Ila Fadilasari
Penulis
Kematian merupakan hal yang pasti, meski tak seorang pun tahu kapan datangnya. Nabi Muhammad saw menyebut orang yang mempersiapkan dirinya untuk bekal kehidupan setelah mati sebagai orang cerdas. Sebaliknya, orang yang tenggelam dalam nafsu duniawi, disebut Nabi sebagai orang yang lemah.
Dunia sesungguhnya hanyalah tempat kita menanam bekal menuju kehidupan yang kekal nan abadi. Apa yang akan kita terima di akhirat merupakan hasil dari apa yang kita tanam di dunia.Ā Ā
Kepastian akan adanya kematian itu seperti dalam firman Allah:
ŁŁŁŁŁ ŁŁŁŁŲ³Ł Ų°ŁŲ§Ų¦ŁŁŁŲ©Ł Ų§ŁŁŁ ŁŁŁŲŖŁĀ
Artinya:Ā Setiap jiwa pasti merasakan mati (QS Ali āImran ayat 185)Ā
Sedangkan sabda Nabi saw yang menganjurkan kita mempersiapkan menghadapi kematian adalah:Ā
Ā Ų§ŁŁŁŁŁŁŲ³Ł Ł ŁŁŁ ŲÆŁŲ§ŁŁ ŁŁŁŁŲ³ŁŁŁ ŁŁŲ¹ŁŁ ŁŁŁ ŁŁŁ ŁŲ§ ŲØŁŲ¹ŁŲÆŁ Ų§ŁŁŁ ŁŁŁŲŖŁŲ ŁŁŲ§ŁŲ¹ŁŲ§Ų¬ŁŲ²Ł Ł ŁŁŁ Ų£ŁŲŖŁŲØŁŲ¹Ł ŁŁŁŁŲ³ŁŁŁ ŁŁŁŁŲ§ŁŁŲ§ ŁŁŲŖŁŁ ŁŁŁŁŁ Ų¹ŁŁŁŁ Ų§ŁŁŁŁ
Artinya:Ā Orang cerdas adalah orang yang rendah diri dan beramal untuk kehidupan setelah kematian, dan orang lemah adalah orang yang mengikutkan dirinya pada hawa nafsunya dan berangan-angan atas Allah,(HR al-Tirmidzi, Ibnu Majah dan lainnya).Ā Ā Ā Ā
Berikut tips yang dapat kita lakukan dalam mempersiapkan diri menghadapi kematian seperti dilansir dari Tiga Persiapan Menghadapi Kematian.
Ā 1.Ā Mengerjakan amal-amal saleh.Ā
Allah memberikan dua syarat bagi siapa pun yang berharap bertemu dengan-Nya di surga, yaitu beramal saleh dan meninggalkan kesyirikan. Dalam sebuah firman-Nya, Allah swt menyatakan:Ā
ŁŁŁ ŁŁŁ ŁŲ§ŁŁ ŁŁŲ±ŁŲ¬ŁŁŲ§ ŁŁŁŲ§Ų”Ł Ų±ŁŲØŁŁŁŁ ŁŁŁŁŁŁŲ¹ŁŁ ŁŁŁ Ų¹ŁŁ ŁŁŁŲ§ ŲµŲ§ŁŁŲŲ§Ł ŁŁŁŲ§ ŁŁŲ“ŁŲ±ŁŁŁ ŲØŁŲ¹ŁŲØŲ§ŲÆŁŲ©Ł Ų±ŁŲØŁŁŁŁ Ų£ŁŲŁŲÆŲ§Ł
Artinya:Ā Barang siapa yang mengharapkan bertemu Tuhannya maka hendaklah melakukan amal shalih dan janganlah menyekutukan ibadah terhadap Tuhannya dengan suatu apapun (QS al-Kahfi: 110).
