• logo nu online
Home Warta Syiar Bahtsul Masail Keislaman Khutbah Teras Kiai Pernik Kiai Menjawab Pendidikan Opini Literasi Mitra Pemerintahan Ekonomi Tokoh Seni Budaya Lainnya
Sabtu, 4 Februari 2023

Warta

PWNU Lampung, Pertama dalam Pelaksanaan Sistem Kaderisasi Baru NU

PWNU Lampung, Pertama dalam Pelaksanaan Sistem Kaderisasi Baru NU
PD PKPNU di Kabupaten Tulang Bawang
PD PKPNU di Kabupaten Tulang Bawang

Bandar Lampung, NU Online Lampung

Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Tulang Bawang, Lampung, memulai pelaksanaan sistem kaderisasi baru NU. Pembukaannya dilaksanakan bersamaan dengan peresmian dan peluncuran Sistem Kaderisasi NU secara daring oleh Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Yahya Cholil Staquf, Jumat (3/6/2022) petang, di Kantor PBNU Jalan Kramat Raya 164 Jakarta Pusat.

 

Pelaksana Harian (Plh) Ketua PWNU Lampung, Prof Alamsyah mengatakan, sebelumnya, PWNU Lampung telah mensosialisasikan peraturan pengkaderan terbaru tersebut lebih awal, yaitu pada 29 Mei 2022 lalu. Sosialisasi itu dihadiri oleh Ketua PCNU se-Provinsi Lampung  yang bertempat di Institut Agama Islam (IAI) Maarif Nahdlatul Ulama (NU) Metro.

 

“Pengkaderan PD PKPNU di Kabupaten Tulang Bawang dilaksanakan di Pesantren Hidayatul Mubtadi’in, Bogatama, Kecamatan Penawar Tama, selama tiga hari, yaitu tanggal 3-5 Juni 2022. Kegiatan ini diikuti oleh 1000 peserta yang terbagi dalam 5 kelompok yang masing-masing kelompok terdiri dari 200 peserta,” katanya kepada NU Online Lampung, Sabtu (4/6/2022).

 

Sesuai ketentuan, Pengkaderan PD PKPNU di Tulang Bawang itu diisi oleh instruktur dari PBNU yang sudah mendapat sertifikat nasional. Kegiatan itu juga dibuka secara resmi oleh Katib Syuriyah PBNU, KH Muhyidin Tohir.

 

“PWNU Lampung telah siap sejak awal. Saat PBNU meluncurkan sistem kaderisasi terbaru kemarin,  kita kemudian langsung menindaklanjutinya dengan melaksanakan Pendidikan Dasar-Pendidikan Kader Penggerak Nahdlatul Ulama (PD PKPNU) angkatan pertama di tanggal yang sama,” ujar Prof Alamsyah.

 

Lebih lanjut ia mengatakan, ada dua PWNU yang langsung melaksanakan pengkaderan pada hari peluncuran tersebut, yaitu Jawa Timur dan Lampung. Pengkaderan di Jawa Timur dipusatkan di PCNU Situbondo dan di Lampung dipusatkan di PCNU Tulang Bawang. (Dian Ramadhan)


Warta Terbaru