Home Warta Syiar Bahtsul Masail Keislaman Khutbah Teras Kiai Pernik Kiai Menjawab Pendidikan Opini Literasi Mitra Pemerintahan Ekonomi Tokoh Seni Budaya Lainnya

Warta

PBNU Ikhbarkan 1 Rabiul Awal 1444 H Jatuh pada Selasa 27 September 2022

Rulkyatul hilal mengamati pergantian bulan

Jakarta, NU Online Lampung

Lembaga Falakiyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (LF PBNU) mengikhbarkan bahwa 1 Rabiul Awal 1444 H jatuh pada Selasa, 27 September 2022.

 

Hal itu disampaikan dalam Pengumuman Nomor: 029/LF–PBNU/IX/2022 yang dikeluarkan pada Senin (26/9/2022) malam. "Awal bulan Rabiul Awal 1444 H bertepatan dengan Selasa Pahing 27 September 2022 M (mulai malam Selasa) atas dasar rukyah," demikian pengumuman tersebut.

 

Keputusan didasarkan pada hasil rukyatul hilal. Ada tiga titik observasi yang berhasil melihat hilal 1 Rabiul Awal 1444 H, yaitu sebagai berikut:

 

1. Condrodipo Gresik, Jawa Timur oleh Inwanudin dari Lembaga Falakiyah PCNU Kabupaten Gresik pada pukul 17.27 WIB.


Baca Juga:
LF PBNU Instruksikan Rukyatul Hilal Awal Bulan Rabiul Awal 1444 H pada Sore Ini

 

2. Pekalongan, Jawa Tengah oleh Lembaga Falakiyah PCNU Kabupaten Pekalongan. Terlihat kasat mata kamera pada pukul 17:53 WIB dengan saksi atas nama​​​​​​ Idham Arief.

 

3. Jakarta Utara, DKI Jakarta terlihat secara kasat mata pada pukul 17:45 WIB dan kasat teleskop pada pukul 18:02 WIB. Hilal terlihat oleh tiga orang saksi, yaitu Mulyono, Syamsuddin, dan H Supriyatna.

 

LF PBNU mengucapkan terima kasih atas kontribusi dan partisipasi Nahdliyin dalam rukyatul hilal ini. Pihaknya juga meminta seluruh jajaran Lembaga Falakiyah PWNU dan PCNU se-Indonesia untuk menyampaikan ikhbar ini.  


"Diharapkan bertindak aktif untuk menyebarluaskan pengumuman awal bulan Muharram 1444 H ini kepada warga Nahdlatul Ulama, khususnya jajaran pengurus di wilayah/cabangnya masing–masing," lanjut pengumuman yang ditandatangani oleh Ketua LF PBNU KH Sirril Wafa dan Sekretaris H Asmui Mansyur.

Editor: Ila Fadilasari