Amal saleh yang dimaksud dalam ayat di atas adalah segala bentuk perbuatan baik yang steril dari riya (pamer) dan sesuai dengan tuntunan syariat.Ā
Menurut Syekh Muāadz, sebagaimana dikutif al-Imam al-Baghawi dalam tafsirnya, amal saleh adalah amal yang di dalamnya terdapat empat hal, yakni ilmu, niat, kesabaran dan ikhlas.Ā
Syekh Sahl al-Tustari berkata:
Ā Ų§ŁŁŁŲ¹ŁŁ ŁŁŁ Ų§ŁŲµŁŁŲ§ŁŁŲŁ Ł ŁŲ§ ŁŁŲ§ŁŁ Ų®ŁŲ§ŁŁŁŲ§Ł Ų¹ŁŁŁ Ų§ŁŲ±ŁŁŁŁŲ§Ų”Ł Ł ŁŁŁŁŁŁŲÆŲ§Ł ŲØŁŲ§ŁŲ³ŁŁŁŁŁŲ©ŁĀ
Artinya: Amal saleh adalah amal yang sunyi dari pamer dan diikat dengan (tuntunan) sunah Nabi (Abu Muhammad Sahl bin Abdillah al-Tustari, Tafsir al-Tustari, halaman 98).
Al-Imam al-Baghawi berkata:
Ā ŁŁŲ§ŁŁ Ł ŁŲ¹ŁŲ§Ų°Ł Ų§ŁŁŲ¹ŁŁ ŁŁŁ Ų§ŁŲµŁŁŲ§ŁŁŲŁ Ų§ŁŁŁŲ°ŁŁ ŁŁŁŁŁ Ų£ŁŲ±ŁŲØŁŲ¹ŁŲ©Ł Ų£ŁŲ“ŁŁŁŲ§Ų”Ł. Ų§ŁŁŲ¹ŁŁŁŁ ŁŲ ŁŁŲ§ŁŁŁŁŁŁŁŲ©ŁŲ ŁŁŲ§ŁŲµŁŁŲØŁŲ±ŁŲ ŁŁŲ§ŁŁŲ„ŁŲ®ŁŁŁŲ§ŲµŁ
Artinya:Ā Muāadz berkata, amal saleh adalah amal yang di dalamnya terdapat empat hal, ilmu, niat, sabar dan ikhlas (al-Imam al-Baghawi, Tafsir al-Baghawi, juz.1, halaman 73).
Setelah mampu konsisten beramal baik, hendaknya tidak terlalu bangga atas amal perbuatan yang dilakukan, misalkan merasa dirinya lebih baik dari orang lain, merasa amalnya menyelamatkannya di hari kiamat dan sebagainya.
Sebab pada hakikatnya, seseorang akan mendapat kenikmatan dan keselamatan di akhirat bukan disebabkan amalnya, namun murni karena anugerah dan kasih sayang dari Allah. Tidak ada yang dapat menjamin nasib seseorang di hari pembalasan kelak.Ā
Nabi menegaskan:
Ā ŁŁŁŁ ŁŁŲÆŁŲ®ŁŁŁ Ų£ŁŲŁŲÆŁŲ§ Ų¹ŁŁ ŁŁŁŁŁ Ų§ŁŲ¬ŁŁŁŁŲ©Ł ŁŁŲ§ŁŁŁŲ§ ŁŁŁŲ§Ł Ų£ŁŁŁŲŖŁ ŁŁŲ§ Ų±ŁŲ³ŁŁŁŁ Ų§ŁŁŁŁŲ ŁŁŲ§ŁŁ ŁŲ§ŁŲ ŁŁŁŲ§Ł Ų£ŁŁŁŲ§Ų Ų„ŁŁŁŁŲ§ Ų£ŁŁŁ ŁŁŲŖŁŲŗŁŁ ŁŁŲÆŁŁŁŁ Ų§ŁŁŁŁ ŲØŁŁŁŲ¶ŁŁŁ ŁŁŲ±ŁŲŁŁ ŁŲ©ŁŲ ŁŁŲ³ŁŲÆŁŁŲÆŁŁŲ§ ŁŁŁŁŲ§Ų±ŁŲØŁŁŲ§Ā
Artinya: Tidak seorang pun amalnya memasukannya ke surga. Sahabat bertanya; apakah termasuk engkau ya Rasulullah? Nabi menjawab, termasuk aku. Tetapi Allah telah menaungiku dengan anugerah dan rahmat, maka benarkanlah (niatmu dalam beramal) dan berlakulah sedang (HR. al-Bukhari).
