• logo nu online
Home Warta Syiar Bahtsul Masail Keislaman Khutbah Teras Kiai Pernik Kiai Menjawab Pendidikan Opini Literasi Mitra Pemerintahan Ekonomi Tokoh Seni Budaya Lainnya
Sabtu, 4 Februari 2023

Warta

Innalillahi, KH Sobri Dinal Musthofa Wakil Rais Syuriyah PCNU Pringsewu Wafat di 1 Rajab 1444 H

Innalillahi, KH Sobri Dinal Musthofa Wakil Rais Syuriyah PCNU Pringsewu Wafat di 1 Rajab 1444 H
KH Sobri Dinal Musthofa Wakil Rais Syuriyah PCNU Pringsewu. (Foto: Istimewa)
KH Sobri Dinal Musthofa Wakil Rais Syuriyah PCNU Pringsewu. (Foto: Istimewa)

Pringsewu, NU Online Lampung
Keluarga Besar Nahdlatul Ulama Kabupaten Pringsewu, Lampung berduka. Tepat 1 Rajab 1444 H Wakil Rais Syuriyah Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Pringsewu KH Sobri Dinal Musthofa wafat. Pengasuh Pesantren Yasmida Ambarawa ini berpulang ke Rahmatullah di RS Surya Asih Pringsewu setelah mendapatkan perawatan kesehatan, Ahad (22/1/2023) malam.


Innalillahi wa inna ilaihi rajiun, berpulang ke Rahmatullah KH Sobri Dinal Musthofa. Semoga diterima di sisi Allah swt. Beliau adalah sosok pejuang yang selalu berjuang sampai akhir hayatnya. Lahul Fatihah,” ungkap Mustasyar PCNU Pringsewu KH Sujadi.


Setelah dari RS Surya Asih, malam itu juga jenazah Kiai Sobri dibawa ke rumah duka di Komplek Pesantren Yasmida Ambarawa. Kiai Sobri dimakamkan di Ambarawa pada Senin (23/1/2023).


Dalam kurun waktu beberapa tahun ini, kondisi kesehatan Kiai Sobri memang dalam kondisi yang tidak stabil. Namun kondisi ini tidak menjadikan berbagai aktivitasnya berhenti. Kiai Sobri tetap menjalankan khidmah mengasuh pesantren, aktivitas sosial, kemasyarakatan, dan keagamaan.


Kiai Sobri adalah sosok sederhana dan tawadhu yang merupakan alumni Pondok Pesantren Al-Munawir Krapyak Yogyakarta. Saat nyantri, ia juga menuntut ilmu di IAIN (Institut Agama Islam Negeri) Sunan Kalijaga Yogyakarta. Ia kemudian merintis Pesantren Yasmida pada 1998.


Suami dari Ketua PC Muslimat NU Pringsewu Hj Ani Fitriani ini masih tetap mengajar berbagai kitab kepada santrinya dan aktif berkiprah dalam ormas. Selain di Nahdlatul Ulama, Kiai Sobri juga tercatat aktif di berbagai ormas seperti Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Pringsewu.


Kiai Sobri juga sosok yang tenang dan senantiasa memberikan pesan-pesan agama untuk meningkatkan ketenangan dalam hidup dan meningkatkan semangat dalam beribadah. Seperti saat mengisi kegiatan Ngaji Ahad di Gedung NU Pringsewu, Kiai Sobri pernah berpesan agar umat Islam tidak hanya fokus pada kuantitas ibadah. Namun kualitaslah yang perlu diutamakan.


Ia mengingatkan bahwa seseorang yang masuk surga bukanlah karena amalnya, melainkan karena rahmat Allah. “Rahmat dari Allah lah yang akan menentukannya. Jangan pula merasa sudah banyak simpanan amal dan pahala, kita tidak beramal lagi," katanya.


Sementara semua amal juga tergantung kepada niatnya. "Walaupun itu nampaknya bentuk amal dunia, namun jika diniati dengan benar, amal tersebut bisa termasuk amal akhirat." Imbuhnya. (Muhammad Faizin)


Editor:

Warta Terbaru