• logo nu online
Home Warta Syiar Bahtsul Masail Keislaman Khutbah Teras Kiai Pernik Kiai Menjawab Pendidikan Opini Literasi Mitra Pemerintahan Ekonomi Tokoh Seni Budaya Lainnya
Senin, 5 Desember 2022

Warta

Gelar Safari Ramadhan, Kakanwil Kemenag Aceh Adakan Program Sapa Umat

Gelar Safari Ramadhan, Kakanwil Kemenag Aceh Adakan Program Sapa Umat
Program Sapa Umat Kanwil Kemenag Aceh
Program Sapa Umat Kanwil Kemenag Aceh

Aceh, NU Online Lampung

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kakanwil Kemenag) Provinsi Aceh H Iqbal Muhammad melakukan safari ramadhan melalui program sapa umat dengan silaturahim kepada para ulama kharismatik Aceh yaitu Al-Mukarram Abu Kuta Krueng dan Al-Mukarram Abu Tanjong Bungong di kediamannya.


Alhamdulillah, sambutan dari Al-Mukarram Abu Kuta Krueng dan Al-Mukarram Abu Tanjong Bungong sangat baik dengan program saweu ulama tersebut dan berharap kegiatan seperti ini terus berlanjut serta dapat memberikan nilai positif demi kemajuan dan kebaikan Kementerian Agama Republik Indonesia,” ujar Iqbal Muhammad, Sabtu (30/4/2022).


Iqbal mengatakan ini merupakan progam saweu ulama dalam rangkaian kegiatan safari ramadhan 1443 H. Hal ini dilakukan secara maraton ke-23 kabupaten/kota di Aceh selama Ramadhan.


“Silaturahim dan tabarrukan serta meminta doa kepada Abu Kuta pasca Abu pulang umrah tentunya memiliki makna tersendiri terlebih di bulan suci Ramadhan, begitu juga Abu Tanjong Bungong dalam kondisi Abu bersuluk, sungguh ini momentum yang sangat tepat dan berkah,” ungkapnya.


Selain Kakanwil Kemenag Aceh bersama rombongan dari Banda Aceh, juga hadir dalam silaturahim tersebut Kakankemenag Pidie H Abdullah AR dan para jajarannya.


Alhamdulillah, silaturahim dengan para ulama di seluruh kabupaten/kota seluruh Aceh termasuk ulama kharismatik Abu Kuta Krueng dan Abu Tanjong Bungong merupakan bagian dari program safari ramadhan tahun ini berjalan sukses dan lancar bahkan mendapatkan banyak masukan dan nasihat,” ujarnya.


Sementara itu, Kakankemenag Pidie juga menyebutkan, sebelumnya Kakanwil Kemenag Aceh H Iqbal dan rombongan juga telah bersilaturahim dengan Abu Mawardi Waly pimpinan Dayah Darussalam Labuhan Haji Aceh Selatan dan Abi Hidayat (Mudir Ma’had Aly Dayah Darussalam Labuhan Haji).


Sosok pria yang akrab disapa Abi Lah itu mengatakan Kakanwil Kemenag Aceh menggelar Safari Ramadhan 1443 H se-Aceh melalui ‘Program Sapa Umat’, dalam rangka menyemarakkan dan menyiarkan Islam hingga ke daerah di bulan suci termasuk Saweu Ulama.


Ia mengatakan kegiatan ini harapan Kakanwil dapat menyapa langsung masyarakat di lokasi yang dikunjungi. Kegiatan ini bertujuan untuk menyemarakkan dan menyampaikan syiar Islam ke masyarakat pada bulan mulia ini dengan hadir langsung ke tengah masyarakat, sehingga pengamalan dan ibadah dapat ditingkatkan.


“Mari kita jadikan momen ramadhan ini dengan meningkatkan amal ibadah dan mendekatkan diri kepada Allah, sehingga gelar orang-orang yang bertaqwa dapat diraih,” katanya.

(Teungku Helmi Abu Bakar el-Langkawi)
 


Warta Terbaru