Hadits di atas tidak hendak mengatakan bahwa amal saleh tidak ada manfaatnya, namun Nabi memberikan petunjuk bahwa dalam beramal hendaknya dilakukan dengan ikhlas, bertujuan murni mengikuti perintah agama, tidak menuntut yang macam-macam kepada Tuhan.
Oleh karenanya, di dalam redaksi setelahnya Nabi berpesan: Benarkanlah niatmu dalam beramal. Melakukan kebajikan dengan ikhlas dan dengan cara yang benar adalah pertanda bahwa amal yang diperbuat diterima di sisi-Nya, yang oleh sebab itu seorang hamba mendapatkan rahmat dan anugerah-Nya, sehingga ia dapat masuk surga.
Syekh Ibnu Hajar al-Asqalani berkata:Ā
ŁŁŲ§ŁŁ Ų§ŁŲ±ŁŁŲ§ŁŁŲ¹ŁŁŁŁ ŁŁŁ Ų§ŁŁŲŁŲÆŁŁŲ«Ł Ų£ŁŁŁŁ Ų§ŁŁŲ¹ŁŲ§Ł ŁŁŁ ŁŁŲ§ ŁŁŁŁŲØŁŲŗŁŁ Ų£ŁŁŁ ŁŁŲŖŁŁŁŁŁŁ Ų¹ŁŁŁŁ Ų¹ŁŁ ŁŁŁŁŁ ŁŁŁ Ų·ŁŁŁŲØŁ Ų§ŁŁŁŁŲ¬ŁŲ§Ų©Ł ŁŁŁŁŁŁŁŁ Ų§ŁŲÆŁŁŲ±ŁŲ¬ŁŲ§ŲŖŁ ŁŁŲ£ŁŁŁŁŁŁ Ų„ŁŁŁŁŁ ŁŲ§ Ų¹ŁŁ ŁŁŁ ŲØŁŲŖŁŁŁŁŁŁŁŁ Ų§ŁŁŁŁ ŁŁŲ„ŁŁŁŁŁ ŁŲ§ ŲŖŁŲ±ŁŁŁ Ų§ŁŁŁ ŁŲ¹ŁŲµŁŁŁŲ©Ł ŲØŁŲ¹ŁŲµŁŁ ŁŲ©Ł Ų§ŁŁŁŁ ŁŁŁŁŁŁŁ Ų°ŁŁŁŁŁ ŲØŁŁŁŲ¶ŁŁŁŁŁ ŁŁŲ±ŁŲŁŁ ŁŲŖŁŁŁĀ
Artinya:Ā Al-Rafiāi berkata, di dalam hadits menegaskan bahwa orang yang beramal tidak seyogiayanya berpegangan atas amalnya di dalam mencari keselamatan dan memperoleh derajat-derajat, sebab ia bisa beramal atas pertolongan Allah, mampu meninggalkan maksiat karena penjagaan Allah, maka semuanya atas anugerah dan rahmat-Nya.
Ā 2. Menjauhi perbuatan-perbuatan tercela. Sebagaimana mengerjakan amal saleh, yang tidak kalah penting adalah menjauhi perbuatan-perbuatan tercela. Yang dimaksud perbuatan tercela meliputi keharaman dan kemakruhan. Meninggalkan keharaman adalah wajib, sedangkan meninggalkan kemakruhan adalah sunnah.
Demikian pula dianjurkan untuk meminimalisasi perkara mubah yang tidak ada manfaatnya. Para ulama salaf sangat berhati-hati menjaga dirinya dari perbuatan tercela. Bagi mereka, yang urgens tidak hanya meninggalkan keharaman dan kemakruhan, namun perkara-perkara mubah yang dapat melalaikan. Sebab perbuatan maksiat akan menciptakan noda hitam di hati sehingga menjadikannya keras, enggan menerima kebenaran dan malas beribadah.Ā
Oleh karenanya, mereka sangat menjaga betul kualitas makanan yang dikonsumsi, bahkan rela riyadlah (tirakat), misalnya dengan cara puasa mutih (hanya makan nasi tanpa lauk pauk), puasa bila ruh (meninggalkan makanan-makanan yang bernyawa atau yang berbahan darinya), ngerowot (meninggalkan makanan pokok yang lazim dikonsumsi dengan diganti makanan jenis lain), danĀ sebagainya. Semua itu dilakukan oleh mereka untuk meningkatkan kejernihan hati.
