• logo nu online
Home Warta Syiar Bahtsul Masail Keislaman Khutbah Teras Kiai Pernik Kiai Menjawab Pendidikan Opini Literasi Mitra Pemerintahan Ekonomi Tokoh Seni Budaya Lainnya
Jumat, 1 Maret 2024

Pendidikan

Bekali Kemampuan Mahasiwa, UIN Raden Intan Gelar Pelatihan Magang Internasional

Bekali Kemampuan Mahasiwa, UIN Raden Intan Gelar Pelatihan Magang Internasional
Narasumber dari PT Engineering Career Center Yogyakarta, Nika Roekmi Woelan Sari saat menyampaikan materi pada magang internasional UIN Raden Intan. (Foto: Istimewa)
Narasumber dari PT Engineering Career Center Yogyakarta, Nika Roekmi Woelan Sari saat menyampaikan materi pada magang internasional UIN Raden Intan. (Foto: Istimewa)

Bandar Lampung, NU Online Lampung    

Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan melalui Pusat Pengembangan Kewirausahaan dan Karir menyelenggarakan Pelatihan Magang Internasional di Ruang Meeting Lt 1 Gedung Academic and Research Center, Selasa-Rabu (21-22/11/2023). 


Magang Internasional merupakan kesempatan berharga untuk mendapatkan pengalaman, wawasan profesional, membangun jaringan internasional, dan keterampilan praktis di tempat kerja. 


Pelatihan ini digelar dengan rekrutmen peserta melalui mekanisme pendaftaran, serta diikuti 43 peserta yang berasal dari mahasiswa UIN Raden Intan Semester 5.


Narasumber dari PT Engineering Career Center Yogyakarta, Nika Roekmi Woelan Sari menyampaikan, materi tentang career preparation dengan sub materi impact of personal branding on career. 


“Personal Branding memiliki impact yang sangat signifikan pada kesuksesan karir professional, sebesar 93 persen,” ujarnya. 


Menurut alumni Psikolog Universitas Gadjah Mada (UGM) itu, personal branding adalah sebuah cara yaitu cara untuk menunjukkan siapa diri Anda sebenarnya tanpa mengucapkan sepatah kata pun.


“Saya mengajak berdiskusi tentang kekhawatiran serta hal-hal apa yang perlu disiapkan dalam magang internasional,” ungkapnya.


Ia melanjutkan kemampuan berbahasa Inggris, beradaptasi dengan budaya setempat, serta soft dan hard skill merupakan sederet hal yang perlu dipersiapkan oleh peserta magang, sehingga dapat meminimalisir kekhawatiran.


Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama UIN Raden Intan, Prof H Idrus Ruslan dalam sambutannya mengatakan, sangat mendukung kegiatan yang sangat bersesuaian dengan visi Rektor yakni internasionalisasi.


“Kami para pimpinan sangat mendukung kegiatan ini, sangat bersesuaian dengan visi Rektor tentang internasionalisasi,” katanya saat membuka kegiatan tersebut.


Prof Idrus menyampaikan, mahasiswa sebagai calon alumni yang akan turun ke lapangan harus siap berkompetisi dan bersaing tidak hanya di regional, namun juga hingga kancah internasional. 


Sementara itu, Kepala UPT Pengembangan Kewirausahaan dan Karir, Tin Amalia Fitri mengatakan, kegiatan ini ditujukan untuk membekali para mahasiswa terkait soft skill sehingga ada rasa percaya diri ketika akan magang internasional.


“UIN Raden Intan Lampung perlu melakukan percepatan untuk menjembatani mahasiswa dalam melakukan magang tujuan internasional atau perusahaan yang  berskala multinasional,” katanya. 


Menurutnya, ini juga dapat menjadi peluang untuk pertukaran budaya dan pemahaman yang lebih baik tentang tantangan dan peluang di lingkungan kerja internasional. 


Pelatihan ini juga menghadirkan Joe Wiliam Wartono, Senior COO Analyst Ruangguru, Special Project-Business Operations Schoters, dan Chief of Academy Sevenprenur sebagai narasumber. 


Pendidikan Terbaru