• logo nu online
Home Warta Syiar Bahtsul Masail Keislaman Khutbah Teras Kiai Pernik Kiai Menjawab Pendidikan Opini Literasi Mitra Pemerintahan Ekonomi Tokoh Seni Budaya Lainnya
Jumat, 19 April 2024

NU Online

Ini Hasil Temuan Sementara Tim Independen dan Koalisi Masyarakat Terkait Tragedi Kanjuruhan

Ini Hasil Temuan Sementara Tim Independen dan Koalisi Masyarakat Terkait Tragedi Kanjuruhan
Suasana ricuh di stadion Kanjuruhan Malang usai pertandingan Arema FC vs Persebaya
Suasana ricuh di stadion Kanjuruhan Malang usai pertandingan Arema FC vs Persebaya

Jakarta, NU Online Lampung

Penyelidikan terhadap insiden maut kericuhan berujung kepanikan penonton pertandingan Arema FC melawan Persebaya Surabaya pada 1 Oktober 2022 lalu terus dilakukan.


Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) yang dibentuk pemerintah di bawah Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD terus bekerja menelusuri rangkaian peristiwa yang menyebabkan kejadian memilukan itu.


Anggota Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF), Nugroho Setiawan membeberkan sejumlah temuan terbaru investigasi tragedi Kanjuruhan yang menewaskan 131 korban jiwa.


Pertama, Kanjuruhan tak layak untuk pertandingan risiko tinggi


TGIPF menyimpulkan bahwa Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur, tidak layak menggelar pertandingan dengan risiko tinggi (high risk). Laga Arema FC melawan Persebaya pada Sabtu (1/10/2022) salah satu pertandingan dengan high risk match.


"Kesimpulannya sementara bahwa Stadion ini tidak layak untuk menggelar pertandingan high risk match. Mungkin kalau itu medium atau low risk masih bisa," kata Nugroho dalam tayangan di YouTube Kemenko Polhukam dilihat NU Online, Senin (10/10/2022).

 

Nugroho mengatakan pertandingan dengan risiko tinggi membutuhkan kalkulasi yang sangat konkret. Misalnya, bagaimana cara mengeluarkan penonton pada saat keadaan darurat.


"Sementara yang saya lihat adalah pintu masuk berfungsi sebagai pintu keluar, tapi itu tidak memadai. Kemudian tidak ada pintu darurat. Jadi mungkin ke depan perbaikannya adalah mengubah struktur pintu itu," ungkapnya.

 

Selengkapnya baca Hasil Temuan Sementara TGIPF dan Koalisi Masyarakat Terkait Tragedi Kanjuruhan  


NU Online Terbaru