• logo nu online
Home Warta Syiar Bahtsul Masail Keislaman Khutbah Teras Kiai Pernik Kiai Menjawab Pendidikan Opini Literasi Mitra Pemerintahan Ekonomi Tokoh Seni Budaya Lainnya
Senin, 30 Januari 2023

Warta

Pemenang MTQ Diminta Pahami Wawasan Kebangsaan dan Cegah Radikalisme

Pemenang MTQ Diminta Pahami Wawasan Kebangsaan dan Cegah Radikalisme
Orientasi dan pemantapan pemenang Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) ke-48 tingkat Provinsi Lampung pada Minggu - Senin (12-13/12/2021) di Hotel Emersia, Bandar Lampung.
Orientasi dan pemantapan pemenang Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) ke-48 tingkat Provinsi Lampung pada Minggu - Senin (12-13/12/2021) di Hotel Emersia, Bandar Lampung.

Bandar Lampung, NU Online Lampung

Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an (LPTQ) menyelenggarakan Orientasi dan pemantapan pemenang Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) ke-48 tingkat Provinsi Lampung pada Minggu - Senin (12-13/12/2021) di Hotel Emersia, Bandar Lampung. Kegiatan ini juga diselenggarakan untuk mempersiapkan kafilah Provinsi Lampung untuk MTQ Nasional tahun 2022.

Dalam kegiatan tersebut hadir 174 pemenang MTQ di setiap cabang lomba yang terdiri dari terbaik 1,2, dan 3 dari setiap daerah kabupaten/kota. Selama kegiatan, para peserta tetap menjalankan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat Pemerintah Provinsi Lampung, Ria Andari dalam laporannya mengatakan, agar para pemenang MTQ juga perlu memahami pengetahuan umum tidak hanya ilmu-ilmu agama. Seperti wawasan kebangsaan dalam mencegah radikalisme dan terorisme di Indonesia.

Menurut Ria, hal tersebut diperlukan sebagai upaya mencegah paham-paham yang tidak sejalan dengan ideologi Pancasila. Serta mencegah perbuatan-perbuatan yang tidak baik atau tercela dilakukan.

“Pondok pesantren tempat bagi sebagian pemenang MTQ harus steril dari paham yang dapat meruntuhkan keutuhan bangsa. Ponpes harus menjadi penengah dan bersikap toleransi yang baik,” ujar Ria.

Pada kesempatan tersebut, para peserta juga mendapatkan materi dari para narasumber, yaitu  Arimbi Chusairi, Yusuf Baihaqi, dan Fadhilah Umar dari Dewan Hakim MTQ, Kabag Kesra Anhar Bajuri, dan perwakilan Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung Sofian Hadi.

Sementara pada pembukaan kegiatan, Ketua Umum LPTQ Provinsi Lampung Qudrotul Ikhwan saat menyampaikan amanat dari Gubernur Lampung, menyebut para peserta yang hadir merupakan representasi masyarakat Lampung yang mencintai Al-Qur'an, dan cinta dengan ajaran-ajaran Islam.

“Insya Allah yang hadir di sini nanti akan mewakili Provinsi Lampung pada MTQ tingkat Nasional di Kalimantan Selatan, pada Tahun 2022," kata Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat ini.

Qudrotul Ikhwan menambahkan, dengan adanya pemantapan ini akan semakin meyakinkan Provinsi Lampung siap dalam menghadapi MTQN mendatang. Selain itu, diharapkan para peserta dapat memanfaatkan kegiatan tersebut sebagai pembekalan untuk mengikuti kegiatan-kegiatan serupa kedepannya yang akan diadakan oleh LPTQ. (*)


Warta Terbaru