Semakin berhati-hati dalam menjaga diri dari perbuatan yang diharamkan, semakin tinggi pula kedudukan seorang hamba di sisi-Nya. Oleh karenanya ulama membagi derajat wiraāi (menjaga diri dari keharaman) menjadi empat tingkatan. Pertama, wirainya orang-orang adil, yaitu dengan cara meninggalkan keharaman-keharaman sesuai petunjuk fatwa para pakar fiqih. Kedua, wirainya orang-orang saleh, yaitu meninggalkan kemurahan-kemurahan dengan memilih hukum-hukum yang berat.Ā
Ketiga, wirainya orang-orang bertakwa, yaitu meninggalkan perkara-perkara mubah yang berpotensi mengantarkan kepada keharaman. Keempat, wirainya orang-orang yang jujur, yaitu meninggalkan perkara-perkara mubah secara total, meski tidak berpotensi mengantarkan kepada keharaman. Seluruh waktunya bernilai ibadah, tidak satu pun hampa tanpa diisi dengan ibadah.Ā
Syekh Abu Said al-Khadimi berkata:
Ā Ų«ŁŁ ŁŁ Ų§Ų¹ŁŁŁŁ Ł Ų£ŁŁŁŁ ŁŁŁŁŁŁŲ±ŁŲ¹Ł Ł ŁŲ±ŁŲ§ŲŖŁŲØŁ Ų§ŁŁŲ£ŁŁŁŁŁ ŁŁŲ±ŁŲ¹Ł Ų§ŁŁŲ¹ŁŲÆŁŁŁŁ ŁŁŁŁŁŁ Ł ŁŲ§ ŁŁŲŁŲ±ŁŁ Ł ŲØŁŁŁŲŖŁŲ§ŁŁŁ Ų§ŁŁŁŁŁŁŁŁŲ§Ų”Ł
Artinya:Ā Ketahuilah bahwa wirai memiliki empat derajat. Pertama, wirainya orang-orang adil, yaitu (meninggalkan) perkara haram sesuai fatwa-fatwanya para pakar fiqih.
Ā Ų§ŁŲ«ŁŁŲ§ŁŁŁŁŲ©Ł: ŁŁŲ±ŁŲ¹Ł Ų§ŁŲµŁŁŲ§ŁŁŲŁŁŁŁ ŁŁŁŁŁŁ Ų§ŁŁŲ§Ł ŁŲŖŁŁŁŲ§Ų¹Ł Ų¹ŁŁŁ Ų§ŲŁŲŖŁŁ ŁŲ§ŁŁ Ų§ŁŁŲŁŲ±ŁŁ ŁŲ©ŁŲ ŁŁŲ„ŁŁŁ Ų±ŁŲ®ŁŁŲµŁ Ų§ŁŁŁ ŁŁŁŲŖŁŁĀ
Artinya: Kedua, wirainya orang-orang saleh, yaitu menahan diri dari keharaman, meski seorang mufti memberi kemurahan (hukum).
Baca Juga
Siapkah Kita Jika Kematian Menjemput?
Ā Ų§ŁŲ«ŁŁŲ§ŁŁŲ«ŁŲ©Ł: ŁŁŲ±ŁŲ¹Ł Ų§ŁŁŁ ŁŲŖŁŁŁŁŁŁŁ ŁŁŁŁŁŁ Ł ŁŲ§ ŁŁŲ§ ŲŁŲ±ŁŁ ŁŲ©Ł ŁŁŁŁŁ ŲØŁŲŁŲ³ŁŲØŁ Ų§ŁŁŁŁŲŖŁŁŁŁ ŁŁŁŁŲ§ Ų“ŁŲØŁŁŁŲ©Ł ŁŁŁ ŲŁŁŁŁŁŁ ŁŁŁŁŁŁ ŁŁŲ®ŁŲ§ŁŁ Ł ŁŁŁŁŁ Ų£ŁŁŁ ŁŁŲ¤ŁŲÆŁŁŁŁ Ų„ŁŁŁ Ł ŁŲŁŲ±ŁŁŁ Ł ŁŁŁŁŁŁ ŲŖŁŲ±ŁŁŁ Ł ŁŲ§ ŁŁŲ§ ŲØŁŲ£ŁŲ³Ł ŲØŁŁŁ Ł ŁŲ®ŁŲ§ŁŁŲ©Ł Ł ŁŲ§ ŲØŁŁŁ ŲØŁŲ£ŁŲ³ŁĀ
Artinya: Ketiga, wirainya orang-orang bertakwa, yaitu (meninggalkan) perkara yang tidak haram dari sudut pandang fatwa dan tidak ada kesamaran dalam kehalalannya, namun dikhawatirkan akan mengantarkan kepada perbuatan yang dikhawatirkan. Wirai jenis ini adalah meninggalkan perkara yang tidak berbahaya karena khawatir terjerumus kepada perkara yang berbahaya.
