KH Agus Faiz Khanif dari Mranggen Demak dan KH Agus Ahmad Ghonim dari Rembang.


Kegiatan ini juga merupakan reuni Alumni Pesantren Ash Shidiqi. Ketua Umum Himpunan Alumni Ash Shidiqi (Himashi) Kecamatan Seputih Surabaya, Kiai Martuhono mengatakan, hormat Haul ke-5 almaghfurlah KH Ahmad Zuhri, digelar dengan agenda temu silaturahim reuni alumni Pesantren Ash Shidiqi se-Provinsi Lampung dan sekitarnya, di Aula Pesantren. Wadah para alumni pesantren ini bernama Himashi dibentuk sejak tahun 2011. 


“Temu alumni diawali dengan tahlil ziarah kubur pendiri Pesantren Ash Shidiqi, almaghfurlah KH Ahmad Zuhri sekaligus pengamal tarekat Qadiriyah wa Naqsabdandiyah melalui jalur KH Hanif Muslih hingga KH Muslih bin Abdurrahman Mranggen, Demak,” ungkapnya. 


KH Ahmad Zuhri pengasuh pesantren Ash Shidiqqi Dusun Sragen, Kampung Mataram Ilir wafat pada Senin (1/5/2017) bertepatan 4 Sya’ban 1438 H sekitar pukul 14.40. Ia dimakamkan di Kompleks Pesantren Ash Shidiqqi tepatnya di belakang Masjid Baitush Sholihin.


Saat ini alumni Pesantren Ash Shidiqi telah berdiaspora di bidangnya masing -masing, di beberapa daerah di Nusantara, selain di Provinsi Lampung, ada di Sumatera Selatan, DKI Jakarta, Riau, Sumatera Barat, dan lain-lain. 

(Akhmad Syarief Kurniawan)
 


Warta Terbaru