• logo nu online
Home Warta Syiar Bahtsul Masail Keislaman Khutbah Teras Kiai Pernik Kiai Menjawab Pendidikan Opini Literasi Mitra Pemerintahan Ekonomi Tokoh Seni Budaya Lainnya
Senin, 5 Desember 2022

Warta

Kanwil Kemenag Lampung Raih Terbaik I Kompetisi Film Pendek Islami

Kanwil Kemenag Lampung Raih Terbaik I Kompetisi Film Pendek Islami
Kanwil Kemenag Lampung Raih Terbaik I Kompetisi Film Pendek Islami
Kanwil Kemenag Lampung Raih Terbaik I Kompetisi Film Pendek Islami

Jakarta, NU Online Lampung
Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi lampung meraih prestasi sebagai Terbaik I pada ajang Kompetisi Film Pendek Islami Tahun 2022. Penganugerahan prestasi ini diberikan langsung Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas kepada Kakanwil Kemenag Lampung Puji Raharjo pada malam penganugerahan Kompetisi Film Pendek Islami Tahun 2022 di Hotel Grand Mercure Kemayoran, Jakarta, Jumat (22/7/2022) malam.


Nominasi terbaik I ini dianugerahkan karena Kanwil Kemenag Lampung menjadi pengirim film paling banyak untuk ikut serta pada kompetisi bergengsi tahunan tersebut. Kanwil Kementerian Agama mengikutsertakan 60 film dari 400 film yang ikut serta sekaligus mengungguli Kanwil Jawa Tengah dan Jogjakarta yang menjadi terbaik II dan III.


Sebelumnya, Kanwil Kemenag Lampung memang telah melakukan seleksi Film Pendek Islami tahun 2022 dengan tema “Ku Syiarkan Islam dengan Caraku”. Kompetisi untuk level Lampung ini memperebutkan hadiah puluhan juta rupiah. Seleksi tingkat provinsi ini diikuti oleh banyak elemen khususnya para siswa dan siswi madrasah, santri pondok pesantren, para mahasiswa, penyuluh, dan pemuda-pemudi Islam.


Selain meraih kategori Kanwil Terbaik, Film pendek dari Lampung juga meraih juara harapan II dalam kompetisi tingkat nasional ini. Film berjudul Pejuang Surga yang disutradarai oleh Zanuar Bayu Kuntadi menjadi 1 dari enam nominator juara.


Prestasi ini menurut Puji merupakan bukti bahwa generasi muda Lampung memiliki kreativitas tinggi dalam mensyiarkan Islam melalui dunia digital. Tren positif ini harus terus dipupuk dan ditingkatkan agar dunia digital terus diisi dan diwarnai dengan nilai-nilai positif berupa dakwah Islami.


“Kita berharap film bisa menjadi jalur dakwah baru untuk mendekatkan generasi milenial untuk belajar lebih dalam tentang agama Islam,” katanya kepada NU Online Lampung sesaat setelah menerima anugerah tersebut.


Kompetisi Film Pendek ini diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama RI dengan total hadiah mencapai 1 Miliar Rupiah. Juri pada kompetisi ini berasal dari berbagai elemen perfilman dan aktris senior Christine Hakim dipercaya sebagai ketua juri nasional. (Muhammad Faizin)


Editor:

Warta Terbaru