• logo nu online
Home Warta Syiar Bahtsul Masail Keislaman Khutbah Teras Kiai Pernik Kiai Menjawab Pendidikan Opini Literasi Mitra Pemerintahan Ekonomi Tokoh Seni Budaya Lainnya
Jumat, 9 Desember 2022

Warta

Praktisi Ruqyah Aswaja Lampung Ziarahi Makam Gus Dur

Praktisi Ruqyah Aswaja Lampung Ziarahi Makam Gus Dur
JRA Lampung saat menziarahi makam Gus Dur (Foto: Istimewa)
JRA Lampung saat menziarahi makam Gus Dur (Foto: Istimewa)

Jombang, NU Online Lampung

Jam’iyyah Ruqyah Aswaja (JRA) Provinsi Lampung berziarah ke makam KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) di Kompleks Pondok Pesantren Tebuireng Jombang, Jawa Timur, Kamis (22/9/2022) malam. Ziarah tersebut merupakan kegiatan yang dilakukan JRA selain mengikuti Munas ke-1 di Mojokerto.


Ketua Pimpinan Wilayah Jam’iyyah Ruqyah Aswaja (PW JRA) Lampung, Ustadz Yazid mengatakan, ziarah ini sebagai bentuk takzim kepada para ulama, kiai, dan guru yang telah mendahului menghadap Ilahi. 


“Dengan kita merutinkan ziarah, semoga gerak langkah kita dalam menjalankan roda organisasi senantiasa mendapat ridha dari para guru, kiai, terutama Hadratussyekh Hasyim Asy’ari, Gus Dur hingga Nabi Muhammad, dan sampai ke Allah swt,” ujarnya.


Lebih lanjut ia mengatakan dalam perjalanan menuju Munas ke-1 JRA ini selain ke makam Gus Dur, rencananya ketika perjalanan pulang juga akan ziarah ke beberapa makam ulama dan para wali. Sebagai upaya menghormati para ulama, baik yang masih hidup maupun yang sudah wafat. 


“Kita percaya, para ulama yang meninggal hanya jasadnya, namun ruhnya masih hidup di alam barzah yang perlu kita sowani. Harus kita ziarahi agar kita ini tidak keras hati, dan juga ngalap barokah,” katanya. 


Jam’iyyah Ruqyah Aswaja Lampung yang sedang dalam perjalanan kegiatan Munas ke-1 di Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur dalam hal ini meluangkan waktunya untuk berziarah ke makam Hadratusyekh KH Hasyim Asy 'ari dan juga Gus Dur.


Menjadi sebuah tradisi nahdliyin untuk selalu takzim kepada kiai, baik yang masih hidup maupun yang sudah meninggal dunia.


Ziarah dilaksanakan ke makam para ulama dan kiai di sekitaran Jombang, merupakan salah satu agenda JRA Lampung dalam memanfaatkan perjalanan Munas ke Mojokerto. (Hery Miftah)
 


Warta Terbaru