Warta

Zakat Profesi

Rabu, 6 Juni 2018 | 09:46 WIB

A. Deskripsi Masalah Deskripsi masalah UU. RI No. 38 tahun 1999 tentang pengelolaan zakat, Pasal 11 (ayat 2) yang mengatur rincian harta yang dikenai zakat mencakup ā€œhasil pendapatan dan jasaā€œ. Pendapatan itu mancakup gaji, honorarium, dan sebagainya. Jasa memasukkan jasa konsultan, notaris, doktor, biro travel, pergudangan, komissioner, dan lain-lain. Jenis usaha meliputi perhotelan, hiburan, industri, kontraktor, dan lain-lain. B. Pertanyaan a. Apakah hasil pendapatan kerja dan jasa yang halal patut dipandang terkena beban zakat menurut syariat?. b. Sekira terbeban zakat bagaimana penggolongan ke dalam mal zakawi dan berapa ketetapan standar nishab yang harus dipedomani?. c. Tepatkah bila kadar zakat atau gaji PNS dipotong langsung per bulan oleh Badan Amil Zakat tertentu?. C. Jawaban a. Pada dasarnya, semua hasil pendapatan halal yang mengandung unsur mu’awadhah (tukar-menukar) baik dari hasil kerja profesional/ non profesional maupun hasil industri jasa dalam segala bentuknya yang telah memenuhi persyaratan zakat antara lain, mencapai jumlah 1 (satu) nishab dan niat tijarah dikenakan kewajiban zakat. Akan tetapi realitasnya jarang yang bisa memenuhi persyaratan tersebut lantaran tidak terdapat unsur tijarah (pertukaran harta terus-menerus untuk memperoleh keuntungan). b. Hasil pendapatan kerja dan jasa (yang telah memenuhi persyaratan) dalam konteks zakat digolongkan zakat tijarah yang berpedoman pada standar nishab emas. c. Tidak boleh. Kalaupun dipahami bahwa gaji wajib dizakati, pemotongan gaji tersebut tetap belum sah diperhitungkan sebagai pembayaran zakat, sebab perhitungan maupun kadar kewajibannya pada akhir tahun bukan dari gaji bruto dan belum diterima oleh pemiliknya. D. Dasar Pengambilan Hukum Mughni al-Muhtaj ila Ma’rifah Alfazh al-Minhaj [1] (ŁˆŁŽŲ„ŁŁ†Ł‘ŁŽŁ…ŁŽŲ§ ŁŠŁŽŲµŁŁŠŁ’Ų±Ł Ų§Ł„Ł’Ų¹ŁŽŲ±Ł’Ų¶Ł Ł„ŁŁ„ŲŖŁŁ‘Ų¬ŁŽŲ§Ų±ŁŽŲ©Ł Ų„ŁŲ°ŁŽŲ§ Ų§Ł‚Ł’ŲŖŁŲ±ŁŁ†ŁŽŲŖŁ’ Ł†ŁŁŠŁ‘ŁŽŲŖŁŁ‡ŁŽŲ§ ŲØŁŁƒŁŽŲ³Ł’ŲØŁŁ‡Ł ŲØŁŁ…ŁŲ¹ŁŽŲ§ŁˆŁŽŲ¶ŁŽŲ©Ł) Ł…ŁŽŲ­Ł’Ų¶ŁŽŲ©Ł, ŁˆŁŽŁ‡ŁŁŠŁŽ Ų§Ł„Ł‘ŁŽŲŖŁŁŠŁ’ ŲŖŁŽŁŁ’Ų³ŁŲÆŁ ŲØŁŁŁŽŲ³ŁŽŲ§ŲÆŁ Ų¹ŁŁˆŁŽŲ¶ŁŁ‡ŁŽŲ§ (ŁƒŁŽŲ“ŁŲ±ŁŽŲ§Ų”Ł) Ų³ŁŽŁˆŁŽŲ§Ų”ŁŒ Ų£ŁŽŁƒŁŽŲ§Ł†ŁŽ ŲØŁŲ¹ŁŁˆŁŽŲ¶Ł Ų£ŁŽŁ…Ł’ Ł†ŁŽŁ‚Ł’ŲÆŁ Ų£ŁŽŁ…Ł’ ŲÆŁŽŁŠŁ’Ł†Ł Ų­ŁŽŲ§Ł„Ł Ų£ŁŽŁ…Ł’ Ł…ŁŲ¤ŁŽŲ¬Ł‘ŁŽŁ„Ł Ł„ŁŲ§Ł†Ł’Ų¶ŁŁ…ŁŽŲ§Ł…Ł Ł‚ŁŽŲµŁ’ŲÆŁ Ų§Ł„ŲŖŁŁ‘Ų¬ŁŽŲ§Ų±ŁŽŲ©Ł Ų„ŁŁ„ŁŽŁ‰ ŁŁŲ¹Ł’Ł„ŁŁ‡ŁŽŲ§ŲŒ ŁˆŁŽŁ…ŁŁ†ŁŽ Ų§Ł„Ł’Ł…ŁŽŁ…Ł’Ł„ŁŁˆŁ’ŁƒŁ ŲØŁŁ…ŁŲ¹ŁŽŲ§ŁˆŁŽŲ¶ŁŽŲ©Ł Ł…ŁŽŲ§ Ų§ŲŖŁ‘ŁŽŁ‡ŁŽŲØŁŽŁ‡Ł ŲØŁŲ«ŁŽŁˆŁŽŲ§ŲØŁ Ų£ŁŽŁˆŁ’ ŲµŁŽŲ§Ł„ŁŽŲ­ŁŽ Ų¹ŁŽŁ„ŁŽŁŠŁ’Ł‡Ł ŁˆŁŽŁ„ŁŽŁˆŁ’ Ų¹ŁŽŁ†Ł’ ŲÆŁŽŁ…Ł ŁˆŁŽŁ…ŁŽŲ§ Ų¢Ų¬ŁŽŲ±ŁŽ بِهِ Ł†ŁŽŁŁ’Ų³ŁŽŁ‡Ł Ų£ŁŽŁˆŁ’ Ł…ŁŽŲ§Ł„ŁŽŁ‡Ł Ų£ŁŽŁˆŁ’ Ł…ŁŽŲ§ Ų§Ų³Ł’ŲŖŁŽŲ£Ł’Ų¬ŁŽŲ±ŁŽŁ‡Ł Ų£ŁŽŁˆŁ’ Ł…ŁŽŁ†Ł’ŁŁŽŲ¹ŁŽŲ©Ł Ł…ŁŽŲ§ Ų§Ų³Ł’ŲŖŁŽŲ£Ł’Ų¬ŁŽŲ±ŁŽŁ‡Ł ŲØŁŲ£ŁŽŁ†Ł’ ŁƒŁŽŲ§Ł†ŁŽ ŁŠŁŽŲ³Ł’ŲŖŁŽŲ£Ł’Ų¬ŁŲ±Ł Ų§Ł„Ł’Ł…ŁŽŁ†ŁŽŲ§ŁŁŲ¹ŁŽ ŁŠŁŲ¤ŁŽŲ¬ŁŁ‘Ų±ŁŁ‡ŁŽŲ§ ŲØŁŁ‚ŁŽŲµŁ’ŲÆŁ Ų§Ł„ŲŖŁŁ‘Ų¬ŁŽŲ§Ų±ŁŽŲ©ŁŲŒ Ų£ŁŽŁˆŁ’ ŲŗŁŽŁŠŁ’Ų±Ł Ł…ŁŽŲ­Ł’Ų¶ŁŽŲ©Ł ŁˆŁŽŁ‡ŁŁŠŁŽ Ų§Ł„Ł‘ŁŽŲŖŁŁŠŁ’ Ł„Ų§ŁŽ ŲŖŁŽŁŁ’Ų³ŁŲÆŁ ŲØŁŁŁŽŲ³ŁŽŲ§ŲÆŁ Ų¹ŁŁˆŁŽŲ¶ŁŁ‡ŁŽŲ§ ŁƒŁŽŁ…ŁŽŲ§ Ų°ŁŽŁƒŁŽŲ±ŁŽ Ų°Ł„ŁŁƒŁŽ ŲØŁŁ‚ŁŽŁˆŁ’Ł„ŁŁ‡Ł (ŁˆŁŽŁƒŁŽŲ°ŁŽŲ§ Ų§Ł„Ł’Ł…ŁŽŁ‡Ł’Ų±Ł ŁˆŁŽŲ¹ŁŁˆŁŽŲ¶Ł Ų§Ł„Ł’Ų®ŁŁ„Ł’Ų¹Ł) ŁŁŽŲ„ŁŁ†Ł‘ŁŽŁ‡ŁŁ…ŁŽŲ§ ŁŠŁŽŲµŁŁŠŁ’Ų±ŁŽŲ§Ł†Ł Ł„ŁŁ„ŲŖŁŁ‘Ų¬ŁŽŲ§Ų±ŁŽŲ©Ł Ų„ŁŲ°ŁŽŲ§ Ų§Ł‚Ł’ŲŖŁŲ±ŁŁ†ŁŽŲ§ ŲØŁŁ†ŁŁŠŁ‘ŁŽŲŖŁŁ‡ŁŽŲ§ (فِي Ų§Ł’Ł„Ų£ŁŽŲµŁŽŲ­ŁŁ‘) Ł„ŁŲ£ŁŽŁ†Ł‘ŁŽŁ‡ŁŁ…ŁŽŲ§ Ł…ŁŁ„ŁŁƒŁŽŲ§ ŲØŁŁ…ŁŲ¹ŁŽŲ§ŁˆŁŽŲ¶ŁŽŲ©Ł ŁˆŁŽŁ„ŁŁ‡ŁŽŲ°ŁŽŲ§ ŲŖŁŽŲ«ŁŽŲØŁŽŲŖŁ’ Ų§Ł„Ų“Ł‘ŁŁŁ’Ų¹ŁŽŲ©Ł ŁŁŁŠŁ’Ł…ŁŽŲ§ Ł…ŁŁ„ŁŁƒŁŽ ŲØŁŁ‡ŁŁ…ŁŽŲ§. ŁˆŁŽŲ§Ł„Ų«Ł‘ŁŽŲ§Ł†ŁŁŠŁ’ Ł„Ų§ŁŽŲŒ Ł„ŁŲ£ŁŽŁ†Ł‘ŁŽŁ‡ŁŁ…ŁŽŲ§ Ł„ŁŽŁŠŁ’Ų³ŁŽŲ§ مِنْ Ų¹ŁŁ‚ŁŁˆŁ’ŲÆŁ Ų§Ł„Ł’Ł…ŁŲ¹ŁŽŲ§ŁˆŁŽŲ¶ŁŽŲ§ŲŖŁ Ų§Ł„Ł’Ł…ŁŽŲ­Ł’Ų¶ŁŽŲ©Ł ŁˆŁŽŲµŁŽŲ­Ł‘ŁŽŲ­ŁŽ فِي Ų§Ł„Ł’Ł…ŁŽŲ¬Ł’Ł…ŁŁˆŁ’Ų¹Ł Ų§Ł„Ł’Ł‚ŁŽŲ·Ł’Ų¹ŁŽ ŲØŁŲ§Ł’Ł„Ų£ŁŽŁˆŁ‘ŁŽŁ„Ł (Suatu barang bisa menjadi komoditas tijarah manakala niat tijarahnya disertai usaha mendapatkannya dengan cara tukar menukar) yang murni, yaitu yang rusak dengan sebab rusaknya barang imbalan, seperti jual beli, baik yang dengan ganti barang atau uang, dihutangkan ataupun kontan, karena berkumpulnya niat tijarah dengan praktiknya. Termasuk barang yang dimiliki dengan cara pertukaran adalah hibah yang diterima dengan imbal balik atau yang diakadi damai, meski dalam kasus pembunuhan –diyat dam-, upah atas penyewaan diri atau hartanya, barang atau jasa yang ia sewa, yakni ia menyewa manfaat suatu barang dan ia sewakan dengan maksud tijarah. Atau -pertukaran- yang tidak murni, yaitu -pertukaran- yang tidak rusak karena rusaknya imbalan, sebagaimana hal itu al-Nawawi sebutkan dengan ucapannya (demikian pula mahar dan imbalan pengganti dalam khulu’). Dua-duanya bisa menjadi tijarah bila disertai dengan niat dagang (menurut pendapat al-ashshah), karena keduanya merupakan barang yang dimiliki dengan