Ā Ų§ŁŲ±ŁŁŲ§ŲØŁŲ¹ŁŲ©Ł: ŁŁŲ±ŁŲ¹Ł Ų§ŁŲµŁŁŲÆŁŁŁŁŁŁŁŁ ŁŁŁŁŁŁ ŲŖŁŲ±ŁŁŁ Ł ŁŲ§ ŁŁŲ§ ŲØŁŲ£ŁŲ³Ł ŲØŁŁŁ Ų£ŁŲµŁŁŁŲ§Ų ŁŁŁŁŲ§ ŁŁŲ®ŁŲ§ŁŁ Ł ŁŁŁŁŁ Ų£ŁŁŁ ŁŁŲ¤ŁŲÆŁŁŁŁ Ų„ŁŁŁ Ł ŁŲ§ ŲØŁŁŁ ŲØŁŲ£ŁŲ³ŁŲ ŁŁŁŁŁŁŁŁŁŁŁ ŁŁŲŖŁŁŁŲ§ŁŁŁŁ ŁŁŲŗŁŁŁŲ±Ł Ų§ŁŁŁŁ ŁŁŲ§ Ų¹ŁŁŁŁ ŁŁŁŁŁŲ©Ł Ų§ŁŲŖŁŁŁŁŁŁŁŁ ŲØŁŁŁ Ų¹ŁŁŁŁ Ų¹ŁŲØŁŲ§ŲÆŁŲ©Ł Ų§ŁŁŁŁ Ų£ŁŁŁ ŁŁŲŖŁŲ·ŁŲ±ŁŁŁŁ Ų§ŁŁŲ£ŁŲ³ŁŲØŁŲ§ŲØŁ Ų§ŁŁŁ ŁŲ³ŁŁŁŁŁŁŲ©Ł ŁŁŁŁ ŁŁŲ±ŁŲ§ŁŁŁŁŁŲ©Ł Ų£ŁŁŁ Ł ŁŲ¹ŁŲµŁŁŁŁŲ©Ł
Artinya:Ā Keempat, wirainya orang-orang yang jujur, yaitu meninggalkan perkara mubah secara total, tidak dikhawatirkan terjerumus ke dalam perbuatan yang berbahaya, namun perbuatan tersebut dilakukan tidak karena Allah, bukan karena niat agar kuat menjalani ibadah kepada Allah atau baru datangnya penyebab-penyebab yang mempermudah ia melakukan kemakruhan atau kemaksiatanĀ (Abu Said Muhammad bin Muhammad al-Khadimi, Bariqah Mahmudiyyah, juz.4, halaman 252).
3. Segera bertobat. Tidak ada manusia yang bersih dari kesalahan dan dosa. Kesalahan adalah hal yang wajar bagi manusia. Yang bermasalah adalah membiarkan diri berlarut-larut dalam perbuatan dosa.Ā
Kematian yang tidak dapat diprediksi kapan datangnya, menuntut seorang manusia agar segera bertobat setiap kali melakukan dosa, untuk menghindari akhir yang buruk dalam perjalanan hidupnya (suāul khatimah). Agama menekankan untuk senantiasa memperbarui tobat dari segala perbuatan maksiat.Ā
Syekh Ahmad al-Dardiri berkata:
Ā ŁŁŲ¬ŁŲÆŁŁŲÆŁ Ų§ŁŲŖŁŁŁŁŲØŁŲ©Ł ŁŁŁŁŲ£ŁŁŁŲ²ŁŲ§Ų±Ł * ŁŁŲ§ ŲŖŁŁŁŲ£ŁŲ³ŁŁŁ Ų¹ŁŁŁ Ų±ŁŲŁŁ ŁŲ©Ł Ų§ŁŁŲŗŁŁŁŁŲ§Ų±ŁĀ
Artinya: Perbaruilah tobat karena beberapa dosa. Janganlah merasa putus asa dari rahmat Allah yang maha pengampun (Syekh Ahmad al-Dardiri, Manzhumah al-Kharidah al-Bahiyyah).
