• logo nu online
Home Warta Syiar Bahtsul Masail Keislaman Khutbah Teras Kiai Pernik Kiai Menjawab Pendidikan Opini Literasi Mitra Pemerintahan Ekonomi Tokoh Seni Budaya Lainnya
Jumat, 12 April 2024

Pemerintahan

Gubernur Lampung Luncurkan Program Desa Baznas Bidang Peternakan di Lampung Utara

Gubernur Lampung Luncurkan Program Desa Baznas Bidang Peternakan di Lampung Utara
Gubernur Lampung Arinal Djunaidi saat meluncurkan Program Desa Baznas Bidang Peternakan di Lampung Utara, Senin (1/4/2024).
Gubernur Lampung Arinal Djunaidi saat meluncurkan Program Desa Baznas Bidang Peternakan di Lampung Utara, Senin (1/4/2024).

Lampung Utara, NU Online Lampung

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi meluncurkan  secara resmi Program Desa Baznas Bidang Peternakan di Dusun Sukajaya, Desa Madukoro Baru, Kecamatan Kotabumi Utara, Kabupaten Lampung Utara, Senin (01/04/2024).

 

Arinal mengatakan, program Desa Baznas merupakan salah satu upaya Pemerintah Provinsi Lampung dalam mengentaskan kemiskinan dan memberdayakan ekonomi masyarakat.

 

"Melalui program Desa Baznas, nantinya zakat yang dikelola oleh Baznas disalurkan dalam bentuk bantuan produktif kepada masyarakat yang membutuhkan. Salah satunya yaitu dengan bantuan ternak kambing," katanya.

 

“Kalau bisa Kabupaten Lampung Utara menjadi lokasi percontohan Desa Baznas, dan selanjutnya secara bertahap akan diterapkan di lokus Kabupaten/Kota lainnya," sambung Gubernur.

 

Program Desa Baznas di Lampung Utara diberikan kepada sebanyak 35 Kepala Keluarga mustahik di 5 dusun, yaitu Plongkowati, Jangkarbumi, Jodipati, Sukajaya/Sukadamai, dan Sukajadi.

 

Masing-masing mustahik akan menerima bantuan berupa pembangunan kandang kambing, 31 ekor kambing (3 jantan dan 28 betina), pakan konsentrat, dan obat-obatan.

 

Menurut Gubernur, setelah dua tahun, anak kambing yang dihasilkan diharapkan dapat diinfakkan kepada mustahik lain di sekitar lokasi. Dengan demikian diharapkan dapat membantu pengentasan kemiskinan secara masif dan meningkatkan populasi ternak kambing di Lampung.

 

“Penyaluran zakat produktif dalam bentuk ternak kambing, saya harapkan menjadi upaya pemberdayaan yang keberlanjutan,” harap Gubernur.


Ia juga berharap kepercayaan dan amanah masyarakat dalam zakatnya melalui program ini dapat dijaga dengan baik, dan ternak kambing yang diberikan dipelihara dengan sungguh-sungguh.

 

"Supaya kambing-kambing ini dapat berkembang biak yang hasilnya dapat dimanfaatkan mustahik untuk meningkatkan derajat dan kesejahteraan," tegas  Arinal.


Pemerintahan Terbaru