Warta

Kepala Kemenag Lampung: Indeks Kepuasan Haji 2024 Wujud Komitmen Layanan Kemenag

Ahad, 22 September 2024 | 12:58 WIB

Kepala Kemenag Lampung: Indeks Kepuasan Haji 2024 Wujud Komitmen Layanan Kemenag

Survei indeks Jemaah Haji Indonesia (IKJHI) 2024. (Foto: Humas Kemenag Lampung)

Bandar Lampung,  NU Online Lampung 

Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Lampung, Puji Raharjo menyampaikan apresiasi atas capaian Indeks Kepuasan Jemaah Haji Indonesia (IKJHI) 2024 yang mencapai angka 88,20, masuk dalam kategori sangat memuaskan. 

 

"Kenaikan ini mencerminkan keberhasilan berbagai inovasi yang dilakukan Kementerian Agama, terutama dalam peningkatan peran petugas haji di lapangan yang berkontribusi signifikan pada kepuasan jemaah," ujarnya, Sabtu (21/9/2024).

 

Pencapaian tersebut disampaikan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) pada Jumat (20/9/2024) di Jakarta. Direktur Sistem Informasi Statistik BPS, Joko Parmiyanto, menjelaskan bahwa indeks di atas 85 sudah masuk kategori sangat memuaskan, dan tahun ini mencapai 88,20.

 

Joko Parminto memaparkan bahwa kenaikan tersebut merupakan hasil dari berbagai inovasi yang dilakukan Kemenag, termasuk penerapan formula 4-3-5 yang berhasil mendongkrak indeks kepuasan jemaah haji dari tahun sebelumnya.

 

Menanggapi hasil survei tersebut, Puji Raharjo menegaskan pihaknya berkomitmen untuk terus mendukung peningkatan layanan haji di masa mendatang. 

 

"Kami di Lampung berfokus pada peningkatan kualitas petugas haji yang langsung berinteraksi dengan jamaah. Selain itu, kami juga berperan aktif dalam memastikan seluruh inovasi yang diterapkan Kemenag dapat berjalan dengan baik di lapangan," ungkapnya.

 

Ia melanjutkan, petugas haji memainkan peran yang sangat penting, karena peran mereka hadir di hampir semua lini pelayanan, mulai dari pengaturan jamaah hingga kecepatan respons terhadap keluhan dan permintaan. Kawal Haji, sebagai inovasi baru, juga mendapatkan respons positif dari jamaah.

 

Pencapaian IKJHI 2024 ini diharapkan dapat menjadi dorongan bagi Kemenag, khususnya di Lampung, untuk terus memperbaiki layanan dan fasilitas haji. 

 

"Dengan adanya hasil yang sangat memuaskan ini, kami berkomitmen untuk terus meningkatkan layanan, terutama dalam hal akomodasi dan kenyamanan jamaah selama berada di Tanah Suci," katanya.

 

Capaian ini menegaskan bahwa Kementerian Agama, melalui inovasi dan kerja sama seluruh pihak, mampu memberikan layanan yang lebih baik bagi jamaah haji Indonesia, meskipun masih ada beberapa tantangan yang perlu diatasi di masa mendatang.