• logo nu online
Home Warta Syiar Bahtsul Masail Keislaman Khutbah Teras Kiai Pernik Kiai Menjawab Pendidikan Opini Literasi Mitra Pemerintahan Ekonomi Tokoh Seni Budaya Lainnya
Jumat, 1 Maret 2024

Warta

Sinergi dengan Puskesmas, Komunitas Sadar Gelar Pelatihan Cek Golongan Darah

Sinergi dengan Puskesmas, Komunitas Sadar Gelar Pelatihan Cek Golongan Darah
Pelatihan Cek Golongan Darah Komunitas Sadar (Foto: Istimewa)
Pelatihan Cek Golongan Darah Komunitas Sadar (Foto: Istimewa)

Way Kanan, NU Online Lampung

Komunitas Sedekah Darah (Sadar) kader penggerak Nahdlatul Ulama melaksanakan kegiatan pelatihan cek golongan darah di Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Kampung Suka Bumi, Kecamatan Buay Bahuga, Kabupaten Way Kanan, Jumat (13/1/2023).

 

Kepala Puskesmas Kampung Suka Bumi, Bakti Pahlevi mengatakan, kegiatan tersebut bermaksud untuk menciptakan kader terlatih dan profesional dalam pelayanan masyarakat. 

 

"Saya sangat mendukung adanya komunitas sedekah darah ini, karena sangat bermanfaat bagi masyarakat Kecamatan Bumi Agung, Kecamatan Buay Bahuga, dan sekitarnya," ujarnya.

 

Lebih lanjut ia mengatakan Puskesmas Suka Bumi siap untuk ikut berpartisipasi dalam memajukan komunitas ini. Serta bidan-bidan desa akan diperintahkan untuk jalan bersama dengan Komunitas Sadar di setiap kegiatannya di kampung-kampung.

 

"Kegiatan pelatihan cek golongan darah bagi kader komunitas ini akan diberikan surat keterangan pelatihan sebagai bentuk nyata bahwa puskesmas sangat mengapresiasi adanya Komunitas Sadar," ungkapnya.

 

Sementara Ketua Komunitas Sedekah Darah, Nurkholis Madjid menyampaikan, terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Puskesmas Suka Bumi yang telah memberikan dukungan kepada Komunitas Sadar. 

 

"Dukungan akan sangat bermanfaat untuk perkembangan komunitas ke depan dalam melayani masyarakat yang membutuhkan pelayanan kebutuhan darah," ujarnya.

 

Menurutnya insyaallah ke depan komunitas siap bersinergi dengan puskemas di setiap kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan pelayanan masyarakat. Kegiatan pelatihan tersebut diikuti 13 orang berasal dari kader Fatayat dan 7 kader penggerak NU.

 

Sebagai rangkaian upaya untuk mensukseskan program kegiatan komunitas 2023 yakni kegiatan cek golongan darah gratis bagi masyarakat Kecamatan Bumi Agung dan Buay Bahuga.


Warta Terbaru