Home Warta Syiar Bahtsul Masail Keislaman Khutbah Teras Kiai Pernik Kiai Menjawab Pendidikan Opini Literasi Mitra Pemerintahan Ekonomi Tokoh Seni Budaya Lainnya

Warta

PMII UIN Raden Intan, Galang Dana Gempa Pasaman Barat

PMII UIN Raden Intan Galang Dana untuk Gempa Pasaman Barat di Jl Soekarno Hatta, Bypass, Bandar Lampung

Bandar Lampung, NU Online Lampung
Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Rayon Ushuluddin dan Studi Agama Komisariat UIN Raden Intan melaksanakan kegiatan galang dana terhadap korban gempa dan longsor di Pasaman Barat, Sumatera Barat, pada Senin (28/2/2022). Kegiatan ini merupakan bentuk solidaritas PMII terhadap bencana alam yang menimpa masyarakat.

 

Bencana alam ini menimbulkan berbagai dampak seperti data Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat, mencatat sekitar 1.366 unit rumah warga mengalami kerusakan akibat gempa bermagnitudo 6,2 SR pada Jumat (25/2) dilansir dari Antara.

 

Sementara untuk korban meninggal dunia sebanyak enam orang, luka berat 22 orang, luka sedang dan luka ringan 42 orang, kerusakan enam fasilitas sekolah, empat fasilitas kesehatan dan kerusakan jalan di Kecamatan Talamau.

 

Oleh karena itu PMII Ushuluddin dan Studi Agama melaksanakan galang dana sebagai bentuk solidaritas terhadap sesama. Aksi galang dana ini berlangsung mulai pukul 09.00-17.00 di lampu merah Jl. Soekarno-Hatta atau bypass dekat RS Urip Sumoharjo, Bandar Lampung.

 

Ketua Rayon PMII Ushuluddin dan Studi Agama, Rengga Jean Miske mengatakan, galang dana ini merupakan gerakan kemanusiaan yang didasari oleh bencana alam yang telah terjadi di Pasaman Barat.

 

"Kemudian menjadi kesadaran kolektif seluruh anggota dan kader PMII untuk melakukan pengimplementasian dari nilai dasar pergerakan yaitu hablumminannas dalam bentuk gerakan turun ke jalan melakukan aksi penggalangan dana," ujarnya.

 

Lebih lanjut ia mengatakan semoga ini dapat bermanfaat bagi warga-warga yang ada di Pasaman Barat. Serta semoga gerakan ini dapat dilakukan secara massif oleh organisasi pemuda, mahasiswa, Non Governmental Organization (NGO), dan komunitas-komunitas yang ada di Lampung. Karena kegiatan ini dari manusia, oleh manusia, dan untuk manusia.

 

Anggota PMII yang turut serta dalam galang dana ini, Heriyanto mengatakan, mengaku sangat senang membantu orang seperti kegiatan ini. "Karena dalam proses pembelajaran di PMII ini lah yang membuat saya sadar untuk melakukan hal-hal kebaikan," ungkapnya.

(Abror)

Editor: Dian Ramadhan

Artikel Terkait