• logo nu online
Home Warta Syiar Bahtsul Masail Keislaman Khutbah Teras Kiai Pernik Kiai Menjawab Pendidikan Opini Literasi Mitra Pemerintahan Ekonomi Tokoh Seni Budaya Lainnya
Kamis, 20 Juni 2024

Warta

Madrasah Kader Dibuka, Sarjana NU Harus Miliki Peran Besar bagi Perkumpulan NU di Lampung

Madrasah Kader Dibuka, Sarjana NU Harus Miliki Peran Besar bagi Perkumpulan NU di Lampung
Pembukaan madrasah kader ISNU Lampung di Wisma Haji Lungsir, Bandar Lampung, Kamis (23/5/2023) (Foto: Dian R/NU Online Lampung)
Pembukaan madrasah kader ISNU Lampung di Wisma Haji Lungsir, Bandar Lampung, Kamis (23/5/2023) (Foto: Dian R/NU Online Lampung)

Bandar Lampung, NU Online Lampung

Pimpinan Wilayah (PW) Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (ISNU) Provinsi Lampung menyelenggarakan Madrasah Kader di Wisma Haji Lungsir, Kecamatan Telukbetung Utara, Bandar Lampung, Kamis-Jumat (23-24/5/2024).

 

Wakil Ketua Pimpinan Pusat (PP) ISNU, H Fadli Yasir mengatakan, madrasah kader ini adalah tahapan yang harus dilalui ketika akan menjadi pengurus ISNU, baik cabang, wilayah, maupun pusat.

 

“Ketentuan ini diputuskan pada kongres ke-2 ISNU di Bandung,” kata Kepala Madrasah Kader PP ISNU itu.

 

Ia mengungkapkan, sebelumnya madrasah kader ini adalah tahapan kaderisasi perkumpulan NU yang biasa disebut dengan Madrasah Kader Nahdlatul Ulama (MKNU).

 

“Namun karena terjadi perubahan nomenklatur, ISNU membuat sistem kaderisasi sendiri, melalui Madrasah Kader ISNU, yang yang harus dilalui oleh pengurus ISNU,” paparnya.

 

Fadli menjelaskan, madrasah kader ini dilaksanakan adalah sebagai bukti bahwa Nahdliyin mau berkhidmah di Nahdlatul Ulama. Sebagaimana yang diungkapkan KH Hasyim Asy’ari barang siapa yang mau mengurusi NU, akan aku anggap sebagai santriku, dan siapa yang menjadi santriku, ia husnul khatimah.

 

Ia mengungkapkan, PP ISNU saat ini sedang mempersiapkan kongres ke-3 yang rencananya akan diselenggarakan pada bulan November mendatang.

 

“Untuk lokasinya masih didiskusikan apakah akan digelar di Jakarta atau dibuka di Gedung Grahadi Surabaya, kemudian kongres sambil berlayar ke Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur. Maka kami saat ini juga tengah menyiapkan segala materinya untuk dibahas pada kongres tersebut,” ujarnya.

 

Ia melanjutkan, berkaitan dengan persiapan kongres itu, maka Madrasah Kader ISNU di Provinsi Lampung ini dihadiri full tim PP ISNU yang akan membuat materi pada kongres, dan akan dibahas salah satunya di Lampung ini.

 

Ketua Panitia Madrasah Kader, Riswandi mengatakan, madrasah kader ini juga merupakan salah satu rangkaian pelantikan PW ISNU Lampung yang akan dilaksanakan, Sabtu (25/5/2024) di Swiss Belhotel Bandar Lampung.

 

“Madrasah kader ini dilaksanakan selama dua hari, Kamis dan Jumat. Kemudian sebelum dilaksanakan pelantikan pada hari Sabtu, akan digelar dialog publik yang membahas hilirisasi produk UMKM, dukungan pemerintah dan perbankan, serta peluang dan tantangannya,” katanya.

 

Kemudian pukul 10.00 WIB akan dilaksanakan pelantikan PW ISNU Provinsi Lampung masa khidmah 2023-2028 hingga pukul 12.00 WIB. Kegiatan dilanjutkan ba’da dzuhur dengan rapat kerja PW ISNU Lampung yang membahas program kerja lima tahun ke depan.

 

Ketua PW ISNU Provinsi Lampung, Hj Erlina menyampaikan, agar pengurus berusaha semaksimal mungkin agar ISNU di Provinsi Lampung mempunyai peran yang cukup dalam membesarkan Nahdlatul Ulama di Lampung.

 

“Walaupun hal itu tidak mudah, untuk mengajak dan mengkonsolidasikan sarjana-sarjana NU di Lampung terkhusus perguruan tinggi. Maka kami juga mengundang warga NU yang di kabupaten dan kota untuk menjadi calon pengurus ISNU di daerahnya masing-masing,” ujarnya.

 

Hal itu salah satunya juga untuk mengenalkan dan memberikan bukti nyata bahwa sarjana NU memiliki kiprah dan perannya. Sampai akhirnya ISNU memiliki jaringannya hingga tingkat kecamatan.

 

Kiprah ISNU ini juga diwujudkan dengan adanya dialog publik sebelum pelantikan yang akan diisi oleh Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Lampung, Pemerintah Provinsi, dan akademisi.

 

“Dari hasil dialog itu jugalah yang nantinya diharapkan akan menjadi rekomendasi pada rapat kerja PW ISNU, yang menjadi dasar program ISNU Lampung lima tahun ke depan,” kata Erlina.

(Dian Ramadhan)


Warta Terbaru