• logo nu online
Home Warta Syiar Bahtsul Masail Keislaman Khutbah Teras Kiai Pernik Kiai Menjawab Pendidikan Opini Literasi Mitra Pemerintahan Ekonomi Tokoh Seni Budaya Lainnya
Jumat, 2 Desember 2022

Warta

Pemerintah Tetapkan Hari Raya Idul Adha Jatuh pada Ahad, 10 Juli 2022

Pemerintah Tetapkan Hari Raya Idul Adha Jatuh pada Ahad, 10 Juli 2022
Wakil Menteri Agama, Zainut Tauhid Saadi
Wakil Menteri Agama, Zainut Tauhid Saadi

Jakarta, NU Online Lampung

Kementerian Agama Republik Indonesia menetapkan awal Dzulhijjah jatuh pada 1 Juli 2022 melalui sidang isbat, Rabu (29/6/2022) malam di Auditorium HM Rasjidi Kemenag RI, Jalan MH Thamrin, Jakarta. Dengan demikian, Hari Raya Idul Adha atau 10 Dzulhijjah jatuh pada tanggal 10 Juli 2022 atau pada hari Ahad. 


Dalam sidang isbat itu dinyatakan, berdasarkan hasil rukyatul hilal yang melakukan pengamatan di seluruh Indonesia, hilal terlihat 2 derajat dengan sudut elongasi 3 derajat. Sementara berdasarkan kriteria Menteri Agama Brunei Darussalam, Indonesia, Malaysia, dan Singapura (MABIMS) yang baru, syarat masuk awal bulan adalah ketinggian hilal minimal 3 derajat. 


Karena hilal di bawah kriteria MABIMS tersebut, maka awal bulan hijriyah digenapkan atau diistikmalkan menjadi 30 hari. “Dari 86 titik di Indonesia, tidak ada yang dapat melihat hilal. Maka secara mufakat ditetapkan 1 Dzulhijjah 1443 H jatuh pada hari Jumat 1 Juli 2022,” kata Wakil Menteri Agama RI, H Zainut Tauhid Sa’adi.


Sidang isbat itu diikuti oleh Anggota Komisi VIII  DPR RI, perwakilan dari organisasi masyarakat (Ormas) Islam, para pakar ilmu falak dan astronomi, serta delegasi dari duta besar negara-negara sahabat.


Sidang isbat diawali dengan pemaparan posisi hilal, bahwa ketinggian hilal antara 0,52 derajat sampai dengan 3,13 derajat dengan sudut elongasi 4 derajat sampai 4,47 derajat. 


Kemenag selalu menggunakan dua metode hisab atau perhitungan dan rukyatul hilal yaitu melihat posisi hilal secara langsung. Kedua metode tersebut saling melengkapi dan tidak terpisah. 


Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah (Urais dan Binsyar) Ditjen Bimas Islam Kemenag, Adib menerangkan, sidang isbat ini bertujuan untuk menetapkan Idul Adha yang jatuh pada 10 Dzulhijjah. 


“Sidang isbat ini merupakan layanan untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam pelaksanaan terkait ibadah di bulan Dzulhijjah,” kata Adib.

(Dian Ramadhan)


Warta Terbaru