REBONDING seringkali menjadi alternatif wanita untuk membuat rambutnya yang keriting atau ikal, mengembang menjadi terlihat lurus dan rapi.
Wanita yang melakukan rebonding pun terdongkrak kepercayaan dirinya. Namun di balik itu, muncul pertanyaan yang menghinggapi sebagian kaum wanita mengenai hukum rebonding dalam Islam itu. Mereka berpikir bahwa rebonding termasuk mengubah apa yang diberikan Allah. Sebagian lagi menganggap tidak apa-apa jika bertujuan untuk menyenangkan suami. Sebenarnya bolehkah melakukan rebonding ? Bagaimana penjelasan mengenai hal ini ? Mari kita simak uraian berikut.
Rebonding adalah salah satu cara meluruskan rambut melalui proses kimiawi agar rambut jatuh lebih lurus dan lebih indah. Dalam sebagian praktek helai rambut yang terkena perlakuan rebonding akan terlihat lurus secara permanen dan tidak bisa pulih seperti sedia kala. Karena sebenarnya bagian rambut tersebut telah rusak.
Rambut yang pulih seperti aslinya adalah rambut baru yang muncul menggantikan yang telah rusak. Metode rebonding cenderung variatif. Ada yang dengan mengubah struktur ikatan protein rambut melalui memutuskan ikatan asam amino cystine yang menyebabkan rambut bergelombang atau mengurangi ikal dan volume saja. Daya tahannyapun bervariasi mulai 2 minggu hingga 10 bulan.
Hukum merebonding dan pengeritingan rambut hukumnya haram kecuali bagi wanita yang sudah bersuami dengan syarat ada idzn az-zauj (seizin suami). Sedangkan memodifikasi rambut dengan model punk atau rasta hukumnya haram karena terdapat unsur tasyabbuh bil fussaq (menyerupai orang-orang fasik).
