• logo nu online
Home Warta Syiar Bahtsul Masail Keislaman Khutbah Teras Kiai Pernik Kiai Menjawab Pendidikan Opini Literasi Mitra Pemerintahan Ekonomi Tokoh Seni Budaya Lainnya
Senin, 5 Desember 2022

Warta

PTNU STISDA Lampung Tengah Ikuti Pendampingan Penyusunan Borang Akreditasi Prodi

PTNU STISDA Lampung Tengah Ikuti Pendampingan Penyusunan Borang Akreditasi Prodi
Pendampingan Penyusunan Borang Akreditas Prodi
Pendampingan Penyusunan Borang Akreditas Prodi

Bandar Lampung, NU Online Lampung

Perguruan Tinggi Nahdlatul Ulama (PTNU) yakni Sekolah Tinggi Ilmu Syari’ah Darusy Syafa’ah (STISDA) Lampung Tengah, mengikuti rapat koordinasi (Rakor) sekaligus pendampingan penyusunan borang akreditasi program studi Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta (PTKIS), Koordinatorat Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta (Kopertais) Wilayah XV Provinsi Lampung. 


Kegiatan ini dilaksanakan di Hotel Novotel, Kecamatan Bumi Waras, Bandar Lampung, pada Selasa-Rabu, (24-25/5/2022).


Ketua Program Studi Ekonomi Syariah STISDA Lampung Tengah, Arif Ismunandar mengatakan, Rakor yang digelar oleh Kopertais Wilayah XV Provinsi Lampung ini sangat penting sebagai media silaturahim akademik antar pimpinan perguruan tinggi. 


“Kegiatan ini juga sebagai sarana saling bertukar pengalaman, ide, dan gagasan untuk pengembangan dan kemajuan kualitas perguruan tinggi, meliputi tentang jurnal, website kampus, penelitian, minat bakat mahasiswa, sekaligus penyusunan borang akreditasi program studi perguruan tinggi dan lain-lain,” ujarnya.


Lebih lanjut ia mengatakan ruhnya Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta (PTKIS) harus mempunyai standarisasi dan mampu menyusun borang akreditasi program studi, akreditasi sekolah tinggi, akreditasi institut, maupun akreditasi universitas. 


Sekretaris Kopertais XV Provinsi Lampung, Sa’idy mengatakan, adapun materi yang disampaikan dalam Rapat Koordinasi (Rakor) Kopertais antara lain peran Kopertais dalam peningkatan mutu PTKIS, standar Nasional Dikti, serta sistem akreditasi BAN-PT, dan LAM. 


Kemudian penjelasan dan praktik penyusunan visi dan misi tujuan dan sasaran. Penyusunan dan praktik penyusunan kriteria tata pamong, tata kelola, dan kerja sama. Serta penyusunan dan praktik kriteria mahasiswa. 


“Materi selanjutnya yaitu penyusunan dan praktik penyusunan kriteria sumber daya manusia. Penyusunan dan praktik dan penyusunan kriteria keuangan dan sarana dan prasarana. Penyusunan dan praktik penyusunan kriteria pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Penyusunan dan praktik penyusunan kriteria luaran dan capaian tri dharma,” ungkapnya. 


Turut hadir dalam kesempatan ini Rektor UIN Raden Intan Lampung Prof Wan Jamaluddin, Wakil Rektor II UIN Raden Intan Dr Safari Daud, Sekretaris Kopertais XV Provinsi Lampung, Sa’idy, kemudian Prof Alamsyah, dan Prof Murhadi dari LP2M Universitas Lampung. 


Saat ini KOPERTAIS XV Provinsi Lampung adalah bagian lembaga yang membantu Kementerian Agama Republik Indonesia khususnya dalam Pendidikan Tinggi Islam, saat ini menaungi Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta (PTKIS) yang tersebar di 15 Kabupaten / Kota se-Provinsi Lampung. (Akhmad Syarief Kurniawan)
 


Warta Terbaru