Bertobat ada kalanya dari dosa yang berhubungan dengan Allah swt, ada kalanya berhubungan dengan hak orang lain.Ā Syarat yang harus dipenuhi ketika bertobat dari dosa yang berhubungan dengan Allah swt ada empat, yaitu menyesal, melepaskan diri dari dosa yang diperbuat, bertekad untuk tidak mengulanginya dan beristighfar. Apabila dosa yang dilakukan berupa meninggalkan ibadah fardhu, maka wajib untuk mengqadhanya.Ā
Sedangkan bila berhubungan dengan hak orang lain, maka wajib mengembalikan kepada pemiliknya atau meminta kerelaannya, bila pemiliknya sudah wafat, dilakukan kepada ahli warisnya. Hal ini bila berkaitan dengan materi, seperti hutang atau harta curian. Bila berkaitan dengan non materi, seperti menganiaya, menggunjing, mengadu domba dan lain-lain, maka wajib meminta kehalalan pihak yang dizalimi.
Syaikh Muhammad Nawawi al-Bantani menyatakan:Ā
ŲŖŁŲ¬ŁŲØŁ Ų§ŁŲŖŁŁŁŁŲØŁŲ©Ł Ł ŁŁŁ Ų§ŁŲ°ŁŁŁŁŁŁŲØŁ ŁŁŁŁŲ±ŁŲ§ Ų¹ŁŁŁŁ ŁŁŁŁŁ Ł ŁŁŁŁŁŁŁŁ ŁŁŁŁŁŁ Ų§ŁŁŁŁŲÆŁŁ Ł ŁŁŲ§ŁŁŲ„ŁŁŁŁŁŲ§Ų¹Ł ŁŁŲ§ŁŁŲ¹ŁŲ²ŁŁ Ł Ų¹ŁŁŁŁ Ų£ŁŁŁ ŁŁŲ§ ŁŁŲ¹ŁŁŁŲÆŁ Ų„ŁŁŁŁŁŁŁŲ§ ŁŁŲ§ŁŁŲ§ŁŲ³ŁŲŖŁŲŗŁŁŁŲ§Ų±Ł ŁŁŲ„ŁŁŁ ŁŁŲ§ŁŁ Ų§ŁŲ°ŁŁŁŁŲØŁ ŲŖŁŲ±ŁŁŁ ŁŁŲ±ŁŲ¶Ł ŁŁŲ¶ŁŲ§ŁŁ Ų£ŁŁŁ ŲŖŁŲØŁŲ¹ŁŲ©Ł ŁŁŲ¢ŲÆŁŁ ŁŁŁŁ ŁŁŲ¶ŁŲ§ŁŁ Ų£ŁŁŁ Ų§Ų³ŁŲŖŁŲ±ŁŲ¶ŁŲ§ŁŁ.Ā
Artinya: Wajib bagi setiap mukallaf segera bertobat dari dosa, yaitu dengan menyesal, melepaskan diri dari dosa, bertekad untuk tidak mengulanginya dan beristighfar. Bila dosanya berupa meninggalkan ibadah fardlu, maka wajib mengqadlainya, bilaĀ berupa hak adami, maka wajib menunaikannya atau meminta kerelaannya (Syekh Muhammad Nawawi al-Bantani, Syarh Sullam al-Taufiq, Maktabah al-Salam, halaman 113).
