• logo nu online
Home Warta Syiar Bahtsul Masail Keislaman Khutbah Teras Kiai Pernik Kiai Menjawab Pendidikan Opini Literasi Mitra Pemerintahan Ekonomi Tokoh Seni Budaya Lainnya
Minggu, 27 November 2022

Ekonomi

Program ‘Kambing Berkah’ Lazisnu Adiluwih Pringsewu Mulai Membuahkan Hasil

Program ‘Kambing Berkah’ Lazisnu Adiluwih Pringsewu Mulai Membuahkan Hasil
Program "Kambing Berkah " yang digagas Unit Pengumpul Zakat, Infak, dan Sedekah Nahdlatul Ulama (UPZISNU) Kecamatan Adiluwih mulai membuahkan hasil nyata.
Program "Kambing Berkah " yang digagas Unit Pengumpul Zakat, Infak, dan Sedekah Nahdlatul Ulama (UPZISNU) Kecamatan Adiluwih mulai membuahkan hasil nyata.

Pringsewu, NU Online – Program "Kambing Berkah " yang digagas Unit Pengumpul Zakat, Infak, dan Sedekah Nahdlatul Ulama (UPZISNU) Kecamatan Adiluwih medio Maret 2021 lalu kini mulai berbuah hasil.

Program yang sejatinya diperuntukkan bagi masyarakat atau mustahiq itu mulai dirasakan manfaatnya untuk mereka yang benar-benar membutuhkan uluran tangan.

Terbukti ketika dilakukan monitoring progres program pengembangan ekonomi bergulir Program ‘’Kambing Berkah " UPZIS NU Care-LAZISNU Kecamatan Adiluwih tahap 1 di Pekon Bandung Baru, Pekon Totokarto, Pekon Tunggul Pawenang dan Pekon Tritunggal Mulya. Keempat penerima bantuan tersebut mengaku sangat terbantu dengan bantuan tersebut.

Program ini  adalah salah satu wujud kepedulian Lembaga Amil Zakat Infaq Sedekah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) terhadap masyarakat yang membutuhkan, setelah berjalan selama enam bulan. Dan pada bulan September ini sudah mencapai progres yang sangat menggembirakan dimana 3 dari 4 indukan kambing yang diberikan sudah menghasilkan anakan sebanyak 6 anak dari 3 indukan. Sedangkan 1 indukan masih dalam proses mengandung.

Setelah usia produktif, kambing anakan akan digulirkan kembali kepada mustahiq lainnya, sehingga program ini bisa semakin menyentuh masyarakat yang membutuhkan.

Monitoring dilaksanakan pada bulan September 2021. Selain monitoring juga bertujuan untuk menjalin silaturahmi antara pengurus kecamatan sebagai penanggungjawab dengan masyarakat penerima manfaat program ‘’Kambing Berkah’’ yang digagas UPZIS NU Care-LAZISNU  Kecamatan Adiluwih.

Sasaran program ini adalah mustahiq dengan kriteria sudah memiliki kelayakan skill/ kemampuan merawat hewan ternak dan kelayakan tempat agar maksimal dalam pengelolaan dan perawatannya.

Menurut Ketua UPZISNU Kecamatan Adiluwih, Muhammad Ma'shum, Program ‘’Kambing Berkah’’ ini adalah program yang tersistem serta berkelanjutan.

"Program ini akan  kita monitor secara berkala, pengurus harus memastikan lancar dan suksesnya program tersebut," katanya.

Ditambahkan Sekretaris UPZISNU Kecamatan Adiluwih Muhammad Sangidi. ‘’Alhamdulillah perkembangannya baik, komunikasi juga terjalin baik, mudah mudahan kedepannya kambing yang digulirkan juga semakin banyak dan semakin bermanfaat. Kami juga membuka kesempatan lebar apabila ada masyarakat yang ingin ikut berpartisipasi sebagai donatur  program, In syaa Allah berkah.’’ (Maksum)

 


Editor:

Ekonomi Terbaru