jalan pertukaran. Karenanya dalam hal barang yang dimiliki karena menjadi mahar atau imbalan pengganti dalam khulu’ bisa terjadi syuf’ah. Namun menurut pendapat kedua tidak bisa, karena mahar dan imbalan pengganti dalam khulu’ bukan akad pertukaran yang murni. Al-Nawawi dalam al-Majmu’ memastikan bahwa yang benar adalah pendapat pertama. I’anah al-Thalibin [2] ŁˆŁŽŲ§Ų¹Ł’Ł„ŁŽŁ…Ł’ Ų£ŁŽŁ†Ł‘ŁŽ Ł„ŁŲ²ŁŽŁƒŁŽŲ§Ų©Ł Ų§Ł„ŲŖŁŁ‘Ų¬ŁŽŲ§Ų±ŁŽŲ©Ł Ų“ŁŲ±ŁŁˆŁ’Ų·Ł‹Ų§ŲŒ Ų³ŁŲŖŁ‘ŁŽŲ©Ł‹ Ų²ŁŁŠŁŽŲ§ŲÆŁŽŲ©Ł‹ Ų¹ŁŽŁ„ŁŽŁ‰ Ł…ŁŽŲ§ Ł…ŁŽŲ±Ł‘ŁŽ ŁŁŁŠŁ’ Ų²ŁŽŁƒŁŽŲ§Ų©Ł Ų§Ł„Ł†Ł‘ŁŽŁ‚Ł’ŲÆŁŽŁŠŁ’Ł†Ł. Ų£ŁŽŲ­ŁŽŲÆŁŁ‡ŁŽŲ§ Ų£ŁŽŁ†Ł’ ŁŠŁŽŁƒŁŁˆŁ’Ł†ŁŽ Ł…ŁŁ„Ł’ŁƒŁ Ų°ŁŽŁ„ŁŁƒŁŽ Ų§Ł„Ł’Ł…ŁŽŲ§Ł„Ł ŲØŁŁ…ŁŲ¹ŁŽŲ§ŁˆŁŽŲ¶ŁŽŲ©Ł ŁˆŁŽŁ„ŁŽŁˆŁ’ ŲŗŁŽŁŠŁ’Ų±ŁŽ Ł…ŁŽŲ­Ł’Ų¶ŁŽŲ©Ł ŁˆŁŽŲ°ŁŽŁ„ŁŁƒŁŽ Ł„ŁŲ£ŁŽŁ†Ł‘ŁŽ Ų§Ł„Ł’Ł…ŁŲ¹ŁŽŲ§ŁˆŁŽŲ¶ŁŽŲ©Ł Ł‚ŁŲ³Ł’Ł…ŁŽŲ§Ł†Ł Ł…ŁŽŲ­Ł’Ų¶ŁŽŲ©ŁŒ ŁˆŁŽŁ‡ŁŁŠŁŽ Ł…ŁŽŲ§ ŲŖŁŽŁŁ’Ų³ŁŲÆŁ ŲØŁŁŁŽŲ³ŁŽŲ§ŲÆŁ Ł…ŁŁ‚ŁŽŲ§ŲØŁŁ„ŁŁ‡ŁŽŲ§ ŁƒŁŽŲ§Ł„Ł’ŲØŁŽŁŠŁ’Ų¹Ł ŁˆŁŽŲ§Ł„Ų“ŁŁ‘Ų±ŁŽŲ§Ų”ŁŲŒ ŁˆŁŽŲŗŁŽŁŠŁ’Ų±Ł Ł…ŁŽŲ­Ł’Ų¶ŁŽŲ©Ł ŁˆŁŽŁ‡ŁŁŠŁŽ Ł…ŁŽŲ§ Ł„Ų§ŁŽ ŲŖŁŽŁŁ’Ų³ŁŲÆŁ ŲØŁŁŁŽŲ³ŁŽŲ§ŲÆŁ Ł…ŁŁ‚ŁŽŲ§ŲØŁŁ„ŁŁ‡ŁŽŲ§ ŁƒŁŽŲ§Ł„Ł†ŁŁ‘ŁƒŁŽŲ§Ų­Ł. Ų«ŁŽŲ§Ł†ŁŁŠŁ’Ł‡ŁŽŲ§ Ų£ŁŽŁ†Ł’ ŲŖŁŽŁ‚Ł’ŲŖŁŽŲ±ŁŁ†ŁŽ Ł†ŁŁŠŁ‘ŁŽŲ©Ł Ų§Ł„ŲŖŁŁ‘Ų¬ŁŽŲ§Ų±ŁŽŲ©Ł ŲØŁŲ­ŁŽŲ§Ł„Ł Ų§Ł„Ł’Ł…ŁŲ¹ŁŽŲ§ŁˆŁŽŲ¶ŁŽŲ©Ł ŁŁŁŠŁ’ ŲµŁŁ„Ł’ŲØŁ Ų§Ł„Ł’Ų¹ŁŽŁ‚Ł’ŲÆŁ Ų£ŁŽŁˆŁ’ فِي Ł…ŁŽŲ¬Ł’Ł„ŁŲ³ŁŁ‡ŁŲŒ ŁˆŁŽŲ°ŁŽŁ„ŁŁƒŁŽ Ł„ŁŲ£ŁŽŁ†Ł‘ŁŽ Ų§Ł„Ł’Ł…ŁŽŁ…Ł’Ł„ŁŁˆŁ’ŁƒŁŽ ŲØŁŲ§Ł„Ł’Ł…ŁŲ¹ŁŽŲ§ŁˆŁŽŲ¶ŁŽŲ©Ł Ł‚ŁŽŲÆŁ’ ŁŠŁŁ‚Ł’ŲµŁŽŲÆŁ بِهِ ŲŗŁŽŁŠŁ’Ų±ŁŁ‡ŁŽŲ§ ŁŁŽŁ„Ų§ŁŽ ŲØŁŲÆŁ‘ŁŽ مِنْ Ł†ŁŁŠŁ‘ŁŽŲ©Ł Ł…ŁŁ…ŁŽŁŠŁŁ‘Ų²ŁŽŲ©Ł ؄ِنْ Ł„ŁŽŁ…Ł’ ŁŠŁŲ¬ŁŽŲÆŁŁ‘ŲÆŁ’Ł‡ŁŽŲ§ ŁŁŁŠŁ’ ŁƒŁŁ„ŁŁ‘ ŲŖŁŽŲµŁŽŲ±Ł‘ŁŁŁ ŲØŁŽŲ¹Ł’ŲÆŁŽ Ų§Ł„Ų“ŁŁ‘Ų±ŁŽŲ§Ų”Ł ŲØŁŲ¬ŁŽŁ…ŁŁŠŁ’Ų¹Ł Ų±ŁŽŲ£Ł’Ų³Ł Ų§Ł„Ł’Ł…ŁŽŲ§Ł„Ł Ketahuilah bahwa zakat tijarah memiliki enam syarat sebagai tambahan atas syarat dalam zakat emas dan perak. Pertama, kepemilikan harta tersebut melalui pertukaran meski tidak bersifat murni. Yang demikian karena pertukaran ada 2 jenis; bersifat murni, yaitu yang menjadi rusak karena rusaknya barang imbalannya, seperti menjual dan membeli. Dan bersifat tidak murni, yaitu yang tidak menjadi rusak dengan sebab rusak imbalannya, seperti akad nikah. Syarat kedua, dibarengi dengan niat tijarah begitu terjadi pertukaran, di dalam transaksi itu sendiri atau di tempat transaksi. Yang demikian itu karena sesuatu yang dimiliki dengan jalan pertukaran adakalanya dimaksudkan untuk tijarah dan adakalanya untuk