Syekh Sayyid Muhammad Abdullah al-Jordani berkata:
Ā ŁŁŁŁŲŖŁŲ£ŁŁŁŁŲÆŁ Ų§ŁŁŲ§ŁŲ³ŁŲŖŁŲ¹ŁŲÆŁŲ§ŲÆŁ ŁŁŁŁŁ ŁŁŁŲŖŁ Ų£ŁŁŁ Ų§ŁŲŖŁŁŲ£ŁŁŁŁŲØŁ ŁŁŁŁŁŁŲ§Ų¦ŁŁŁ ŲØŁŁŁŲ¹ŁŁŁ Ų§ŁŁŲ£ŁŲ¹ŁŁ ŁŲ§ŁŁ Ų§ŁŲµŁŁŲ§ŁŁŲŁŲ©Ł ŁŁŲ§Ų¬ŁŲŖŁŁŁŲ§ŲØŁ Ų§ŁŁŲ£ŁŲ¹ŁŁ ŁŲ§ŁŁ Ų§ŁŁŁŁŲØŁŁŁŲŁŲ©Ł ŁŁŲ§ŁŁŁ ŁŲØŁŲ§ŲÆŁŲ±ŁŲ©Ł Ų„ŁŁŁŁ Ų§ŁŲŖŁŁŁŁŲØŁŲ©Ł Ų§ŁŁŁ ŁŲŖŁŁŁŁŁŁŲ±ŁŲ©Ł ŁŁŁŲ“ŁŁŲ±ŁŁŁŲ·Ł ŁŁŁŁŁŁ Ų§ŁŁŲ„ŁŁŁŁŁŲ§Ų¹Ł Ų¹ŁŁŁ Ų§ŁŲ°ŁŁŁŁŲØŁ ŁŁŲ§ŁŁŁŁŲÆŁŁ Ł Ų¹ŁŁŁŁŁŁŁ ŁŁŲ§ŁŲŖŁŁŲµŁŁ ŁŁŁŁ Ł Ų¹ŁŁŁŁ Ų¹ŁŲÆŁŁ Ł Ų§ŁŁŲ¹ŁŁŁŲÆŁ Ų„ŁŁŁŁŁŁŁ ŁŁŲ±ŁŲÆŁŁ Ų§ŁŁŁ ŁŲøŁŲ§ŁŁŁ Ł Ų„ŁŁŁŁ Ų£ŁŁŁŁŁŁŁŲ§ ŁŁŁŁŲ¶ŁŲ§Ų”Ł ŁŁŲŁŁŁ Ų§ŁŲµŁŁŁŁŲ§Ų©Ł ŁŁŲ§ŁŲµŁŁŁŁŁ Ł ŁŁŲ§Ų³ŁŲŖŁŲŁŁŁŲ§ŁŁ Ł ŁŁŁ ŁŁŲŁŁŁ ŲŗŁŁŁŲØŁŲ©Ł ŁŁŁŁŲ°ŁŁŁ
Artinya: Sangat dianjurkan mempersiapkan diri menghadapi kematian dengan mengerjakan amal-amal saleh dan menjauhi perbuatan-perbuatan yang tercela, bersegera bertobat dengan memenuhi syarat-syaratnya yaitu melepaskan diri dari dosa, menyesal atas dosa yang dilakukan dan bertekad untuk tidak mengulangi serta mengembalikan kezaliman yang dilakukan kepada orang yang berhak, mengqadha semisal shalat dan puasa, serta meminta halal dari perbuatan semacam menggunjing dan menuduh zina (Syekh al-Sayyid Muhammad Abdullah al-Jordani, Fath al-āAllam bi Syarh Mursyid al-Anam, Juz.3, halamaan 206, Dar al-Salam).
Demikian penjelasan mengenai tiga tips menghadapi kematian. Semoga bermanfaat dengan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.
Terpopuler
1
Keutamaan Hari Tasyrik dan Amalan yang Dapat Dilakukan
2
Resmi Dilantik, Berikut Susunan Kepengurusan PW GP Ansor Lampung Masa Khidmah 2024-2028
3
Bolehkah Menerima Kurban dari Non-Muslim?
4
GP Ansor Lampung Gelar Pelantikan Pengurus 2024-2028 di UIN Raden Intan, Tandai Kebangkitan Baru
5
Saat Kang Jalal Pringsewu Robohkan Sapi Presiden Prabowo
6
Hukum Daging Kurban Disimpan Terlalu Lama
Terkini
Lihat Semua