• logo nu online
Home Warta Syiar Bahtsul Masail Keislaman Khutbah Teras Kiai Pernik Kiai Menjawab Pendidikan Opini Literasi Mitra Pemerintahan Ekonomi Tokoh Seni Budaya Lainnya
Senin, 30 Januari 2023

Warta

Pelatihan Jurnalistik, Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Guru dan Siswa Yayasan Pesantren Sunan Ampel

Pelatihan Jurnalistik, Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Guru dan Siswa Yayasan Pesantren Sunan Ampel
Foto bersama dengan Peserta Pelatihan Jurnalistik Pesantren Sunan Ampel Punggur
Foto bersama dengan Peserta Pelatihan Jurnalistik Pesantren Sunan Ampel Punggur

Lampung Tengah, NU Online Lampung
Yayasan Pesantren Sunan Ampel menyelenggarakan pelatihan Jurnalistik guna meningkatkan kemampuan guru dan siswa dalam menulis pada Senin, (19/2/2022) di Pesantren Sunan Ampel, Dusun Mulyokaton, Kampung Totokaton, Kecamatan Punggur, Lampung Tengah. Kegiatan ini dilaksanakan untuk meningkatkan kemampuan dalam bidang menulis bagi para guru dan siswa.

 

Pelatihan ilmu jurnalistik ini diselenggarakan untuk pertama kali di Yayasan Pesantren Sunan Ampel. Pada pelatihan ini pemateri diisi oleh Akhmad Syarief Kurniawan dari NU Online Lampung. Adapun peserta dalam pelatihan berjumlah kurang lebih 38 orang yang terdiri dari 11 orang guru SMP dan SMA, serta 27 orang siswa kelas X - XII SMA Sunan Ampel Punggur.

 

Pengasuh Pesantren Sunan Ampel, Gus Alie Fadhilah Musthofa mengatakan, berharap dua hal pasca dari agenda pelatihan jurnalistik ini. pertama, kepada para dewan guru, baik SMA maupun SMP Sunan Ampel, mampu menulis berita secara intensif atau berkelanjutan tentang segala agenda kependidikan di Yayasan Sunan Ampel kita ini, baik dari sisi sejarahnya, capaiaan prestasi peserta didiknya, atau dari sisi penerimaan peserta didik barunya.

 

“Kedua, kepada para siswa, khususnya pengurus Pimpinan Komisariat (PK) IPNU dan IPPNU SMA Sunan Ampel mulailah berkreasi menulis, mulailah dari yang sederhana," kata alumni Pesantren Wali Songo Bumiratu Nuban, Lampung Tengah ini.

 

Menurutnya, ruang publik berupa Majalah Dinding (Mading) sekolah ini dimanfaatkan semaksimal mungkin, isilah mading tersebut dengan tulisan yang bermakna.

 

Dalam pelatihan ini Fredi selaku Penanggung Jawab mengatakan, pelatihan jurnalistik ini sangat penting bagi siswa dan guru di SMA dan SMP Sunan Ampel Punggur. "Maka pihak Yayasan mengadakan pelatihan Jurnalistik bagi guru dan siswa di sekolah," ujarnya.

 

Pemateri Jurnalistik, Akhmad Syarief Kurniawan mengatakan, contoh cara menulis berita yang baik dan benar adalah bagaimana tulisan ataupun kata-kata yang sesuai dengan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). "Agar tulisan itu dikemas secara baik dan lebih mudah dipahami oleh pembaca," ungkapnya.

 

Lebih lanjut ia mengatakan, kita harus dapat menulis berita, agar tidak gaptek (gagap teknologi) ataupun tidak ketinggalan zaman. Karena perlu mengembangkan potensi menulis yang ada pada diri kita agar semua orang mengetahui informasi yang diberikan.

 

Pelatihan ilmu Jurrnalistik ini diakhiri dengan simulasi dalam menulis berita dengan unsur-unsur yang telah diberikan oleh pemateri.

(Ahmad Maulana Kahfi)


Warta Terbaru