• logo nu online
Home Warta Syiar Bahtsul Masail Keislaman Khutbah Teras Kiai Pernik Kiai Menjawab Pendidikan Opini Literasi Mitra Pemerintahan Ekonomi Tokoh Seni Budaya Lainnya
Senin, 30 Januari 2023

Warta

Apel dan Orasi Kebangsaan Bakal Warnai Harlah Ke-96 NU di Pringsewu

Apel dan Orasi Kebangsaan Bakal Warnai Harlah Ke-96 NU di Pringsewu
Apel dan Orasi Kebangsaan Bakal Warnai Harlah Ke-96 NU di Pringsewu
Apel dan Orasi Kebangsaan Bakal Warnai Harlah Ke-96 NU di Pringsewu

Pringsewu, NU Online Lampung
Pada 2022 ini, Jamiyyah Nahdlatul Ulama memasuki umur ke-96. Setiap tahunnya, berbagai kegiatan digelar untuk memperingati lahirnya ormas keagamaan terbesar di Indonesia ini di berbagai penjuru Indonesia. Tak terkecuali di Kabupaten Pringsewu, Lampung yang pada tahun ini sudah mengagendakan rangkaian kegiatan.


Di antara agenda kegiatan yang akan dilaksanakan oleh Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU Pringsewu adalah kegiatan akbar Apel dan Orasi Kebangsaan keluarga besar NU. Kegiatan untuk menguatkan kembali komitmen berkhidmah serta menjaga NU dan Indonesia ini akan digelar di lokasi wisata Cakra Pesona Desa Pamenang, Kecamatan Pagelaran pada Ahad (30/1/2022).


“Kegiatan ini digelar satu hari sebelum puncak Harlah Ke-96 yang jatuh pada tanggal 31 Januari 2021. Apel ini untuk kembali menguatkan komitmen dalam ber-NU dan berbangsa,” kata Ketua PCNU Pringsewu H Taufik Qurrohim di sela-sela rapat koordinasi persiapan kegiatan Harlah di gedung NU Pringsewu, Selasa (25/1/2022).


Ia menyebut bahwa penting untuk terus menguatkan hal tersebut pada seluruh elemen bangsa khususnya warga NU di tengah-tengah penetrasi paham-paham intoleran yang memiliki potensi memecah belah bangsa. Saat ini NU selalu menjadi garda terdepan dalam menyatukan seluruh elemen bangsa dalam kebhinekaan.


“Apalagi fenomena intoleransi dengan berbungkus agama saat ini semakin merebak dan masyarakat yang kurang memahami fenomena ini mudah untuk ikut terpancing. Kita perlu bentengi masyarakat dari benih-benih perpecahan dengan kembali menguatkan komitmen kebangsaan,” katanya.


Sementara Ketua Panitia Harlah Ke-96 NU Pringsewu Mustangin mengatakan, selain Apel dan Orasi Kebangsaan yang digelar di lokasi yang berdampingan dengan area genangan Bendungan Way Sekampung ini, pihaknya telah menyusun agenda-agenda lainnya. Di antaranya adalah akan menggelar malam tasyakkuran Harlah yang akan digelar pada Senin (31/1/2022) malam di aula Gedung NU Pringsewu.


“Kegiatan tasyakkuran ini akan diwarnai dengan berbagai agenda di antaranya istighotsah dan LAZISNU Award atau pemberian penghargaan kepada pengurus LAZISNU yang memiliki komitmen tinggi dalam berkhidmah di lembaga tersebut,” katanya.


Kegiatan lain yang mengiringi Harlah tahun ini lanjut Mustangin adalah Pelatihan Wifq (rajah), Lailatul Ijtima’ tingkat kecamatan, Bersih-bersih masjid, ziarah kubra tokoh-tokoh NU di Kabupaten Pringsewu. “Kita juga akan menggelar vaksinasi yang bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Pringsewu untuk mendukung pemerintah dan mengakhiri pandemi Covid-19 ini,” pungkasnya. (Muhammad Faizin)


Editor:

Warta Terbaru