• logo nu online
Home Warta Syiar Bahtsul Masail Keislaman Khutbah Teras Kiai Pernik Kiai Menjawab Pendidikan Opini Literasi Mitra Pemerintahan Ekonomi Tokoh Seni Budaya Lainnya
Kamis, 20 Juni 2024

Warta

Dilantik Sabtu 25 Mei, PW ISNU Lampung akan Gelar Madrasah Kader

Dilantik Sabtu 25 Mei, PW ISNU Lampung akan Gelar Madrasah Kader
Pelantikan ISNU Lampung, Sabtu (25/5/2024) (Foto: Istimewa)
Pelantikan ISNU Lampung, Sabtu (25/5/2024) (Foto: Istimewa)

Bandar Lampung, NU Online Lampung

Pimpinan Wilayah Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (PW ISNU) Provinsi Lampung, akan menggelar pelantikan pengurus pada Sabtu, 25 Mei 2024 mendatang. Sebelum dilantik, para pengurus ISNU akan mengikuti madrasah kader selama dua hari, pada 23-24 Mei 2024.


Ketua PW ISNU Lampung, Erlina mengatakan, Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) ISNU Prof Ali Masykur Musa, dipastikan hadir untuk melantik pengurus PW ISNU Lampung periode 2023-2028, dan juga akan menjadi salah satu pemateri dalam Madrasah Kader ISNU.


“Madrasah kader ini sangat penting artinya, karena itu sebelum dilantik, para pengurus harus mengikuti Madrasah Kader ISNU. Tujuannya adalah untuk memperkokoh ke-NU-an dan ke-ISNU-an para pengurus,” katanya kepada NU Online Lampung, Selasa (21/5/2024).


Menurut Erlina, melalui madrasah kader para pengurus akan mendapatkan materi di antaranya tentang penguatan komitmen Ahlussunnah wal Jama’ah, memahami ISNU sebagai salah satu badan otonom (banom) Nahdlatul Ulama, arah cita-cita dan strategi perjuangan ISNU, sehingga dalam menyusun dan melaksanakan program kerja ISNU menjadi lebih paham arah dan tujuannya.


“Diharapkan para pengurus ISNU sebagai kader NU bisa meningkatkan peran serta bagi bangsa dan negara, sesuai bidang ilmu masing-masing. Karena kepengurusan ISNU ini mengakomodir sarjana-sarjana atau kaum intelektual NU dari berbagai disiplin ilmu,” tuturnya.


Erlina melanjutkan, pagi hari sebelum pelantikan, agar digelar dialog publik dengan tema Hilirisasi Produk UMKM, Dukungan Pemerintah dan Perbankan, serta Peluang dan Tantangannya. Kemudian setelah pelantikan akan dilanjut dengan rapat program kerja PW ISNU Lampung.

 

“Pada rapat kerja kita akan menyusun program kerja selama lima tahun agar kita bisa melaksanakan program secara berkesinambungan. Maka sebelum menggelar pelantikan ini, kita sudah menjalin komunikasi dengan berbagai perguruan tinggi di Lampung sebagai salah satu stakeholder untuk diimplementasikan menjadi program kerja,” kata Wakil Bupati Pesisir Barat periode 2015-2020 ini.


ISNU dideklarasikan di Surabaya, Jawa Timur, pada 19 November 1999. Tetapi ISNU baru berhasil dibentuk dan dilembagakan pada tahun 2012, setelah disahkan pada Muktamar ke-32 NU di Makassar tahun 2010. 


Menurut AD/ART Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) hasil Muktamar ke-34 NU tahun 2021 di Lampung, ISNU adalah banom yang berfungsi membantu melaksanakan kebijakan NU pada kelompok sarjana dan kaum intelektual. Sebelumnya, sebagaimana termaktub dalam NUPedia, ISNU Bernama Forum Silaturahmi Sarjana NU (FOSSNU) yang dirintis dari Jawa Timur sejak 1996.


Sementara itu Sekretaris PW ISNU Lampung, Iswanto Ibra mengatakan, Madrasah Kader ISNU selain diikuti oleh PW ISNU Lampung, juga diikuti oleh para pengurus ISNU di kabupaten/kota. 


“Kami sedang mendata para pengurus ISNU di tingkat kabupaten/kota yang akan mengikuti madrasah kader. Harapannya, setelah ISNU di masing-masing kabupaten/kota terbentuk, dapat terbentuk pula kepengurusan di tingkat kecamatan,” katanya.


Madrasah Kader ISNU dan pelantikan PW ISNU Lampung akan dilaksanakan di dua tempat berbeda. Madrasah kader akan dilaksanakan di Wisma Haji Lungsir, Bandar Lampung, dan pelantikan di Swiss-Belhotel Bandar Lampung. (Ila Fadilasari)
 


Warta Terbaru