• logo nu online
Home Warta Syiar Bahtsul Masail Keislaman Khutbah Teras Kiai Pernik Kiai Menjawab Pendidikan Opini Literasi Mitra Pemerintahan Ekonomi Tokoh Seni Budaya Lainnya
Jumat, 9 Desember 2022

Warta

LPPNU Lampung Tengah Gelar Raker untuk Pengembangan Pertanian Nahdliyin

LPPNU Lampung Tengah Gelar Raker untuk Pengembangan Pertanian Nahdliyin
Raker LPPNU Lampung Tengah (Foto: Istimewa)
Raker LPPNU Lampung Tengah (Foto: Istimewa)

Lampung Tengah, NU Online Lampung

Lembaga Pengembangan Pertanian Nahdlatul Ulama (LPPNU) Kabupaten Lampung Tengah menyelenggarakan rapat kerja (raker) anggota untuk membahas program kerja jangka pendek hingga jangka panjang. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Sekretariat LPPNU Lampung Tengah di Jalan Raya Wates, Kecamatan Bangunrejo, Sabtu (10/9/2022).


Ketua LPPNU Lampung Tengah, H Ujang Mahmud mengatakan, pengurus harus solid dalam menyusun dan melaksanakan program kerja yang terukur serta tepat sasaran.


“Diharapkan juga dapat memberi manfaat bagi masyarakat banyak, khususnya bagi para warga Nahdlatul Ulama yang mayoritas berlatarbelakang sebagai petani,” ujarnya. 


Lebih lanjut ia mengatakan adapun program kerja LPPNU Lampung Tengah secara umum terbagi ke dalam 3 bagian. Pertama, LPPNU Kabupaten Lampung Tengah memprogramkan pembentukan muharrik LPPNU di tingkat kecamatan se-Kabupaten Lampung Tengah. 


Muharrik LPPNU, merupakan unit kerja yang langsung berada di bawah naungan LPPNU kabupaten. Adapun wilayah kerjanya mencakup satu kecamatan dimana kepengurusan Muharrik tersebut berada. Selain pembentukan Muharrik LPPNU di 29 Kecamatan se-Kabupaten Lampung Tengah, silaturahim antara LPPNU kabupaten dengan Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) untuk mensosialisasikan program LPPNU dan mensosialisasikan kepengurusan Muharrik.


Kedua, yakni pengembangan sumber daya manusia di internal warga NU. Di antaranya dengan mengadakan pelatihan pertanian, pembentukan kelompok wanita tani, kelompok taruna tani, dan program serupa untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia di bidang pertanian.


Ketiga, yakni program internal kepengurusan LPPNU Kabupaten Lampung Tengah akan diadakan evaluasi rutin dari program kerja yang sudah dilakukan selama 3 bulan sekali.


“Rapat kerja perdana ini menjadi landasan gerak bagi segenap pengurus LPPNU Kabupaten Lampung tengah dalam rangka melakukan pengembangan pertanian di Lampung tengah. Dengan niatmengembangkan sumberdaya yang ada, dan membangun kesejahteraan bersama melalui pemberdayaan,” paparnya. 


Ia berharap semoga langkah gerak segenap pengurus LPPNU Kabupaten Lampung Tengah mendapat ridha dari Allah swt dan dimudahkan dalam pelaksanaannya. 


Sebelumnya LPPNU Kabupaten Lampung Tengah ini resmi dilantik pada 21 Agustus 2022 lalu di Pesantren Darussalamah Banjar Agung, Lampung Tengah. Pada kesempatan itu LPPNU Lampung Tengah dilantik bersamaan dengan beberapa badan otonom NU lainnya dalam momentum pelantikan Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Kabupaten Lampung Tengah. 


Adapun pengurus LPPNU Lampung Tengah masa khidmah 2022-2027, diketuai oleh H Ujang Mahmud, dengan dibantu oleh 5 Orang Dewan pakar dan 10 orang Badan Pengurus Harian yang siap mensukseskan program kerja LPPNU selama masa kepengurusan. 


Sementara Wakil Ketua LPPNU Lampung Tengah, Sunanta mengatakan, suatu organisasi bukan hanya soal membuat program kerja yang utopis, akan tetapi harus mampu menyusun program kerja yang terukur dan terlaksana dengan baik dan benar. 


“Program kerja LPPNU yang ada ini, jika dijalankan dengan baik dan benar, maka insyaallah akan sangat terasa manfaatnya bagi keluarga besar Nahdlatul Ulama. Dimana sektor pertanian kita akan berkembang sesuai dengan yang kita harapkan,” ungkapnya.


Wakil Ketua LPPNU Lampung Tengah lainnya, H Eman Sulaeman menyampaikan, pembentukan muharrik bisa segera terlaksana mulai dari kecamatan-kecamatan terdekat dan paling mudah dijangkau dari titik Sekretariat. 


“Mulai dari Bekri, Bangunrejo, Kalirejo, dan Sendang Agung. Rencananya akan dibentuk dalam waktu dekat ini untuk efektivitas dan efisiensi gerakan, nantinya baru berlanjut ke seluruh Kecamatan di Kabupaten Lampung Tengah,” katanya.

(Muflih Muhammad)
 


Warta Terbaru