maksud lain, karenanya harus ada niat yang membedakannya jika ia tidak memperbaharui niatnya dalam setiap pengelolaannya setelah membeli dengan seluruh modalnya. Al-Mauhibah Dzi al-Fadhl [3] (Ł‚ŁŽŁˆŁ’Ł„ŁŁ‡Ł ŁˆŁŽŲ§Ł’Ł„Ų„ŁŲ¬ŁŽŲ§Ų±ŁŽŲ©Ł Ł„ŁŁ†ŁŽŁŁ’Ų³ŁŁ‡Ł Ų£ŁŽŁˆŁ’ Ł…ŁŽŲ§Ł„ŁŁ‡Ł) Ų£ŁŽŁŠŁ’ ŁŁŽŲ„ŁŲ°ŁŽŲ§ Ų¢Ų¬ŁŽŲ±ŁŽ Ł†ŁŽŁŁ’Ų³ŁŽŁ‡Ł ŲØŁŲ¹ŁŁˆŁŽŲ¶Ł ŲØŁŁ‚ŁŽŲµŁ’ŲÆŁ Ų§Ł„ŲŖŁŁ‘Ų¬ŁŽŲ§Ų±ŁŽŲ©Ł ŲµŁŽŲ§Ų±ŁŽ Ų°ŁŽŁ„ŁŁƒŁŽ Ų§Ł„Ł’Ų¹ŁŁˆŁŽŲ¶Ł Ł…ŁŽŲ§Ł„ŁŽ ŲŖŁŲ¬ŁŽŲ§Ų±ŁŽŲ©Ł. Ł‚ŁŽŲ§Ł„ŁŽ فِي Ų§Ł„ŲŖŁ‘ŁŲ­Ł’ŁŁŽŲ©Ł ŁˆŁŽŲ§Ł„Ł’Ł…ŁŽŲ§Ł„Ł ŁŠŁŽŁ†Ł’Ł‚ŁŽŲ³ŁŁ…Ł Ų„ŁŁ„ŁŽŁ‰ Ų¹ŁŽŁŠŁ’Ł†Ł ŁˆŁŽŁ…ŁŽŁ†Ł’ŁŁŽŲ¹ŁŽŲ©Ł ŁˆŁŽŲ„ŁŁ†Ł’ Ų¢Ų¬ŁŽŲ±ŁŽŁ‡ŁŽŲ§ ŁŁŽŲ„ŁŁ†Ł’ ŁƒŁŽŲ§Ł†ŁŽŲŖŁ’ Ų§Ł’Ł„Ų£ŁŲ¬Ł’Ų±ŁŽŲ©Ł Ł†ŁŽŁ‚Ł’ŲÆŁ‹Ų§ Ų¹ŁŽŁŠŁ’Ł†Ł‹Ų§ Ų£ŁŽŁˆŁ’ ŲÆŁŽŁŠŁ’Ł†Ł‹Ų§ Ų­ŁŽŲ§Ł„Ų§Ł‹ Ų£ŁŽŁˆŁ’ Ł…ŁŲ¤ŁŽŲ¬Ł‘ŁŽŁ„Ų§Ł‹ ŲŖŁŽŲ£Ł’ŲŖŁŁ‰ ŁŁŁŠŁ’Ł‡Ł Ł…ŁŽŲ§ ŁŠŁŽŲ£Ł’ŲŖŁŁ‰ Ų£ŁŽŁŠŁ’ Ł…ŁŁ†ŁŽ Ų§Ł„ŲŖŁ‘ŁŽŁŁ’ŲµŁŁŠŁ’Ł„Ł Ų£ŁŽŁˆŁ’ Ų¹ŁŽŲ±Ł’Ų¶Ł‹Ų§ ŁŁŽŲ„ŁŁ†Ł Ų§Ų³Ł’ŲŖŁŽŁ‡Ł’Ł„ŁŽŁƒŁŽŁ‡Ł Ų£ŁŽŁˆŁ’ Ł†ŁŽŁˆŁŽŁ‰ Ł‚ŁŁ†Ł’ŁŠŁŽŲŖŁŽŁ‡Ł ŁŁŽŁ„Ų§ŁŽ Ų²ŁŽŁƒŁŽŲ§Ų©ŁŽ ŁˆŁŽŲ„ŁŁ†Ł’ Ł†ŁŽŁˆŁŽŁ‰ Ų§Ł„ŲŖŁŁ‘Ų¬ŁŽŲ§Ų±ŁŽŲ©ŁŽ ŁŁŁŠŁ’Ł‡Ł Ų§Ų³Ł’ŲŖŁŽŁ…ŁŽŲ±Ł‘ŁŽŲŖŁ’ Ų²ŁŽŁƒŁŽŲ§Ų©Ł Ų§Ł„ŲŖŁŁ‘Ų¬ŁŽŲ§Ų±ŁŽŲ©Ł ŁˆŁŽŁ‡ŁŽŲ°ŁŽŲ§ ŁŁŁŠŁ’ ŁƒŁŁ„ŁŁ‘ Ų¹ŁŽŲ§Ł…Ł (Ungkapan penulis: ā€œDan menyewakan diri atau hartanya.ā€), yakni jika seseorang menyewakan dirinya dengan suatu imbalan dengan maksud tijarah, maka imbalan tersebut menjadi harta tijarah. Ibn Hajar al-Haitami dalam Thuhfah al-Muhtaj mengatakan: ā€œHarta itu terbagi 2 macam; benda dan manfaat. Jika seseorang menyewakannya, maka jika upahnya berupa mata uang kontan atau dengan dihutang langsung atau bertempo, maka padanya berlaku perincian hukum. Atau berupa barang, maka jika ia menghabiskannya atau berniat menyimpannya, maka tidak ada kewajiban zakatnya. Dan jika meniati tijarah padanya, maka zakat tijarah terus berlaku padanya, dan ini berlangsung setiap tahun. Minhaj al-Qawim [4] (Ų§Ł„Ų±Ł‘ŁŽŲ§ŲØŁŲ¹Ł Ų£ŁŽŁ†Ł’ ŁŠŁŽŁƒŁŁˆŁ’Ł†ŁŽ Ų§Ł„ŲŖŁ‘ŁŽŁ…Ł’Ł„ŁŁŠŁ’ŁƒŁ ŲØŁŁ…ŁŲ¹ŁŽŲ§ŁˆŁŽŲ¶ŁŽŲ©Ł) Ł…ŁŽŲ­Ł’Ų¶ŁŽŲ©Ł ŁˆŁŽŁ‡ŁŁŠŁŽ Ų§Ł„Ł‘ŁŽŲŖŁŁŠŁ’ ŲŖŁŽŁŁ’Ų³ŁŲÆŁ ŲØŁŁŁŽŲ³ŁŽŲ§ŲÆŁ Ų§Ł„Ł’Ų¹ŁŁˆŁŽŲ¶Ł ŁƒŁŽŲ§Ł„Ł’ŲØŁŽŁŠŁ’Ų¹Ł ŁˆŁŽŲ§Ł„Ł’Ł‡ŁŲØŁŽŲ©Ł ŲØŁŲ«ŁŽŁˆŁŽŲ§ŲØŁ ŁˆŁŽŲ§Ł’Ł„Ų„ŁŲ¬ŁŽŲ§Ų±ŁŽŲ©Ł Ł„ŁŁ†ŁŽŁŁ’Ų³ŁŁ‡Ł Ų£ŁŽŁˆŁ’ Ł…ŁŽŲ§Ł„ŁŁ‡Ł Ų£ŁŽŁˆŁ’ Ł…ŁŽŲ§ Ų§Ų³Ł’ŲŖŁŽŲ£Ł’Ų¬ŁŽŲ±ŁŽŁ‡Ł. Ų£ŁŽŁˆŁ’ ŲŗŁŽŁŠŁ’Ų±Ł Ł…ŁŽŲ­Ł’Ų¶ŁŽŲ©Ł ŁƒŁŽŲ§Ł„ŲµŁŁ‘ŲÆŁŽŲ§Ł‚Ł ŁˆŁŽŲ¹ŁŁˆŁŽŲ¶Ł Ų§Ł„Ł’Ų®ŁŁ„Ł’Ų¹Ł ŁˆŁŽŲµŁŁ„Ł’Ų­Ł Ų§Ł„ŲÆŁ‘ŁŽŁ…Ł. ŲØŁŲ®ŁŁ„Ų§ŁŽŁŁ Ł…ŁŽŲ§ Ł…ŁŽŁ„ŁŽŁƒŁŽŁ‡Ł ŲØŁŲŗŁŽŁŠŁ’Ų±Ł Ł…ŁŲ¹ŁŽŲ§ŁˆŁŽŲ¶ŁŽŲ©Ł ŁƒŁŽŲ§Ł’Ł„Ų„ŁŲ±Ł’Ų«Ł ŁˆŁŽŲ§Ł„Ł’Ł‡ŁŲØŁŽŲ©Ł ŲØŁŁ„Ų§ŁŽ Ų«ŁŽŁˆŁŽŲ§ŲØŁ ŁˆŁŽŲ§Ł„ŲµŁ‘ŁŽŁŠŁ’ŲÆŁ ŁˆŁŽŁ…ŁŽŲ§ Ų§Ł‚Ł’ŲŖŁŽŲ±ŁŽŲ¶ŁŽŁ‡Ł Ų£ŁŽŁˆŁ’ Ł…ŁŽŁ„Ł‘ŁŽŁƒŁŽŁ‡Ł ŲØŁŲ„ŁŁ‚ŁŽŲ§Ł„ŁŽŲ©Ł Ų£ŁŽŁˆŁ’ Ų±ŁŽŲÆŁ‘Ł ŲØŁŲ¹ŁŽŁŠŁ’ŲØŁ ŁŁŽŁ„Ų§ŁŽ Ų²ŁŽŁƒŁŽŲ§Ų©ŁŽ ŁŁŁŠŁ’Ł‡ŁŲŒ ŁˆŁŽŲ„ŁŁ†Ł Ų§Ł‚Ł’ŲŖŁŲ±ŁŁ†ŁŽ بِهِ Ł†ŁŁŠŁ‘ŁŽŲ©Ł Ų§Ł„ŲŖŁŁ‘Ų¬ŁŽŲ§Ų±ŁŽŲ©Ł Ł„ŁŲ£ŁŽŁ†Ł‘ŁŽŁ‡Ł Ł„Ų§ŁŽ ŁŠŁŲ¹ŁŽŲÆŁ‘Ł مِنْ Ų£ŁŽŲ³Ł’ŲØŁŽŲ§ŲØŁŁ‡ŁŽŲ§ Ł„ŁŲ§Ł†Ł’ŲŖŁŁŁŽŲ§Ų”Ł Ų§Ł„Ł’Ł…ŁŲ¹ŁŽŲ§ŁˆŁŽŲ¶ŁŽŲ©Ł (Keempat, kepemilikan terjadi dengan cara pertukaran) yang bersifat murni, yaitu pertukaran yang rusak karena rusaknya barang imbalan, seperti jual beli dan hibah dengan imbalan, menyewakan diri atau hartanya, atau barang yang ia sewa, atau tukar menukar yang tidak bersifat murni, semisal maskawin, imbalan pengganti dalam khulu’ dan perdamaian (dalam kasus) pembunuhan. Berbeda dengan harta yang dimiliki tanpa pertukaran, semisal warisan, hibah murni, berburu, hutang dan harta yang dimiliki melalui pembatalan akad, atau pengembalian barang karena cacat, maka tidak ada zakat padanya, sekalipun dibarengi dengan niat tijarah, karena barang itu tidak dianggap sebagai sebab tijarah, karena tidak adanya pertukaran. Tuhfah al-Muhtaj dan Hawasyi al-Syirwani [5] (ŁˆŁŽŲ„ŁŁ†Ł‘ŁŽŁ…ŁŽŲ§ ŁŠŁŽŲµŁŁŠŁ’Ų±Ł Ų§Ł„Ł’Ų¹ŁŽŲ±Ł’Ų¶Ł Ł„ŁŁ„ŲŖŁŁ‘Ų¬ŁŽŲ§Ų±ŁŽŲ©Ł Ų„ŁŲ°ŁŽŲ§ Ų§Ł‚Ł’ŲŖŁŲ±ŁŁ†ŁŽŲŖŁ’ Ł†ŁŁŠŁ‘ŁŽŲŖŁŁ‡ŁŽŲ§ ŲØŁŁƒŁŽŲ³Ł’ŲØŁŁ‡Ł ŲØŁŁ…ŁŲ¹ŁŽŲ§ŁˆŁŽŲ¶ŁŽŲ©Ł) Ł…ŁŽŲ­Ł’Ų¶ŁŽŲ©Ł ŁˆŁŽŁ‡ŁŁŠŁŽ Ł…ŁŽŲ§ ŲŖŁŽŁŁ’Ų³ŁŲÆŁ ŲØŁŁŁŽŲ³ŁŽŲ§ŲÆŁ Ų¹ŁŁˆŁŽŲ¶ŁŁ‡ŁŽŲ§ (ŁƒŁŽŲ“ŁŲ±ŁŽŲ§Ų”Ł) ŲØŁŲ¹ŁŁˆŁŽŲ¶Ł Ų£ŁŽŁˆŁ’ Ł†ŁŽŁ‚Ł’ŲÆŁ Ų£ŁŽŁˆŁ’ ŲÆŁŽŁŠŁ’Ł†Ł Ų­ŁŽŲ§Ł„Ł Ų£ŁŽŁˆŁ’ Ł…ŁŲ¤ŁŽŲ¬Ł‘ŁŽŁ„Ł ŁˆŁŽŁƒŁŽŲ„ŁŲ¬ŁŽŲ§Ų±ŁŽŲ©Ł Ł„ŁŁ†ŁŽŁŁ’Ų³ŁŁ‡Ł Ų£ŁŽŁˆŁ’ Ł…ŁŽŲ§Ł„ŁŁ‡Ł. ŁˆŁŽŁ…ŁŁ†Ł’Ł‡Ł Ų£ŁŽŁ†Ł’ ŁŠŁŽŲ³Ł’ŲŖŁŽŲ£Ł’Ų¬ŁŲ±ŁŽ Ų§Ł„Ł’Ł…ŁŽŁ†ŁŽŲ§ŁŁŲ¹ŁŽ ŁˆŁŽŁŠŁŲ¤ŁŽŲ¬ŁŁ‘Ų±ŁŁ‡ŁŽŲ§ ŲØŁŁ‚ŁŽŲµŁ’ŲÆŁ Ų§Ł„ŲŖŁŁ‘Ų¬ŁŽŲ§Ų±ŁŽŲ©Ł ŁŁŽŁŁŁŠŁ’Ł…ŁŽŲ§ Ų„ŁŲ°ŁŽŲ§ Ų§Ų³Ł’ŲŖŁŽŲ£Ł’Ų¬ŁŽŲ±ŁŽ Ų£ŁŽŲ±Ł’Ų¶Ł‹Ų§ Ł„ŁŁŠŁŲ¤ŁŽŲ¬Ł‘ŁŲ±ŁŽŁ‡ŁŽŲ§ŲØŁŁ‚ŁŽŲµŁ’ŲÆŁ Ų§Ł„ŲŖŁŁ‘Ų¬ŁŽŲ§Ų±ŁŽŲ©Ł ŁŁŽŁ…ŁŽŲ¶ŁŽŁ‰ Ų­ŁŽŁˆŁ’Ł„ŁŒ ŁˆŁŽŁ„ŁŽŁ…Ł’ ŁŠŁŲ¤ŁŽŲ¬ŁŁ‘Ų±Ł’Ł‡ŁŽŲ§ ŲŖŁŽŁ„Ł’Ų²ŁŽŁ…ŁŁ‡Ł Ų²ŁŽŁƒŁŽŲ§Ų©Ł Ų§Ł„ŲŖŁŁ‘Ų¬ŁŽŲ§Ų±ŁŽŲ©Ł, ŁŁŽŁŠŁŁ‚ŁŽŁˆŁŁ‘Ł…ŁŁ‡ŁŽŲ§ ŲØŁŲ£ŁŲ¬Ł’Ų±ŁŽŲ©Ł الْمِثْلِ Ų­ŁŽŁˆŁ’Ł„Ų§Ł‹ ŁˆŁŽŁŠŁŲ®Ł’Ų±ŁŲ¬Ł Ų²ŁŽŁƒŁŽŲ§Ų©ŁŽ ŲŖŁŁ„Ł’ŁƒŁŽ Ų§Ł’Ł„Ų£ŁŲ¬Ł’Ų±ŁŽŲ©Ł ŁˆŁŽŲ„ŁŁ†Ł’ Ł„ŁŽŁ…Ł’ ŲŖŁŽŲ­Ł’ŲµŁŁ„Ł’ Ł„ŁŽŁ‡Ł Ł„ŁŲ£ŁŽŁ†Ł‘ŁŽŁ‡Ł Ų­ŁŽŲ§Ł„ŁŽ Ų§Ł„Ł’Ų­ŁŽŁˆŁ’Ł„Ł Ų¹ŁŽŁ„ŁŽŁ‰ Ł…ŁŽŲ§Ł„Ł Ł„ŁŁ„ŲŖŁŁ‘Ų¬ŁŽŲ§Ų±ŁŽŲ©Ł Ų¹ŁŁ†Ł’ŲÆŁŽŁ‡Ł, ŁˆŁŽŲ§Ł„Ł’Ł…ŁŽŲ§Ł„Ł ŁŠŁŽŁ†Ł’Ł‚ŁŽŲ³ŁŁ…Ł Ų„ŁŁ„ŁŽŁ‰ Ų¹ŁŽŁŠŁ’Ł†Ł ŁˆŁŽŁ…ŁŽŁ†Ł’ŁŁŽŲ¹ŁŽŲ©ŁŲŒ ŁˆŁŽŲ„Ł†Ł’ Ų¢Ų¬ŁŽŲ±ŁŽŁ‡ŁŽŲ§ ŁŁŽŲ„ŁŁ†Ł’ ŁƒŁŽŲ§Ł†ŁŽŲŖŁ’ Ų§Ł’Ł„Ų£ŁŲ¬Ł’Ų±ŁŽŲ©Ł Ł†ŁŽŁ‚Ł’ŲÆŁ‹Ų§ Ų¹ŁŽŁŠŁ’Ł†Ł‹Ų§ Ų£ŁŽŁˆŁ’ ŲÆŁŽŁŠŁ’Ł†Ł‹Ų§ Ų­ŁŽŲ§Ł„Ų§Ł‹ Ų£ŁŽŁˆŁ’ Ł…ŁŲ¤ŁŽŲ¬Ł‘ŁŽŁ„Ų§Ł‹ ŲŖŁŽŲ£Ł’ŲŖŁŁ‰ ŁŁŁŠŁ’Ł‡Ł Ł…ŁŽŲ§ Ł…ŁŽŲ±Ł‘ŁŽ (Ł‚ŁŽŁˆŁ’Ł„ŁŁ‡Ł ŁˆŁŽŁƒŁŽŲ„ŁŲ¬ŁŽŲ§Ų±ŁŽŲ©Ł Ł„ŁŁ†ŁŽŁŁ’Ų³ŁŁ‡Ł Ų£ŁŽŁˆŁ’ Ł…ŁŽŲ§Ł„ŁŁ‡Ł ؄لخ) Ų¹ŁŲØŁŽŲ§Ų±ŁŽŲ©Ł Ų§Ł„Ł’Ł…ŁŲŗŁ’Ł†ŁŁ‰ ŁˆŁŽŲ§Ł„Ł†ŁŁ‘Ł‡ŁŽŲ§ŁŠŁŽŲ©Ł : ŁˆŁŽŁ…ŁŁ†ŁŽ Ų§Ł„Ł’Ł…ŁŽŁ…Ł’Ł„ŁŁˆŁ’ŁƒŁ ŲØŁŁ…ŁŲ¹ŁŽŲ§ŁˆŁŽŲ¶ŁŽŲ©Ł Ł…ŁŽŲ§ Ų¢Ų¬ŁŽŲ±ŁŽŁ‡Ł بِهِ Ł†ŁŽŁŁ’Ų³ŁŽŁ‡Ł Ų£ŁŽŁˆŁ’ Ł…ŁŽŲ§Ł„ŁŽŁ‡Ł Ų£ŁŽŁˆŁ’ Ł…ŁŽŲ§ Ų§Ų³Ł’ŲŖŁŽŲ£Ł’Ų¬ŁŽŲ±ŁŽŁ‡Ł Ų£ŁŽŁˆŁ’ Ł…ŁŽŁ†Ł’ŁŁŽŲ¹ŁŽŲ©Ł Ł…ŁŽŲ§ Ų§Ų³Ł’ŲŖŁŽŲ£Ł’Ų¬ŁŽŲ±ŁŽŁ‡Ł ŲØŁŲ£ŁŽŁ†Ł’ ŁƒŁŽŲ§Ł†ŁŽ ŁŠŁŽŲ³Ł’ŲŖŁŽŲ£Ł’Ų¬ŁŲ±Ł Ų§Ł„Ł’Ł…ŁŽŁ†ŁŽŲ§ŁŁŲ¹ŁŽ ŁˆŁŽŁŠŁŲ¤ŁŽŲ¬Ł‘ŁŲ±ŁŁ‡ŁŽŲ§ ŲØŁŁ‚ŁŽŲµŁ’ŲÆŁ Ų§Ł„ŲŖŁ‘ŁŲ¬ŁŽŲ§Ų±ŁŽŲ©Ł Ų§ هـ ŁˆŁŽŁƒŁŽŲ°ŁŽŲ§ فِي Ų§Ł„Ł’Ų¹ŁŲØŁŽŲ§ŲØŁ ŁˆŁŽŲ“ŁŽŲ±Ł’Ų­ŁŁ‡Ł Ų„ŁŁ„Ų§Ł‘ŁŽ Ų£ŁŽŁ†Ł‘ŁŽŁ‡Ł Ų£ŁŽŲØŁ’ŲÆŁŽŁ„ŁŽ Ų§Ł„Ł’Ł…ŁŽŁ†ŁŽŲ§ŁŁŲ¹ŁŽ ŲØŁŲ§Ł„Ł’Ł…ŁŲ³Ł’ŲŖŁŽŲŗŁŽŁ„Ų§Ł‘ŁŽŲŖŁŲŒ ŁˆŁŽŁŁŁŠ Ų§Ł„Ų±Ł‘ŁŽŁˆŁ’Ų¶Ł ŁˆŁŽŲ“ŁŽŲ±Ł’Ų­ŁŁ‡Ł Ų„ŁŁ„Ų§Ł‘ŁŽ Ł‚ŁŽŁˆŁ’Ł„ŁŽŁ‡ŁŁ…Ł’ ŲØŁŲ£ŁŽŁ†Ł’ ŁƒŁŽŲ§Ł†ŁŽ ؄لخ Ł‚ŁŽŲ§Ł„ŁŽ سم ŁˆŁŽŁ‚ŁŽŁˆŁ’Ł„ŁŁ‡Ł Ų£ŁŽŁˆŁ’ Ł…ŁŽŲ§ Ų§Ų³Ł’ŲŖŁŽŲ£Ł’Ų¬ŁŽŲ±ŁŽŁ‡Ł Ų¹ŁŽŲ·Ł’ŁŁŒ Ų¹ŁŽŁ„ŁŽŁ‰ Ł†ŁŽŁŁ’Ų³ŁŁ‡Ł Ų£ŁŽŁŠŁ’ مِنْ Ų§Ł„Ł’Ł…ŁŽŁ…Ł’Ł„ŁŁˆŁƒŁ ŲØŁŁ…ŁŲ¹ŁŽŲ§ŁˆŁŽŲ¶ŁŽŲ©Ł Ł…ŁŽŲ§ Ų¢Ų¬ŁŽŲ±ŁŽ بِهِ Ł…ŁŽŲ§ Ų§Ų³Ł’ŲŖŁŽŲ£Ł’Ų¬ŁŽŲ±ŁŽŁ‡Ł ŁˆŁŽŁ‚ŁŽŁˆŁ’Ł„ŁŁ‡Ł Ų£ŁŽŁˆŁ’ Ł…ŁŽŁ†Ł’ŁŁŽŲ¹ŁŽŲ©Ł Ł…ŁŽŲ§ Ų§Ų³Ł’ŲŖŁŽŲ£Ł’Ų¬ŁŽŲ±ŁŽŁ‡Ł Ų¹ŁŽŲ·Ł’ŁŁŒ Ų¹ŁŽŁ„ŁŽŁ‰ Ł‚ŁŽŁˆŁ’Ł„ŁŁ‡Ł Ł…ŁŽŲ§ مِنْ Ł‚ŁŽŁˆŁ’Ł„ŁŁ‡Ł Ł…ŁŽŲ§ Ų¢Ų¬ŁŽŲ±ŁŽ بِهِ Ł†ŁŽŁŁ’Ų³ŁŽŁ‡Ł Ų£ŁŽŁŠŁ’ مِنْ Ų§Ł„Ł’Ł…ŁŽŁ…Ł’Ł„ŁŁˆŁƒŁ ŲØŁŁ…ŁŲ¹ŁŽŲ§ŁˆŁŽŲ¶ŁŽŲ©Ł Ł…ŁŽŁ†Ł’ŁŁŽŲ¹ŁŽŲ©Ł Ł…ŁŽŲ§ Ų§Ų³Ł’ŲŖŁŽŲ£Ł’Ų¬ŁŽŲ±ŁŽŁ‡Ł ŁƒŁŽŲ°ŁŽŲ§ ŁŠŁŽŲøŁ’Ł‡ŁŽŲ±Ł فِي Ł…ŁŽŲ¹Ł’Ł†ŁŽŁ‰ Ł‡ŁŽŲ°ŁŁ‡Ł Ų§Ł„Ł’Ų¹ŁŲØŁŽŲ§Ų±ŁŽŲ©Ł Ų§Ł„Ł‘ŁŽŲ°ŁŁŠ Ł‚ŁŽŲÆŁ’ ŁŠŁŽŁ„Ł’ŲŖŁŽŲØŁŲ³Ł ŁŁŽŁ„Ł’ŁŠŁŲŖŁŽŲ£ŁŽŁ…Ł‘ŁŽŁ„Ł’ Ų§ هـ ŁˆŁŽŁ‚ŁŽŲ§Ł„ŁŽ Ų¹ Ų“ Ł‚ŁŽŁˆŁ’Ł„ŁŁ‡Ł Ų£ŁŽŁˆŁ’ Ł…ŁŽŁ†Ł’ŁŁŽŲ¹ŁŽŲ©ŁŽ Ł…ŁŽŲ§ Ų§Ų³Ł’ŲŖŁŽŲ£Ł’Ų¬ŁŽŲ±ŁŽŁ‡Ł ŁŠŁŲŖŁŽŲ£ŁŽŁ…Ł‘ŁŽŁ„Ł Ų§Ł„Ł’ŁŁŽŲ±Ł’Ł‚Ł ŲØŁŽŁŠŁ’Ł†ŁŽ Ł‡ŁŽŲ°ŁŁ‡Ł ŁˆŁŽŁ…ŁŽŲ§ Ł‚ŁŽŲØŁ’Ł„ŁŽŁ‡ŁŽŲ§ ŁŁŽŲ„ŁŁ†Ł‘ŁŽ Ų§Ł’Ł„Ų„ŁŲ¬ŁŽŲ§Ų±ŁŽŲ©ŁŽ ŁˆŁŽŲ„ŁŁ†Ł’ ŁˆŁŽŲ±ŁŽŲÆŁŽŲŖŁ’ Ų¹ŁŽŁ„ŁŽŁ‰ Ų§Ł„Ł’Ų¹ŁŽŁŠŁ’Ł†Ł Ł…ŁŲŖŁŽŲ¹ŁŽŁ„ŁŁ‘Ł‚ŁŽŲ©ŁŒ ŲØŁŁ…ŁŽŁ†Ł’ŁŁŽŲ¹ŁŽŲŖŁŁ‡ŁŽŲ§ ŁˆŁŽŁ‚ŁŽŲÆŁ’ ŁŠŁŁ‚ŁŽŲ§Ł„Ł Ų§Ł„Ł’ŁŁŽŲ±Ł’Ł‚Ł ŲøŁŽŲ§Ł‡ŁŲ±ŁŒ Ł„ŁŲ£ŁŽŁ†Ł‘ŁŽ Ų§Ł„Ł’Ł…ŁŲ±ŁŽŲ§ŲÆŁŽ مِنْ Ł‚ŁŽŁˆŁ’Ł„ŁŁ‡Ł Ų£ŁŽŁˆŁ’ Ł…ŁŽŲ§ Ų§Ų³Ł’ŲŖŁŽŲ£Ł’Ų¬ŁŽŲ±ŁŽŁ‡Ł