• logo nu online
Home Warta Syiar Bahtsul Masail Keislaman Khutbah Teras Kiai Pernik Kiai Menjawab Pendidikan Opini Literasi Mitra Pemerintahan Ekonomi Tokoh Seni Budaya Lainnya
Senin, 5 Desember 2022

Warta

Pergunu Lampung Gelar Tes Masuk Beasiswa Sarjana Hingga Doktoral di IKHAC Mojokerto

Pergunu Lampung Gelar Tes Masuk Beasiswa Sarjana Hingga Doktoral di IKHAC Mojokerto
Tes Beasiswa IKHAC Mojokerto oleh PW Pergunu Lampung (Foto: Istimewa)
Tes Beasiswa IKHAC Mojokerto oleh PW Pergunu Lampung (Foto: Istimewa)

Bandar Lampung, NU Online Lampung

Pimpinan Wilayah Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (PW Pergunu) Provinsi Lampung kembali membuka beasiswa S1, S2, dan S3 untuk meneruskan pendidikan di Institut KH Abdul Chalim (IKHAC) Mojokerto, Jawa Timur yang diselenggarakan di Sekretariat bersama Pimpinan Wilayah LP Ma’arif NU Lampung di Kecamatan Tanjung Senang, Kota Bandar Lampung, Ahad (24/7/2022).


Ketua Panitia Penjaringan Beasiswa, KH Amiruddin mengatakan, Pergunu memberi kesempatan kepada putra-putri terbaik Nahdliyin di Provinsi Lampung untuk meraih beasiswa IKHAC. 


“Pendaftaran sudah dimulai sejak 1 Juni sampai 15 Juli 2022. Tes seleksi akademik dan non akademik pada Ahad (24/7/2022). Pengumuman hasil seleksi (5/8/2022) mendatang,” ujarnya.


Lebih lanjut ia mengatakan ada 24 calon peserta yang mengikuti tes tertulis dan wawancara. Adapun lima tahapan tes yaitu pertama Keaswajaan, kedua bahasa Inggris, ketiga bahasa Arab dan kitab kuning, keempat pengetahuan umum, serta kelima baca Al-Qur’an dan Tajwidnya.


“Ada berbagai pilihan fakultas dan program studi yang disediakan IKHAC Mojokerto, Jawa Timur. Program Sarjana (S1) Fakultas Tarbiyah dengan lima jurusan yaitu Manajemen Pendidikan Islam (MPI), Pendidikan Bahasa Arab (PBA), Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Pendidikan Agama Islam (PAI), dan Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD),” ungkapnya.


Sementara Fakultas Syariah menyediakan tiga jurusan yakni Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, dan Ahwal Syakhshiyyah. Fakultas Dakwah dan Ushuluddin dengan dua jurusan yaitu Komunikasi dan Penyiaran Islam, dan Ilmu Qur’an dan Tafsir.


Sedangkan program Pascasarjana (S2) menyediakan dua program studi yaitu Manajemen Pendidikan Islam dan Pendidikan Agama Islam. Kemudian program Doktoral (S3) dengan program studi Pendidikan Agama Islam (PAI).


Ketua PW Pergunu Provinsi Lampung, Dr Imam Syafei menyatakan, akan membuka seluas-luasnya kesempatan ini kepada Nahdliyin khususnya di Provinsi Lampung yang tentu saja melalui tahapan pendaftaran dan tes seleksi. 


“Calon Mahasiswa yang lulus tes akan mengikuti pembinaan dan pendampingan menuju Kampus IKHAC. Alhamdulillah kader PW Pergunu Provinsi Lampung yang lanjut studi ke kampus IKHAC Mojokerto Jawa Timur dari angkatan pertama sampai tahun 2021 berjumlah 94 orang,” katanya. 


Menurutnya program ini dilakukan sesuai dengan amanah Pimpinan Pusat (PP) Pergunu untuk melakukan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) melalui program beasiswa pendidikan S1, S2 dan S3. Harapannya Lampung memiliki SDM yang berkualias dan berwawasan global baik bidang di intelektual dan  spiritual yang memiliki karakter Ahlussunnah wal Jama’ah An-Nahdliyah yang berbanding lurus dengan peningkatan wawasan global dan menjaga kedaulatan NKRI.


Secara terpisah Ketua Umum PP Pergunu, Prof KH Asep Syaifudin Chalim mengatakan, pemenang kompetisi adalah orang-orang memiliki kompetensi dan skill yang responsif terhadap perkembangan zaman.


“Atas dasar kondisi tersebut, PP Pergunu bekerjasama dengan Institut KH Abdul Chalim, Mojokerto, merancang program wajib kuliah bagi pemuda, pelajar dan santri berlatarbelakang Nahdliyin dari dalam maupun luar negeri dengan memberikan beasiswa Sarjana (S1), Pascasarjana (S2), dan Doktoral (S3),” ujarnya.


Kegiatan tersebut dihadiri Sekretaris PW Pergunu Lampung Dr Ihsan Mustofa, Wakil Sekretaris Muhammad Idris, Bendahara Dr Sunarto, serta para pengurus serta Ketua Pengurus Cabang (PC) Pergunu se-Provinsi Lampung. (Muhammad Idris)
 


Warta Terbaru