Naluri alami dalam diri setiap manusia untuk selalu terlihat menarik di hadapan orang lain. Mungkin inilah latar belakang berkembangnya berbagai macam bentuk perawatan kecantikan kulit dan rambut. Salah satu yang sedang marak adalah trend gaya rambut. Mulai rambut punk rasta (gimbal) semir merah kuning dan rebounding mulai disukai kaum remaja. Ada yang sekedar ingin tampil gaul dan funky, ada yang bertujuan menjaga penampilan dan bahkan ada yang merebonding dengan maksud agar rambut lurus dan mudah untuk menggunakan jilbab dan lain-lain.
Sedangkan hukum mengenai melakukan rebonding pengeritingan rambut punk dan rasta adalah: Diperbolehkan sebab hal tersebut termasuk mengubah bentuk dengan tujuan mendapatkan keindahan (lil jamal)
Tidak diperbolehkan karena termasuk mengubah ciptaan Allah (taghyirul khalq)
ŁŲŖŲ Ų§ŁŲØŲ§Ų±Ł ŁŲ§ŲØŁ ŲŲ¬Ų± Ų§ŁŲ¬Ų²Ų” Ų§ŁŲ¹Ų§Ų“Ų± ŲµŲŁ 377
ŁŲ§Ł Ų§ŁŲ·ŲØŲ±Ł : ŁŲ§ ŁŲ¬ŁŲ² ŁŁŁ
Ų±Ų£Ų© ŲŖŲŗŁŁŲ± Ų“ŁŲ” Ł
Ł Ų®ŁŁŲŖŁŲ§ Ų§ŁŲŖŁ Ų®ŁŁŁŲ§ Ų§ŁŁŁ Ų¹ŁŁŁŲ§ ŲØŲ²ŁŲ§ŲÆŲ© Ų£Ł ŁŁŲµ Ų§ŁŲŖŁ
Ų§Ų³ Ų§ŁŲس٠ŁŲ§ ŁŁŲ²ŁŲ¬ ŁŁŲ§ ŁŲŗŁŲ±Ł ŁŁ
Ł ŲŖŁŁŁ Ł
ŁŲ±ŁŁŲ© Ų§ŁŲŲ§Ų¬ŲØŁŁ ŁŲŖŲ²ŁŁ Ł
Ų§ ŲØŁŁŁŁ
Ų§ ŲŖŁŁŁ
Ų§ŁŲØŁŲ¬ أ٠عŁŲ³Ł Ų ŁŁ
Ł ŲŖŁŁŁ ŁŁŲ§ س٠زائدة ŁŲŖŁŁŲ¹ŁŲ§ Ų£Ł Ų·ŁŁŁŲ© ŁŲŖŁŲ·Ų¹ Ł
ŁŁŲ§ أ٠ŁŲŁŲ© أ٠ؓارب Ų£Ł Ų¹ŁŁŁŲ© ŁŲŖŲ²ŁŁŁŲ§ ŲØŲ§ŁŁŲŖŁ Ų ŁŁ
Ł ŁŁŁŁ Ų“Ų¹Ų±ŁŲ§ ŁŲµŁŲ±Ų§ Ų£Ł ŲŁŁŲ±Ų§ ŁŲŖŲ·ŁŁŁ أ٠تغزر٠بؓعر ŲŗŁŲ±ŁŲ§ Ų ŁŁŁ Ų°ŁŁ ŲÆŲ§Ų®Ł ŁŁ Ų§ŁŁŁŁ . ŁŁŁ Ł
Ł ŲŖŲŗŁŁŲ± Ų®ŁŁ Ų§ŁŁŁ ŲŖŲ¹Ų§ŁŁ . ŁŲ§Ł : ŁŁŲ³ŲŖŲ«ŁŁ Ł
Ł Ų°ŁŁ Ł
Ų§ ŁŲص٠ب٠اŁŲ¶Ų±Ų± ŁŲ§ŁŲ£Ų°ŁŲ© ŁŁ
Ł ŁŁŁŁ ŁŁŲ§ س٠زائدة Ų£Ł Ų·ŁŁŁŲ© ŲŖŲ¹ŁŁŁŲ§ ŁŁ Ų§ŁŲ£ŁŁ أ٠؄صبع Ų²Ų§Ų¦ŲÆŲ© ŲŖŲ¤Ų°ŁŁŲ§ Ų£Ł ŲŖŲ¤ŁŁ
ŁŲ§ ŁŁŲ¬ŁŲ² Ų°ŁŁ Ų ŁŲ§ŁŲ±Ų¬Ł ŁŁ ŁŲ°Ų§ Ų§ŁŲ£Ų®ŁŲ± ŁŲ§ŁŁ