Ų§Ł„Ł’Ų¹ŁŁˆŁŽŲ¶Ł Ų§Ł„Ł‘ŁŽŲ°ŁŁŠŁ’ Ų£ŁŽŲ®ŁŽŲ°ŁŽŁ‡Ł Ų¹ŁŽŁ†Ł’ Ł…ŁŽŁ†Ł’ŁŁŽŲ¹ŁŽŲ©Ł Ł…ŁŽŲ§ Ų§Ų³Ł’ŲŖŁŽŲ£Ł’Ų¬ŁŽŲ±ŁŽŁ‡Ł ŲØŁŲ£ŁŽŁ†Ł’ Ų¢Ų¬ŁŽŲ±ŁŽŁ‡Ł Ł…ŁŽŲ§ Ų§Ų³Ł’ŲŖŁŽŲ£Ł’Ų¬ŁŽŲ±ŁŽŁ‡Ł ŲØŁŲÆŁŽŲ±ŁŽŲ§Ł‡ŁŁ…ŁŽ ŁŁŽŁ‡ŁŁŠŁŽ Ł…ŁŽŲ§Ł„Ł ŲŖŁŲ¬ŁŽŲ§Ų±ŁŽŲ©ŁŲŒ ŁˆŁŽŁ…ŁŁ†Ł’ Ł‚ŁŽŁˆŁ’Ł„ŁŁ‡Ł : Ų£ŁŽŁˆŁ’ Ł…ŁŽŁ†Ł’ŁŁŽŲ¹ŁŽŲ©ŁŽ ؄لخ Ł†ŁŽŁŁ’Ų³Ł Ų§Ł„Ł’Ł…ŁŽŁ†Ł’ŁŁŽŲ¹ŁŽŲ©Ł ŁƒŁŽŲ£ŁŽŁ†Ł’ Ų§Ų³Ł’ŲŖŁŽŲ£Ł’Ų¬ŁŽŲ±ŁŽ Ų£ŁŽŁ…ŁŽŲ§ŁƒŁŁ†ŁŽ ŲØŁŁ‚ŁŽŲµŁ’ŲÆŁ Ų§Ł„ŲŖŁŁ‘Ų¬ŁŽŲ§Ų±ŁŽŲ©Ł ŁŁŽŁ…ŁŽŁ†ŁŽŲ§ŁŁŲ¹ŁŁ‡ŁŽŲ§ Ł…ŁŽŲ§Ł„Ł Ų§Ł„ŲŖŁŁ‘Ų¬ŁŽŲ§Ų±ŁŽŲ©Ł. انتهى. ŁŁŽŲ§Ł„Ł’Ł…ŁŲ±ŁŽŲ§ŲÆŁ مِنْ Ł‚ŁŽŁˆŁ’Ł„ŁŁ‡ŁŁ…Ł’ : Ų£ŁŽŁˆŁ’ Ł…ŁŽŁ†Ł’ŁŁŽŲ¹ŁŽŲ©ŁŽ ؄لخ Ł…ŁŽŲ§ Ų°ŁŽŁƒŁŽŲ±ŁŽŁ‡ŁŽ Ų§Ł„Ų“Ł‘ŁŽŲ§Ų±ŁŲ­Ł ŲØŁŁ‚ŁŽŁˆŁ’Ł„ŁŁ‡Ł : ŁˆŁŽŁ…ŁŁ†Ł’Ł‡Ł Ų£ŁŽŁ†Ł’ ŁŠŁŽŲ³Ł’ŲŖŁŽŲ£Ł’Ų¬ŁŲ±ŁŽ Ų§Ł„Ł’Ł…ŁŽŁ†ŁŽŲ§ŁŁŲ¹ŁŽ ؄لخ (Suatu barang dapat diperuntukkan tijarah bila niat tijarahnya dibarengi dengan usaha mendapatkannya dengan cara pertukaran) murni, yaitu yang rusak sebab rusaknya imbalan, (seperti membeli), baik dengan ganti barang atau uang, hutang hal -yang wajib dilunasi ketika ditagih- ataupun hutang mu’ajjal -yang wajib dilunasi ketika sampai waktu tertentu-, dan seperti menyewakan diri atau hartanya. Termasuk di antaranya adalah ia menyewa suatu manfaat dan menyewakannya dengan maksud tijarah. Maka dalam hal apabila orang menyewa tanah untuk disewakan kembali dengan maksud tijarah, lalu telah lewat masa setahun namun belum disewakannya, maka ia terkena wajib zakat tijarah. Lalu ia hitung tanah itu dengan harga sewa standar selama setahun dan ia keluarkan zakat harga sewa tersebut, meski ia tidak mendapatkannya. Sebab telah lewat masa setahun pada harta tijarah yang dimilikinya. Sementara harta itu terbagi dua jenis; benda dan manfaat barang. Jika tanah tersebut disewakan, maka jika ongkos sewanya kontan, hutang hal atau hutang muajjal, maka padanya berlaku hukum yang telah disebutkan. (Ungkapan Ibn Hajar al-Haitami: ā€œDan seperti menyewakan diri atau hartanya …), redaksi dalam kitab Mughni al-Muhtaj dan Nihayah al-Muhtaj: ā€œTermasuk harta yang dimiliki dengan cara pertukaran adalah upah atas penyewaan diri atau harta seseorang, barang yang disewanya atau manfaat barang yang disewanya, yakni ia menyewa suatu manfaat dan menyewakannya dengan maksud tijarah.