• logo nu online
Home Warta Syiar Bahtsul Masail Keislaman Khutbah Teras Kiai Pernik Kiai Menjawab Pendidikan Opini Literasi Mitra Pemerintahan Ekonomi Tokoh Seni Budaya Lainnya
Selasa, 23 April 2024

Warta

Hari Ini, 1.700 Kader Ikuti Kongres GP Ansor di Kapal Pelni KM Kelud

Hari Ini, 1.700 Kader Ikuti Kongres GP Ansor di Kapal Pelni KM Kelud
Ilustrasi foto Pra Kongres GP Ansor. (Foto: NU Online)
Ilustrasi foto Pra Kongres GP Ansor. (Foto: NU Online)

Jakarta, NU Online Lampung

Sebanyak 1.700 kader terbaik Gerakan Pemuda (GP) Ansor akan mengikuti Kongres XVI Pimpinan Pusat (PP) GP Ansor di atas Kapal Pelni KM Kelud, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Jumat (2/2/2024).

 

Kongres rencananya akan dibuka oleh Presiden RI Joko Widodo di Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta. Selanjutnya Kapal Pelni KM Kelud akan bergerak menempuh perjalanan menuju Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang, Jawa Tengah.

 

Kongres tersebut mengusung tema GP Ansor: Peta Jalan NU Masa Depan. Dengan tema ini, GP Ansor ingin mempertebal posisinya di kancah peradaban.

 

“Tema ini menggambarkan sebuah peta jalan yang mengarah pada pembangunan spiritual, sosial, dan kebangsaan, menjadikan GP Ansor sebagai garda terdepan dalam menjaga identitas keislaman dan kebangsaan Indonesia,” kata Ketua Pelaksana Kongres XVI GP Ansor 2024, Addin Jauharuddin.

 

Ia mengatakan, pemilihan tempat kongres di atas kapal laut ini merupakan pengejawantahan dari wujud bakti GP Ansor dalam menghidupkan warisan leluhur Nusantara yang masyhur sebagai Negeri Bahari.

 

“Pelaut ulung, pengarung samudera, penempuh gelombang dan badai yang tangguh merupakan sederet sapaan yang karib dengan leluhur bangsa Indonesia,” ujarnya.

 

Laut diartikan bukan sebagai pemisah antar pulau, tetapi laut sebagai penyatu komunitas, suku bangsa, ataupun ras yang hidup dalam satu wilayah, yaitu Nusantara.

 

Pemilihan kapal laut merupakan ikhtiar GP Ansor dalam meneruskan pergulatan mengarungi samudera dengan agenda-agenda baru yang menyegarkan wawasan keislaman sekaligus rasa kecintaan terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

 

Ketua Umum PP GP Ansor, H Yaqut Cholil Qoumas menilai Kongres XVI GP Ansor bisa terselenggara usai melewati penataan organisasi yang sangat ketat.

 

Selain itu, pra-kongres di tiga zona menjadi kewajiban organisasi dalam memberikan teladan baik dari tata cara menyelenggarakan sebuah organisasi terutama perihal akreditasi.

 

“Akreditasi organisasi ini adalah tradisi baru organisasi untuk menyiapkan pemimpin dan kader GP Ansor yang telah diberi amanah dan berkomitmen melaksanakan amanah sebaik-baiknya dan penuh tanggung jawab,” kata Gus Yaqut sapaan karibnya.

 

Gus Yaqut juga mengingatkan kepada kader GP Ansor agar senantiasa memantapkan niatnya dalam berkhidmah kepada anak sulung Nahdlatul Ulama ini.

 

“Draft materi kongres yang akan kita bahas didesain agar GP Ansor secara organisatoris dan kader siap menyokong agenda besar NU merawat jagad membangun peradaban,” ungkapnya.

 

Kongres tersebut juga akan dilaksanakan pemilihan Ketua Umum PP GP Ansor periode 2024-2029, penerus H Yaqut Cholil Qoumas saat ini.


Warta Terbaru