• logo nu online
Home Warta Syiar Bahtsul Masail Keislaman Khutbah Teras Kiai Pernik Kiai Menjawab Pendidikan Opini Literasi Mitra Pemerintahan Ekonomi Tokoh Seni Budaya Lainnya
Minggu, 5 Februari 2023

Warta

Prof Wan Jamaluddin Terpilih sebagai Pejabat Ketua PWNU Lampung

Prof Wan Jamaluddin Terpilih sebagai Pejabat Ketua PWNU Lampung
Pemilihan dan penetapan Prof Wan Jamaluddin sebagai Pj Ketua PWNU Lampung (Foto: Istimewa)
Pemilihan dan penetapan Prof Wan Jamaluddin sebagai Pj Ketua PWNU Lampung (Foto: Istimewa)

Lampung Tengah, NU Online Lampung

Prof Wan Jamaluddin terpilih sebagai Pejabat (Pj) Ketua Tanfidziyah Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Lampung dalam pemilihan yang digelar di Pondok Pesantren Darussa'adah, Seputih Jaya, Kecamatan Gunung Sugih, Kabupaten Lampung Tengah, Jumat (30/9/2022) petang.

 

Prof Wan Jamaluddin menjadi Pj Ketua PWNU Lampung melanjutkan kepengurusan masa khidmah 2018-2023. Terpilihnya Wakil Ketua PWNU Lampung itu merupakan usulan peserta musyawarah yaitu jajaran  mustasyar, syuriyah, dan tanfidziyah PWNU Lampung, serta lembaga dan badan otonom.

 

Setelah disepakati, Prof Wan yang merupakan Rektor UIN Raden Intan Lampung itu kemudian ditetapkan oleh Rais Syuriyah PWNU Lampung,  KH Muhsin Abdillah.

 

Dalam sambutannya Kiai Muhsin mengutip hadis Nabi yang berbunyi alayka bis shawadil a'dzom yang artinya berdasarkan usulan terbanyak pada musyawarah maka memilih Prof Wan.

 

"Dengan mengucap bismillahirrahmanirahim, dengan hati murni memilih dan menetapkan Prof Wan Jamaluddin sebagai Pejabat Ketua PWNU Lampung," katanya.

 

Pj Ketua PWNU Lampung, Prof Wan Jamaluddin mengatakan, innalillahi wa inna ilaihi roji'un, semua yang ada akan kembali kepada Allah, dan atas amanah yang telah diberikan.

 

"Apa yang dikatakan Rais Syuriyah, saya tidak bisa menolak dan sami'na wa atho'na (kami dengar dan taat)," katanya.

 

Sebagaimana diketahui sebelumnya dalam rapat harian syuriyah dan tanfidziyah pada Rabu, 8 September 2022 lalu, Ketua PWNU Lampung, Prof KH Moh Mukri mengundurkan diri secara tertulis dan lisan karena mengemban amanah sebagai Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU). 

(Dian Ramadhan)


Warta Terbaru