• logo nu online
Home Warta Syiar Bahtsul Masail Keislaman Khutbah Teras Kiai Pernik Kiai Menjawab Pendidikan Opini Literasi Mitra Pemerintahan Ekonomi Tokoh Seni Budaya Lainnya
Senin, 5 Desember 2022

Warta

Siswi MAN 1 Pringsewu Lolos Ajang Madrasah Student Leadership Award Nasional

Siswi MAN 1 Pringsewu Lolos Ajang Madrasah Student Leadership Award Nasional
Syahda Nirmala Ardin. (Foto: Istimewa)
Syahda Nirmala Ardin. (Foto: Istimewa)

Pringsewu, NU Online Lampung

Kembali pelajar MAN 1 Pringsewu menorehkan prestasi yang membanggakan untuk level nasional. Kali ini, salah satu siswi MAN 1 Pringsewu lolos pada ajang Madrasah Student Leadership Award Nasional yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia.


Kegiatan ini adalah upaya penguatan leadership dan karakter siswa untuk pembangunan sumber daya manusia Indonesia berkualitas dan berkarakter. Kegiatan ini berbentuk seleksi, pelatihan, hingga pemberian penghargaan bagi peserta terbaik  yang seleksi pesertanya dilaksanakan secara daring dan/atau luring dengan tahapan seleksi administrasi dan konten naskah.


Dalam ajang ini, siswi MAN 1 Pringsewu bernama Syahda Nirmala Ardin berhasil lolos pada kegiatan yang sebelumnya bernama Duta Moderasi Beragama ini. Syahda yang saat ini duduk di kelas XI IPS 1 ini berhasil lolos mengungguli ratusan peserta yang mewakili madrasah dari seluruh Indonesia.


Atas keberhasilan lolos ke tingkat nasional ini, Syahda akan berangkat untuk mengikuti Training Penguatan Leadership dan Karakter Siswa selama 3 hari mulai 5 - 7 September 2022 di Hotel Pajajaran Bogor Utara Jawa Barat. Ia akan bersama dengan 96 siswa MAN dari seluruh Indonesia yang lolos pada ajang tersebut.


Terkait dengan hal ini, Syahda menyatakan yang terpenting dari semua proses ini adalah berani untuk mencoba dan mencoba. Terkait dengan sukses atau gagalnya sebuah perjuangan itu merupakan sebuah proses yang memang sudah ditakdirkan oleh Allah swt.


“Dengan belajar dan terus belajar akan mendapatkan hasil. Wanita hebat, pintar, berpendidikan tinggi, bukan untuk menyaingi laki-laki, tapi untuk menciptakan generasi gemilang, untuk mendukung emansipasi,” ungkapnya.


Dalam ajang ini, Syahda juga harus menyiapkan sebuah program kerja yang akan dipaparkan pada training tersebut. Bila program kerja tersebut disetujui, maka Syahda nantinya juga harus mengaplikasikan program tersebut di MAN 1 Pringsewu. Setelah program ini dilakukan di madrasah, panitia akan melakukan penilaian untuk menentukan siapa yang akan meraih juara atau menjadi Duta Madrasah tahun ini.


“Selamat kepada Syahda, semoga bisa terus menunjukkan kualitas terbaik selama proses kegiatan ini dan mampu membawa nama harum MAN 1 Pringsewu sekaligus menginspirasi teman-teman di MAN 1 Pringsewu,” kata Fathul Bari, Kepala MAN 1 Pringsewu. (Muhammad Faizin).


Editor:

Warta Terbaru