ā€ Sampai di sini redaksi dua kitab tersebut. Demikian pula dalam kitab al-ā€˜Ubab dan Syarhnya, hanya saja al-Nawawi dan Ibn Hajar mengganti kata Ų§Ł„Ł’Ł…ŁŽŁ†ŁŽŲ§ŁŁŲ¹ŁŽ -jasa- dengan Ų§Ł„Ł’Ł…ŁŲ³Ł’ŲŖŁŽŲŗŁŽŁ„Ų§Ł‘ŁŽŲŖŁ (barang produktif/alat kerja). Dan -redaksi itu disebut- dalam kitab Raudh al-Thalib dan Syarhnya kecuali ucapan mereka: ā€œYakni ā€¦ā€. Ibn Qasim al-ā€˜Abbadi Berkata: ā€œUngkapan beliau: ā€œBarang yang disewanya.ā€ ā€˜athaf pada kata Ł†ŁŽŁŁ’Ų³ŁŽŁ‡Ł, artinya termasuk harta yang dimiliki dengan jalan pertukaran adalah upah dari barang yang ia sewa. Demikianlah makna yang jelas dari redaksi ini yang terkadang menjadi samar -bagi sebagian orang-, maka renungkanlah!. Dan Ali Syibamallisi berkata: ā€œUngkapan al-Ramli -dalam Nihayah al-Muhtaj di atas: ā€œAtau manfaat barang yang disewanya.ā€, kajilah perbedaan antara redaksi ini dengan redaksi sebelumnya. Sebab, meski akad sewa terjadi pada barang, namun berkaitan dengan manfaatnya. Kadang dikatakan: ā€œPerbedaannya jelasā€. Karena maksud ucapan beliau: ā€œBarang yang disewanya.ā€ adalah upah yang diambil dari manfaat barang yang disewanya, yakni ia menyewakan barang yang disewanya dengan upah beberapa dirham, maka dirham tersebut merupakan harta tijarah. Dan maksud ucapan beliau: ā€œAtau manfaat ā€¦ā€ adalah manfaat itu sendiri.ā€ Sampai di sini ungkpan Ali Sibramallisi. Maka maksud perkataan mereka: ā€œAtau manfaat ā€¦ā€ adalah makna yang disampaikan al-Syarih -Ibn Hajar- dengan ungkapannya: ā€Termasuk di antaranya adalah ia menyewa ā€¦ā€. (*) [1] Muhammad al-Khatib al-Syirbini, Mughni al-Muhtaj ila Ma’rifah Alfazh al-Minhaj, (Mesir: al-Tujjariyah al-Kubra, t. th.), Jilid I, h. 398. [2] Muhammad Syaththa al-Dimyati, I’anah al-Thalibin, (Beirut: Dar al-Fikr, 1997) Jilid II, h. 173. [3] Mahfud al-Termasi, Mauhibah Dzi al-Fadhl, (Mesir: al-Amirah al-Syarafiyah, 1362 H), Jilid IV, h. 31. [4] Ibn Hajar al-Haitami, Minhaj al-Qawim pada Mauhibah Dzi al-Fadhl, (Mesir: al-Amirah al-Syarafiyah, 1362 H),Jilid IV, h. 31-33. [5] Ibn Hajar dan Abdul Hamid al-Syirwani, Tuhfah al-Muhtaj dan Hawasyi al-Syirwani pada Hawasyai al-Syarwani wa al-ā€˜Ubbadi, (Beirut: Dar al-Fikr, t. th.), Jilid III, h. 295-296. Sumber: Ahkamul Fuqaha no. 432 Hasil keputusan Musyawarah Nasional Alim Ulama Nahdlatul Ulama di Asrama Haji Pondok Gede Jakarta 25-28 Juli 2002/14-17 Rabiul Akhir 1423 Tentang : Masail Diniyyah Waqi’iyyah Ā