Ų±Ų£Ų© Ų ŁŁŲ§Ł Ų§ŁŁŁŁŁ : ŁŲ³ŲŖŲ«ŁŁ Ł
Ł Ų§ŁŁŁ
Ų§Ųµ Ł
Ų§ Ų„Ų°Ų§ ŁŲØŲŖ ŁŁŁ
Ų±Ų£Ų© ŁŲŁŲ© أ٠ؓارب Ų£Ł Ų¹ŁŁŁŲ© ŁŁŲ§ ŁŲŲ±Ł
Ų¹ŁŁŁŲ§ Ų„Ų²Ų§ŁŲŖŁŲ§ ŲØŁ ŁŲ³ŲŖŲŲØ . ŁŁŲŖ : ŁŲ„Ų·ŁŲ§ŁŁ Ł
ŁŁŲÆ ŲØŲ„Ų°Ł Ų§ŁŲ²ŁŲ¬ ŁŲ¹ŁŁ
Ł Ų ŁŲ„ŁŲ§ ŁŁ
ŲŖŁ Ų®ŁŲ§ Ų¹Ł Ų°ŁŁ Ł
ŁŲ¹ ŁŁŲŖŲÆŁŁŲ³ . ŁŁŲ§Ł ŲØŲ¹Ų¶ Ų§ŁŲŁŲ§ŲØŁŲ© : Ų„Ł ŁŲ§Ł Ų§ŁŁŁ
Ųµ Ų£Ų“ŁŲ± Ų“Ų¹Ų§Ų±Ų§ ŁŁŁŁŲ§Ų¬Ų± Ų§Ł
ŲŖŁŲ¹ ŁŲ„ŁŲ§ ŁŁŁŁŁ ŲŖŁŲ²ŁŁŲ§ Ų ŁŁŁ Ų±ŁŲ§ŁŲ© ŁŲ¬ŁŲ² ŲØŲ„Ų°Ł Ų§ŁŲ²ŁŲ¬ Ų„ŁŲ§ Ų„Ł ŁŁŲ¹ ŲØŁ ŲŖŲÆŁŁŲ³ ŁŁŲŲ±Ł
Ų ŁŲ§ŁŁŲ§ ŁŁŲ¬ŁŲ² Ų§ŁŲŁ ŁŲ§ŁŲŖŲŁ
ŁŲ± ŁŲ§ŁŁŁŲ“ ŁŲ§ŁŲŖŲ·Ų±ŁŁ Ų„Ų°Ų§ ŁŲ§Ł ŲØŲ„Ų°Ł Ų§ŁŲ²ŁŲ¬ ŁŲ£ŁŁ Ł
Ł Ų§ŁŲ²ŁŁŲ©
ŲŲ§Ų“ŁŲ© Ų§ŁŲ¹ŲÆŁŁ Ų§ŁŲ¬Ų²Ų” Ų§ŁŲ«Ų§ŁŁ ص٠459
(ŁŁŁŁŁ) ŲØŁ
Ų¹ŁŁ ŁŁŁŁ (Ų§ŁŁŲ³Ų§Ų”) ŁŁŁ ŲŖŲŲ±ŁŁ
(ع٠ŁŲµŁ Ų§ŁŲ“Ų¹Ų± ŁŲ¹Ł Ų§ŁŁŲ“Ł
) ŁŁŁŁŁ Ų¹ŁŁŁ Ų§ŁŲµŁŲ§Ų© ŁŲ§ŁŲ³ŁŲ§Ł
āŁŲ¹Ł Ų§ŁŁŁ Ų§ŁŁŲ§ŲµŁŲ© ŁŲ§ŁŁ
Ų³ŲŖŁŲµŁŲ© ŁŲ§ŁŁŲ§Ų“Ł
Ų© ŁŲ§ŁŁ
Ų³ŲŖŁŲ“Ł
Ų© ŁŲ§ŁŁ
ŲŖŁŁ
ŲµŲ§ŲŖ ŁŲ§ŁŁ
ŲŖŁŁŲ¬Ų§ŲŖ ŁŁŲŲ³Ł Ų§ŁŁ
ŲŗŁŲ±Ų§ŲŖ Ų®ŁŁ Ų§ŁŁŁā
(ŁŁŁŁ Ų§ŁŁ
ŲŗŁŲ±Ų§ŲŖ) ŲØŁŲ³Ų± Ų§ŁŲŖŲŲŖŁŲ© Ų§ŁŁ
Ų“ŲÆŲÆŲ© ŁŲ§ŁŲŗŁŁ Ų§ŁŁ
Ų¹Ų¬Ł
Ų© ŲµŁŲ© ŁŲ§Ų²Ł
Ų© ŁŁ
Ł ŁŲ¹Ł Ų§ŁŲ£Ų“ŁŲ§Ų” Ų§ŁŁ
Ų°ŁŁŲ±Ų© ŁŁŁ ŁŲ§ŁŲŖŲ¹ŁŁŁ ŁŁŲ¬ŁŲØ Ų§ŁŁŲ¹Ł Ų§ŁŁ
Ų³ŲŖŲÆŁ ŲØŁ Ų¹ŁŁ Ų§ŁŲŲ±Ł
Ų© Ų„ŁŲ§ أ٠اŁŲ“ŁŲ§ŲØ Ų§ŁŁŲ±Ų§ŁŁ ŁŲ§Ł ŁŁ
Ų£Ų± ŁŁŁŁŁŲ§Ų” Ų§ŁŲ“Ų§ŁŲ¹ŁŲ© ŁŲ§ŁŁ
Ų§ŁŁŁŲ© ŁŲŗŁŲ±ŁŁ
ŁŁ ŲŖŲ¹ŁŁŁ ŁŲ°Ų§ Ų§ŁŲŲÆŁŲ« Ų„ŁŲ§ Ų£ŁŁ ŲŖŲÆŁŁŲ³ Ų¹ŁŁ Ų§ŁŲ²ŁŲ¬ ŁŲŖŁŲ«ŁŲ± Ų§ŁŲµŲÆŲ§Ł ŁŁŲ“ŁŁ Ų°ŁŁ Ų„Ų°Ų§ ŁŲ§ŁŁŲ§ Ų¹Ų§ŁŁ
ŁŁ ŲØŁ ŁŲØŲ§ŁŁŲ“Ł
ŁŲ„ŁŁ ŁŁŲ³ ŁŁŁ ŲŖŲÆŁŁŲ³ ŁŁ
Ų§ ŁŁ Ų§ŁŲŲÆŁŲ« Ł
Ł ŲŖŲŗŁŁŲ± Ų®ŁŁ Ų§ŁŁŁ ŁŁ
Ų£ŁŁŁ
Ł
Ų¹ŁŲ§Ł ŁŲ„Ł Ų§ŁŲŖŲŗŁŁŲ± ŁŁŲ¬Ł
Ų§Ł ŲŗŁŲ± Ł
ŁŁŲ± ŁŁ Ų§ŁŲ“Ų±Ų¹ ŁŲ§ŁŲ®ŲŖŲ§Ł ŁŁŲµ Ų§ŁŲøŁŲ± ŁŲ§ŁŲ“Ų¹Ų± ŁŲµŲØŲŗ Ų§ŁŲŁŲ§Ų” ŁŲµŲØŲŗ Ų§ŁŲ“Ų¹Ų± ŁŲŗŁŲ± Ų°ŁŁ .
Wallaahu Aālaamu Bis Showaab.
(Nahdlatul-ulama.id/Sumber : Pustaka Ilmu Sunni Salafiyah-KTB)
Ā